Tentang Pemilik Blog Ini

Ika Maya Susanti, demikian nama lengkapku. Orang biasa memanggil dengan nama Ika. Namun di keluarga dan orang-orang terdekat, saya terbiasa dipanggil dengan nama Santi.

Saya terlahir di Jakarta pada bulan Oktober 1981. Bersyukur sekali rasanya karena telah diizinkan oleh Tuhan untuk dapat hidup dari kota ke kota yang berbeda sejak lahir hingga sekarang. Mulai dari terlahir di Jakarta, hingga umur 10 tahun di Bekasi, menyambung SD, SMP, hingga lulus SMA di Lamongan Jawa Timur, bisa kuliah 4,5 tahun di Malang, sesekali ke Jogjakarta daerah kelahiran ayah, bisa bekerja di Batam dan sempat di Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, juga sempat merantau di di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dari kota-kota itulah, saya bisa makin belajar tentang banyak hal dalam wadah-wadah yang berbeda-beda.

Berbagai bidang juga sering saya tekuni sejak kecil. Mulai dari kegiatan melukis semasa kecil, menjadi penari Bali sejak TK hingga duduk di bangku SMA, menulis cerpen, dan saya pun tertarik dengan dunia fotografi.

Sejak tahun 2004 hingga November 2007 saya pernah bekerja di Batam sebagai reporter di Harian Tribun Batam, dan sempat berprofesi sebagai dosen Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan, dan Pengantar Ilmu Ekonomi di Politeknik Batam hingga Februari 2009. Kelelahan dan ketidakpuasan yang selalu berujung tidak nyaman karena bekerja penuh kepada orang lain, sempat membuat saya memilih untuk menapaki hidup yang lebih longgar namun bisa memaksimalkan hal yang bermanfaaat bagi orang lain, yaitu menjadi penulis lepas. Akhirnya saya kembali ke Lamongan, Jawa Timur.

Namun itu hanya bertahan 6 bulan karena tuntutan orangtua yang ingin anaknya berkarir di luar rumah. Hingga pada akhirnya di bulan September, bergabunglah aku dengan Taman Penitipan Anak Qurrata A’yun sebagai kepala sekolah dan berkonsentrasi pada pendidikan anak untuk usia dini (PAUD) hingga bulan Maret 2010. Sedangkan terhitung Februari 2012 hingga akhir tahun 2013, saya kembali merantau untuk menjadi guru ekonomi di sebuah SMA boarding di Kalimantan Selatan.

Kini, saya kembali hidup di Lamongan, Jawa Timur. Setelah berumah tangga, pada akhirnya saya kembali memilih untuk menjadi penulis lepas dan berkarir penuh di rumah.

Ketertarikan pada berbagai dunia mulai dari anak, wanita, dan remaja lah yang mendorongku untuk menuangkan segala bentuk tulisan dalam blog ini, Kisah, Cerita, dan Berita.

102 thoughts on “Tentang Pemilik Blog Ini

  1. ika, pemerhati anak, aku sangat tertarik dengan aktifitas anda, seorang wanita jaman sekarang jarang ada yang mau memperhatikan kehidupan anak-anak seperti anda, aku simpatik deh

  2. owalah…kerja di tribun thoo..slm kenal mbak

    ujar ika, “yup! salam kenal juga. moga blog ini ada manfaatnya deh… :)”

  3. mbak, background tampilan blognya kok hitam sich???

    “iya, biar matanya nggak capek melototin tampilan di komputer. bukannya mau ber-ghotic-ria kok…”

  4. oo, gitu y……background hitam di layar komputer itu buat nyiasati biar mata g capek???? Tapi kayaknya emang bener sih, baru nyadar stlh dikasih tau 🙂

  5. salam kenal, mbak ika

    “Kan kita dah kenal Bang Asmadi… Siapa sih yang nggak hapal Cenayang Manja, hehehe…”

  6. Daku juga mengucapkan salam kenal ajah… dari saya… adiknya mbak hanonsari😛 hehehe….

    *ngaku-ngaku adik, kabur………………..*

    “Salam kenal juga… Lho, kayaknya Mbak Ruri nggak punya adek cowok deh?! Hehehe… Wah, blognya asik juga tuh!”

  7. Salam kenal ajjah ya Mbak…
    Ni masih amatir sal blog2an…
    Thank’s info lomba tentang pengalaman puasanya…
    sukses selalu aja buat Mbak…

  8. kenal mbak, lamongan mana?

    “Perumnas Made, Lamongannya. Yo buat para pembaca, ada merasa satu daerah? Hehehe…”

  9. attn pls..
    Ka, namaku kok kok jadi ___ Kurniawan? Wah, aku harus sembelih kambing lagi: namaku diganti!! tulis aja ___ Kelana, ‘coz aku slalu berkelana🙂

    “Ya ampun, kok bisa lupa ya! Aris Setiawan! Sori Ris…”

  10. Very very Good blog kamu ………. ini aku juga masih belajar salam kenal oya kamu lamongan mana sih . kalo sempat mampir ke blog aku yaaa…….tapi kurang ada yang kurang tapi apa yaa
    ni buat kamu ” hewan apa, KUUECIL tapi suka protes.

    jangan kelamaan mikir ya…..

    -> Jawab KERBAU 😛

    “(yah lagi deh!) pengumumuman… kalau pengen blog-nya dikunjungi, ditulis dong ya alamat blognya… begini ini ika dan para pengunjung webblog ini jadi nggak bisa kunjungan balik deh, hiks!”

  11. Salam kenal Mbak Ika..Saya juga sangat tertarik dengan dunia anak, dan sastra. Kapan-kapan bisa diskusi dunk…(ngomong2 salut! masih muda tapi produktif) sukses!

  12. wuiii… bagi2 tips dunk buwat modif blog.
    qu akn senang jika ika brkunjung k http://www.dara290886.blogspot.com
    ‘n mengomentari blog ‘jagung’ punya qu itu.. tq

    “Hi, salam kenal yah🙂 Ika dah coba berkunjung, sayangnya (lagi2) nggak bisa komen karena harus log in dulu. Coba deh disediain box komen untuk umum. Rata2 kebanyakan mereka yang punya blogspot menyediakan itu. Punya blogspot memang paling menyenangkan, bisa dimodif2 sesuka hati dan tampilannya bisa dibuat gaul. Sayangnya karena ika nggak pakai blogspot, jadi nggak tahu utak atiknya seperti apa. Kalau tidak salah di halaman blog ika yang selamat datang, ada kok seseorang yang punya blog yang isinya bagaimana mengutak atik blog dalam berbagai versi. Mulai dari Multiply, blogspot, sampai wordpress. Atau, coba saja search lewat Google. Have a nice ngeblog yah n nice to know u… “

  13. Salam kenal, wah ternyata bu dosen ya..
    di malang dulu kuliah dimana ya, jangan2 satu almamarter
    rachmawan.wordpress.com

    “Dulu kuliah di Universitas Negeri Malang, jurusan pendidikan ekonomi angkatan 99 (whoa… lengkap!). So, apakah kita satu kampus?”

  14. Assalamu’alaikum

    Salam kenal dhe, saat cari info lomba koq sampai ke sini. Hm sinyo sedang merintis karir menulis (terutama buku solo) lewat lomba mulai tahun ini. Selain dosen juga pernah jadi wartawan yah, hebat dan salut dech. Semoga bermanfaat dunia akherat, amiin.

    Salam
    Sinyo

    “Thx, amin…”

  15. Salam kenal…dulu sampai dengan november 2006, saya sering baca koran Tribun di pos jaga Dormitory Blok P Muka Kuning, sekarang saya lebih sering baca koran Radar Kediri:)

  16. Halo Mbak Ika…
    Malam ini q lagi mo up load URL-ku di internet,
    karena warnetnya agak lambat, sambil menanti proses dengan bosan, q buka blog Lubis Grafura,
    eh..ternyata nge-link ke blog punya Didik Harianto. Kemudian disana kutemukan nama yang udah gak asing lagi !!
    gimana kabarnya Mbak Ika? udah jadi wartawan neh?
    udah merrid Mbak? Kapan maen ke Malang lagi?

    salam dari kawan lama,
    juniormu semasa di UKM UM,

    Rendra FK

  17. aku numpang puisi ya mbak…,puisi ini q posting ke beberapa blog teman,aku maksudkan untuk mengingatkan kita semua akan pilkada

    KETIKA KITA SADAR

    Ketika mereka saling berhadapan
    Kita telah mengasah senjata
    Ketika mereka mulai berdebat
    Kita telah mengangkat senjata
    Ketika mereka bertengkar
    Kita telah saling membunuh
    Ketika mereka sadar
    Dan damai
    Lalu bersalaman
    Kemudian berpelukan
    Kitapun sadar
    Tapi
    Kita telah mati

    karya Rendra Fatrisna K – 2000

  18. Mbak Ika, kami lagi membangun sebuah blogs kompilasi,
    di http://www.sebuahgudangtua.wordpress.com
    ceritanya sebagai berikut:

    “Didalam gudang tua ini anda dapat turut menampilkan segala bentuk karya anda, baik itu berupa cerpen, puisi, novel, opini, laporan perjalanan, dan lain sebagainya…

    Setiap karya yang masuk akan kami tampilkan tanpa membedakan baik itu karya dari seorang penulis pemula maupun karya dari penulis ternama…

    Jika anda berminat untuk turut berpartisipasi dalam http://www.sebuahgudangtua.wordpress.com ini, silahkan mengirimkan karya-karya anda disertai dengan profil/riwayat penulis ke redaksi gudang tua di: gudang_tua@yahoo.com atau sebuahgudangtua@gmail.com

    Redaksi Gudang Tua tidak akan mengurangi atau menambahi sedikitpun isi didalam karya yang ditampilkan, namun segala karya tersebut sepenuhnya tetap menjadi tanggung jawab penulis.

    Catatan: Karya yang dikirimkan diharapkan merupakan karya asli dari penulis”

  19. Wah, perjalanan qm panjang juga ya.. Gimana ceritanya bisa ke Batam..? Aq dulu juga pernah di Batam, tapi ya sekedar lewat. Soalnya kalau kita mo ke T.Png mesti mendarat di Hang Nadim. Oke, salam kenal ya Ika..

  20. Salam..

    Diriku Harus belajar banyak tentang Photografi…
    diriku Sangat suka akan kerja satu ini…tp kadang kurang fasilitas yg memadai…
    Padahal ribuan Gambar setiap harinya terlewat sia2 didepanku diPerantauanku diMesir, negeri Kananah ini…

    Semua hanya Terpotret dengan lensa Mata yg sederhana tanpa bisa dipublikasi yg sangat diharapakn oleh people.

  21. Salam kenal mbak, salam dari bogor, kota hujan, kota seribu angkot. Tanjung pinangnya dmana bu? gmana kabar batam?

    “Jalan Bali. He2, tapi rumah camer kok! Kabarnya Batam buaik banget… Lebih sejuk daripada Jawa malah (berdasarkan pengalaman habis pulkam!)”

  22. assalamu’alaikum…
    eeee…jalan2 trus dapet “rumah” yang kayak milik tarbiyatul aulad…
    pemerhati anak gitchu…
    kali aja ada koment…wassalam.
    silaturahmi balik githu…

  23. hello ikaaaa….. apa kabar bu ???? lama banget ga ada kabar….. masih di politeknik kan ? kabar-kabar dong bu…..🙂

  24. asslmkm Mbak Ika…
    salam kenal yah…
    Di Batam Yah?

    “Nggak lagi, sekarang balik ke Lamongan, Jawa Timur. Salam kenal…”

  25. salam kenal mbak ika, kuharap segera menerima naskah cerita anak darimu. rumah kupu-kupu itu bagus juga kalo jadi novel. how can we get in touch more?

    “Inspirasinya dari sebuah pohon besar di dekat rusun tempat saya tinggal dulu yang penuh dengan kupu-kupu kuning.🙂 Terimakasih ya sudah membacanya…”

  26. mbak punya EO???

    gabung dunk,,

    aku tertarik di dunia itu

    “PENGUMUMAN… tulisan ttg EO ini saya cuma nulis lho, hasil wawancara. saya nggak punya EO…”

  27. Salam kenal dari aku, Mbak! Mbak Ika pernah tinggal di Lamongan ta? Lamongan mana?
    kalo aku malah lahir di Paciran. Namatin Aliyah di Sukodadi, Lmg. Trus sempat kerja di Malang dan Depok, Jabar.
    Oh, ya, Mbak, ceritanya aku kan lagi latihan nulis cerpen, nih. Tapi belum ada yang dimuat. Mbak Ika bisa nolongin aku nggak ya. Kasih penilaian gitu. Kalo bisa kasih rekomendasi ke media juga nggak papa.
    Itru dulu dari aku. Tak tunggu balasannya lho!

  28. Boleh tuker link? Link anda sudah saya tempel.

    Kalo boleh nih,
    Text: Water trampoline enclosure
    Link: http://trampolineonly.com
    Deskripsi/judul: Mini trampoline, water trampoline, trampoline enclosure, trampoline net, all about trampoline and trampoline only

    Makasih.

  29. wah, komentarnya banyak. mbak ika koq seneng dgn warna hitam ya????. ada beberapa bagian blog ini yg nggak READABLE mbak misalnya label di comment box diatas:

    Nama
    Pos-el (tidak akan ditampilkan)
    Situs web

    kalo bisa kontras antara teks dan background ditingkatkan spy mudah dibaca.

    “Blog sengaja berunsur hitam karena menurut info yg pernah ika baca, kl tampilan situs berwarna gelap itu lebih ramah di mata. Btw, thx utk masukannya Cip!🙂 “

  30. salam kenal mbak.. tulisan tentang “jenuh kerja”-nya kena banget🙂
    sukses terus ya mbak🙂

    “Amin.. makasih banyak yah :)”

  31. lagi nyari info tentang potensi karir dosen poltek.. eh.. nyasar ke sini.. dan ternyata isi blog nya bagus juga.. sepertinya mbak ika mamang rajin menulis. sukses selalu…..salam kenal..

    “Salam kenal juga. Terima kasih sudah berkenan berkunjung ke blog saya. Tentang karir di Poltek, mengasyikkan kok. Karena kita bisa mengajar dalam kondisi yang dituntut untuk kreatif🙂 “

  32. saLam kenaL mba’, nama kita sama loh.. sama2 ika ( lebay.com) ya tp Q sneng pake’ nama pena Chiza he..3x. mungkin Q jg bsa jdi kya’ mba’ ika. ldi pnulis freelance.. Q pgen bgt tukar pikiran tentang mslh2 khdupan. klo mba’ ada wktu silahkan kunjungi blog q di http://www.ch1za.blogspot.com.

  33. Halo sayang….gmn kabarmu…lama tak jumpa. dari jurusan pendidikan ekonomi koperasi beralih prosesi jadi seorang wartawan, kepala sekolah paud, penulis……huebat. jempol 2 pokok e. lek wes hebat gini teman lama jadi pengen ketemu…..masa2 indah saat jadi mahasiswa “HIMAGILO” HIMPUNAN MAHASISWA GILA DIFOTO. Makane sekarang jadi fotografer juga….T O P. BGT dECH….

    “Iya, kapan yo iso ketemuan lagi… Kali ini aku berani wes jadi pengabadi gaya-gaya narsismu!😀 “

  34. Wah lo bleh saran mbak,lo cerpen bisa gak mpe ujung critany lbih jelas,hehe coz q bingung mbak

  35. Salam kenal mbak…
    Saya punya pengalaman hidup yg cukup seru, mbak… penuh perjuangan & do’a…
    Klo mbak berkenan saya ingin berbagi cerita dengan mbak, mungkin dengan rangkaian kata-kata mbak akan menjadi cerita yang menarik….:)

  36. Kebetulan sekali nih kita punya beberapa kesamaan, diantanya sama terlahir di bulan Oktober, sama penyuka anak2, dan sama tinggal di Kal Sel, cuman saya asli org Kal Sel..tepatnya di Kandangan

    Salut dan Terima Kasih atas ilmu yg sangat berharga yg Mba’ muat di blog nya..
    semoga ALLAH selalu memberikan limpahan Rahmat, Anugrah & Maghfirah kepada mba’ sekeluarga.

    Oh, ya mba’ Global Islamic Board itu semacam apa sih, selain di Batola, ada ngga di wilayah Kal Sel yg lain.

    “Aamiin allahumma aamiin, terima kasih🙂 SMA GIBS baru ada di Batola saja dan tahun ini merupakan tahun pertama.”

  37. Salam kenal Mba Ika, saya juga ibu dari seorang jagoan penyandang autis, domisili di Bogor dan sekarang mengelola 2 sekolah untuk anak2 autism yang tidak tertampung di sekolah umum….

  38. salam kenal mbak ika…. punya referensi psikolog ato dokter yang bagus untuk konsul tentang dislexia anak di wilayah jatim?

  39. Mbak ika.. Mgkn percaya ato enggak, tp sy baru tau kl mbak masukin cerita tentang baksos pulau dl itu di blog ini ya.. Udah luama banget kita ga ketemu ya.. Baksos yg dl itu emang spesial, tp masi banyak jg dokter gigi lain yg sumbangsihnya jauh lbh besar drpd yg sy lakukan.. Sy berharap makin banyak org yg mendapat pengetahuan kesehatan yg lbh baik supaya mrk bisa lebih menjaga kesehatannya masing2 ya.. Salam sehat selalu..

    Drg.Kartika

  40. Saya menulis dari Malaysia. Saya ada terbaca tulisan anda tentang pembelajaran bahasa Mandarin. Kini di Indonesia sudah bebas utk belajar bahasa Mandarin selepas Presiden Gusdur. Dahulunya semasa era Sukarno dan Suharto memang sekolah Cina ditutup.

    Saya mempelopori pembelajaran bahasa Mandarin melalui DVD Mandarin serta versi internet Mandarin. Saya bercadang utk menghadiahkan anda versi internet Mandarin.

    Website saya ialah http://www.ebookmandarin.com

    Jika anda sudi utk menerima pemberian versi internet Mandarin, sila hubungi saya melalui email megathisemudin@gmail.com

    Saya akan berikan “password” agar anda dapat mengikuti pembelajaran bahasa Mandarin melalui internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s