Masa Puber

Nggak Usah Malu Kalau Berubah

            “Aduh, aku ini kenapa sih? Kok jadi nggak enak gini badanku sekarang?”

            “Waduh, semalam aku mimpi apaan ya? Kok…”

            Hehehe… hayo… kamu-kamu pastinya udah mengalami atau ngebatin hal-hal seperti itu ya? Kalau nggak dari kelas 6 SD dulu, kemungkinan yang pas SMP sekarang ini. Sebetulnya kenapa sih tubuh kita jadi berubah?

            Nah, pernah dengar istilah puber nggak? Sebetulnya, puber itu merupakan masa perantara antara masa anak-anak kamu ke masa mau remaja. Biasanya, kita akan ngalamin perubahan fisik dan psikis lho.

Buat kamu yang cowok, biasanya udah mulai yang ngalamin perubahan suara, bahu jadi lebih bidang, mulai keluar kumis atau jenggot, otot menguat, tumbuh bulu-bulu di ketiak dan daerah di sekitar kemaluan, timbul jakun, dan mulai berfungsinya alat reproduksi.

            Sedangkan kalau yang cewek, bentuk tubuhnya jadi mulai berlekuk, pinggul melebar, kulit jadi lebih halus, suara jadi lebih lembut, tumbuhnya bulu-bulu di ketiak dan seputar kemaluan, mengalami haid, buah dada mulai tumbuh dan kadang terasa sakit.

            Terus yang mungkin kamu sering tahu, kenapa ya kok tinggi badan cewek kebanyakan jadi lebih cepat tinggi dari pada cowok ya? Itu karena masa puber yang dialami sama cewek emang bisa lebih cepat dua tahun daripada cowok.

            Nggak hanya urusan perubahan di bagian fisik, cara berpikir kita juga jadi beda. Mulai ada tuh yang namanya suka sama lawan jenis, kepingin diperhatiin, atau malah malu kalau ada lawan jenis yang ngedekat.

            Tuh, kamu ngerasa nggak yang namanya perunbahan-perubahaan kayak begituan dalam diri kamu? Kalau iya, nggak usah khawatir kok. Soalnya itu adalah hal yang wajar kok. Siapapun dari kita, pasti akan mengalami hal seperti itu.

            Biar kita nggak kesulitan sama masalah-masalah yang bisa timbul karena perubahan dalam diri kita, konsultasikan saja masalah tersebut pada orang yang tepat. Misalnya nih pada orangtua atau guru.

            Jadi nggak usah deh main saling mengejek kalau ada teman kamu yang sedang mengalami hal seperti itu. Ngapain juga hal yang wajar jadi bahan ejekan? Toh, semua orang pasti akan mengalami yang namanya masa puber kok! (ika)

 

Caper dan Naksir Itu Normal

            Lucu juga nih kalau dengar pengakuan teman kita Nindy. Dia ngerasa jadi nggak enak saja sama dirinya sendiri yang udah mulai suka sama lawan jenis. “Soalnya dulu kan nggak pernah seperti itu.”

            Yup, urusan naksir sama lawan jenis emang jadi bagian dari proses masa pubertas. Nggak cowok nggak cewek, pasti pengen deh diperhatiin sama orang yang disukainya. Perasaan kayak begitu itu emang akan datang sendirinya tanpa kita yang minta.

            Udah gitu yang kadang bikin nggak enak adalah kita jadi kebayang-bayang terus sama cowok atau cewek yang kita taksir. Terus kalau sampai ketemu sama orang yang kita taksir itu, wuih… rasanya langsung dag dig dug deh!

            Yang unik dan seringnya terjadi, kita kadang jadi suka benci setengah mati sama orang yang kita suka. Jadi sok pengen memusuhi gitu. Hal seperti ini emang kadang terjadi sama beberapa orang tertentu.

            Bilangnya sih benci. Padahal, artinya sama dengan benar-benar cinta. Isitilah first love juga kadang keluar di masa-masa pubertas. Seakan-akan, dunia itu jadi indah deh kalau muncul rasa cinta itu.

            Perasaan suka sama lawan jenis emang jadi hal yang wajar kok. Jadi, nggak usah deh sampai kerasa nggak enak atau malah mencoba benci mati-matian sama orang yang sebetulnya kita suka.

            Demikian juga kalau udah sampai bisa pacaran sama orang yang kita suka terus putus, nggak usah juga sampai sedih yang berkepanjangan. Kan kita masih muda. Masih banyak cowok atau cewek lain kok yang bisa membuat kita jatuh cinta lagi…

            Nah yang bahaya itu kalau perasaan suka itu diikuti sama hal-hal yang nggak benar. Maklum karena kita udah puber, jadinya bisa muncul tuh yang namanya keinginan untuk melakukan hubungan badan yang sebetulnya belum boleh kita lakukan.

            Hati-hati dan selalu ingat ya, kalau kita itu masih punya waktu panjang untuk masa depan. Ya sekolah, ya ngejar cita-cita. Jadi jangan hanya karena nafsu pikiran kotor terus kita ngorbanin masa depan kita sendiri.

            Ingat lho, karena bagian reproduksi kita udah mulai berfungsi, maka kejadian yang tidak kita inginkan pun bisa saja terjadi. Jadi, jaga diri baik-baik ya. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari.

            So sekedar rasa suka, itu emang sah-sah aja. Tapi nggak kalau mulai ke arah yang nggak benar! (ika)

 

Jangan Sepelekan Pelajaran Biologi

            Buat kebanyakan dari kita, pasti sering tuh mengganggap sepele pelajaran IPA atau Biologi. Padahal, pelajaran itu nggak hanya harus kita kuasai biar kita bisa dapat nilai bagus pas ujian lho. Tentunya, pelajaran seperti itu bisa juga kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

            Misalnya saja tentang masalah reproduksi. Teman kita Taufik misalnya. Ia mengaku justru jadi bisa tahu istilah puber itu apa terus bagaimana ciri-cirinya kalau masa itu datang dari pelajaran IPA.

            Setiap kita yang mengalami masa puber, satu dari sekian perubahan yang kita alami memang masalah biologis. Sekitar selama dua tahun, sedikit demi sedikit kita akan merasakan perubahan dalam diri kita secara bilogis.

            Di masa puber, tubuh kita memang mulai memproduksi hormon tertentu. Buat yang cewek menghasilkan hormon estrogen dan progesteron, sedangkan yang cowok hormon testosteron. Nah, hormon-hormon itulah yang membuat tubuh kita jadi berubah.

            Selain itu, kita pun jadi mengalami yang namanya haid kalau buat cewek atau mimpi basah kalau buat cowok. Nah kalau kita benar-benar memperhatikan pelajaran Biologi atau IPA, kita jadi bisa ngeri lho kenapa-kenapanya. Itu nggak lain karena siklus organ reproduksi dari tubuh kita.

            Udah gitu, kebanyakan dari kita yang cowok pasti seringnya malah tahu hal-hal seperti itu dari teman-teman dibandingkan dari orangtua atau guru. Itu yang kebanyakan keluar dari pengakuan beberepa teman kita yang cowok. Beda dengan cewek yang justru kebanyakan tahu dari orangtua.

            Padahal kalau kita tanya ini itu seputar masalah puber sama teman, banyak mereka yang nggak tahu benarnya seperti apa lho. Beda kalau kita dapat informasinya dari orangtua atau guru.

            Jadi jika kamu mengalami hal-hal yang sensitif seputar masalah organ reprosuksi, kayak gimana sih cowok dan cewek kalau berhubungan badan kok sampai bisa bikin si cewek hamil, mending tanya langsung saja sama orang yang benar-benar ngerti.

Bahaya juga lho kalau kita sampai tahu dari buku atau film-film porno yang nggak jelas. Nanti yang ada malah jadi penasaran pengen nyoba dan… Wah, jadi keterusan yang nggak jelas deh! (ika)

 

Gimana Ya Ngatasinya?

            Kamu-kamu pasti pernah ngalamin masalah-masalah kayak keringat bau nggak enak, jerawat, haid, atau mimpi basah. Nah, gimana sih seandainya kalau itu sedang terjadi pada kita?

-Bau badan

            Karena kerja hormon dalam tubuh kita, maka efeknya badan kita punjadi punya bau yang kerasa nggak enak. Beda dengan zaman masa kecil kita dulu. Meski berkeringat sedikit saja, rasanya udah bau nggak enak banget.

            Buat mengatasinya sebetulnya yang tepat adalah dengan rajin mandi rutin. Apalagi kalau kita habis beraktivitas yang banyak mengeluarkan keringat. Memakai bedak badan, deodorant, atau parfum sebetulnya sih memang bisa menolong. Tapi jangan jadikan tiga benda tersebut sebagai andalan lho atau malah mengalahkan rutinitas acara mandi kita.

            Bayangin saja kalau tubuh kita udah berbau nggak enak terus masih dicampur dengan bau parfum. Bukannya keluar aroma wangi, bisa-bisa orang di sekitar kita malah kita bikin buat pusing karena bau badan kita yang nggak karuan!

-Jerawat

            Beruntung buat kamu yang nggak mengalami perubahan pada wajah akibat masa puber datang. Tapi kebanyakan yang terjadi pada kita, pasti akan pernah tuh yang namanya ngalamin muka berminyak sampai masalah berjerawat.

            Buat mengatasinya, rajin-rajin dong cuci muka dengan produk sabun yang aman untuk kulit kita atau kalau bisa yang khusus untuk wajah bermasalah, beri obat jerawat pada bagian kulit yang berjerawat, dan hindari gonta ganti kosmetik.

            Kalau parah masalahnya, jangan coba-coba untuk mengobati dengan cara sendiri yang nggak benar. Nanti salah-salah bisa infeksi dan muka kita yang rusak. Datang dan konsultasi saja ke dokter kulit, itu lebih baik.

-Mimpi basah

            Buat cowok yang mulai puber, pasti pernah deh yang ngalamin mimpi basah alias bermimpi tentang seorang cewek yang ada kaitannya dengan hubungan seksual. Ini bisa terjadi seminggu sekali, sebulan sekali, atau tergantung dari aktivitas sehari-hari dan zat gizi.

            Hal seperti ini alami terjadi karena kandungan air mani dan sperma yang sudah penuh sehingga harus dikeluarkan. Buat cowok yang nggak berhubungan seks, sperma itu akhirnya dikeluarkan lewat mimpi basah. So, mimpi basah itu memang hal yang wajar kok kalau terjadi pada kita.

-Sakit waktu haid

            Setiap bulan, cewek pastinya akan mengalami yang namanya siklus haid. Para cewek akan mengeluarkan darah kotor sebagai akibat dari tidak terbuahinya sel telur yang dihasilkan.

            Sayangnya, nggak sedikit dari cewek yang pasti mengalami perut sakit, badan terasa nggak enak, wajah jadi lebih berminyak dan berjerawat, atau badan terasa capek dan pegal.

            Biar nggak mengalami hal-hal seperti itu, coba deh jaga pola makan yang baik dan sehat apalagi kalau pas mau haid. Misalnya nih, banyakin makan sayuran dan buah dan hindari makanan berminyak.

            Sedikit atau sesekali merasakan perut sakit itu wajar. Tapi kalau sampai sakitnya bisa bikin kamu nggak bisa beraktivitas atau sampai pingsan dan berlangsung setiap kali kamu haid, nah itu yang perlu kamu waspadai. Coba deh cek ke dokter agar kamu nggak mengalami masalah yang lebih parah di kemudian hari.

-Payudara sakit

            Buat cewek, masa puber juga ditandai dengan pertumbuhan bagian payudara yang kadang terasa sakit. Kadang juga, para cewek mengalami pertumbuhan payudara yang nggak sama sehingga kelihatannya payudara yang satu lebih besar dari yang lain.

            Sebetulnya hal seperti itu biasa kok terjadi. So, nggak usah khawatir deh kalau sampai itu pertanda kamu menderita penyakit tertentu. Karena itu merupakan proses yang alami dilalui oleh para cewek.

            Biar pertumbuhan payudara sehat, jangan lupa untuk mulai mengenakan miniset atau bra. Nggak usah malu di depan para cowok kalau kamu udah mulai memakai itu. soalnya itu emang wajar kok!

-Bulu pada ketiak dan kemaluan

            Nggak cewek nggak cowok, pasti juga akan mengalami yang namanya tumbuh rambut di bagian ketiak dan di sekitar alat kelamin. Fungsi rambut ini sendiri sebetulnya untuk menjaga kelembapan bagian-bagian tertentu dari tunbuh kita.

Ada baiknya untuk kebersihan, sering cukur rambu tersebut secara teratur. Soalnya kalau nggak, nanti justru bisa tumbuh jamur yang malah bikin area tubuh kita itu terasa nggak nyaman atau gatal. (ika)

About these ads

4 thoughts on “Masa Puber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s