Bermain Belajar Membaca Huruf Hijaiyah

Standard

Zuhri mengajari Khansa mengaji

Lho, kok judulnya belajar tapi bermain? Hehehe… cerita anak-anak saya kali ini di Taman Penitipan Anak Qurrata A’yun Lamongan memang sedang belajar mengaji. Lebih tepatnya, belajar mengenal huruf hijaiyah melalui buku Iqra’. Tapi, mereka juga bisa melakukannya sambil bermain lho!

Sudah dua bulan ini, saya dengan rekan-rekan di Taman Penitipan Anak mencoba mengenalkan huruf hijaiyah kepada mereka setiap paginya. Jadi setiap hari, seusai berdoa bersama, mereka akan kami panggil satu per satu untuk dikenalkan huruf hijaiyah.

Karena permintaan dari para orangtua agar anak-anak mereka yang dititipkan kepada kami diajarkan juga mengaji, jadi mulailah program belajar huruf hijaiyah itu kami adakan setiap pagi. Tentunya, tidak ada paksaan bagi mereka. Jika kita panggil mereka namun mereka tidak mau, kami pun tidak memaksa.

Caranya seperti ini, mereka akan kami panggil satu per satu, duduk di pangkuan kami, lalu kami bimbing  telunjuk mereka untuk menunjuk huruf demi huruf hijaiyah yang ada di Iqra’. Kami yang melafalkan, mereka yang menirukan. Namun seiring waktu karena beberapa dari mereka telah bisa membaca, kami pun tinggal mengarahkan telunjuk mungil mereka ke arah huruf-huruf hijaiyah secara acak, dan mereka pun yang akan membacanya tanpa harus menirukan lagi.

Kebiasaan kami mengajarkan anak-anak ini, ternyata mereka tiru lho. Anak kami yang bernama Alif usia 2 tahun 9 bulan misalnya. Menurut sang ayah, jika di rumah, gadis ciliknya ini gemar sekali mendudukkan boneka-bonekanya untuk diajari huruf hijaiyah!

Beda lagi dengan Zuhri. Anak yang memiliki kemampuan membaca huruf hijaiyah paling  bagus dibandingkan teman-temannya ini pernah suatu ketika mengejutkan saya dengan ulahnya yang juga membuat saya tersenyum geli plus bangga.

Ceritanya suatu ketika, temannya yang bernama Nisa’ dibawakan buku Iqra’ sendiri oleh ibunya dari rumah. Bukannya disimpan di dalam tas, Nisa’ justru membawa ke mana-mana buku itu untuk mainan. Meski kami sudah mengingatkannya berkali-kali untuk menyimpan buku itu di dalam tasnya.

Dan, Zuhri yang memang saya tahu punya inisiatif tinggi untuk selalu bermain di ranah sosio drama, mengajak teman-temannya untuk belajar bermain huruf hijaiyah. “Sini… sini… ta’ ajarin baca yah… yah…” ajaknya kepada Nisa.

“Mana jarinya? Gini!” Zuhri lalu meminta telunjuk Nisa’ untuk menunjuk buku, mirip seperti yang kami biasakan kepada mereka setiap kali belajar mengaji.

“Ini apa? Ba! Kalau ini… A!” tunjuk Zuhri pada tulisan ba’ berfathah dan alif berfathah.

Usai Nisa’, gantilah anak-anak yang lain diajari oleh Zuhri. Rangga, Khansa, sampai teman-teman lainnya yang tak mau pun ia kejar agar mau ia ajari.

Bukannya asal. Apa yang dibaca Zuhri yang masih berusia 3 tahun 4 bulan ini juga tepat lho! Walhasil, saya pun jadi senyum-senyum geli sendiri melihat ulah Zuhri dan kawan-kawannya. Ah, benar-benar bersyukur saya bisa menikmati keindahan dari keajaiban nalar kemampuan anak saya yang satu itu!

Sementara itu sebelumnya, saya pun pernah melihat Zuhri yang menunjukkan kemampuannya dalam mengajari Rangga berhitung dengan tangan. Angka satu sampai lima dan bagaimana jari yang seharusnya dibentuk, Zuhri ajarkan pada Rangga yang berusia tepat satu tahun lebih muda darinya.

Gaya Zuhri mirip seperti orang dewasa yang mengajari seorang anak kecil berhitung, lho! “Tiga. Ayo, tiga jarinya gimana? Begini lho…” Ia lalu mengatur jari Rangga agar menunjukkan hitungan angka tiga dengan jari.

Hm… pokoknya yang namanya hidup dengan anak-anak kecil, benar-benar akan membuat kita sering tersenyum deh melihat bagaimana mereka terkadang menunjukkan berbagai tingkah yang tak akan terpikirkan oleh orang dewasa sekalipun! Padahal, orang dewasa juga pernah jadi anak kecil kan?! :D

Zuhri mengajari Nisa' dan Rangga membaca huruf hijaiyah

Zuhri ganti mengajari Khansa, sedangkan Rangga sedang mencoba merenungi apa yang baru diajarkan oleh Zuhri

Nisa mencoba meniru jejak Zuhri dengan mengajari Khansa dan Ridho

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s