Keajaiban Numerologi Surat Ar Rahman

Keajaiban Numerologi Surat Ar Rahman

Mengulik Surat Ar Rahman Melalui Surat Luqman dan Yunus

Surat Ar Rahman

Surat Ar Rahman

Sejak saya mengenal Surat Ar Rahman, saya sering penasaran dengan surat tersebut yang berulang-ulang menyebutkan ayat yang berarti, “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”

Hingga ketika sekitar bulan Februari 2009 lalu, suatu ketika, saya mencoba mencari tahu tentang ayat tersebut. Catatan ini sendiri baru terkulik semalam dari buku catatan kecil milik saya. Subhanallah, setelah saya coba mengetikkannya semalam, ada hal lain yang saya temukan dan akhirnya saya bagi kepada teman-teman.

Setelah saya hitung-hitung, ayat tersebut ternyata bisa berulang kali terbaca hingga 31 kali banyaknya. Anda bisa mendapatkannya di ayat ke-13, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 65, 67, 69, 71, 73, 75, dan 77.

Melihat angka dalam ayat tersebut, entah kenapa saya tiba-tiba teringat buku Numerologi Al Quran. Dalam buku tersebut intinya, kita memang diajak untuk menguak kecantikan Al Quran dari sisi numerologinya.

Akhirnya dalam surat Ar Rahman, saya pun mencoba mengulik makna angka yang ada. Angka 31 yang menyatakan jumlah ayat dari surat tersebut pun saya coba telusuri dengan melihat Surat 31 dari Al Quran. Ketemulah Surat Luqman. Saat melirik ke ayat ke 31 dari surat tersebut, subhanallah… inilah yang saya temukan!

“Tidaklah engkau memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah agar diperlihatkan-Nya kepadamu sebagian dari tanda-tanda (kebesaran)-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran)-Nya bagi setiap orang yang sangat sabar dan banyak bersyukur.”

Bismillah… Ketika saya coba tangkap maksud dari hubungan dua ayat tersebut, sebetulnya ada yang ingin Allah tunjukkan kepada kita. Bahwa bagaimana kapal bisa berlayar di laut sesungguhnya adalah satu dari tanda kebesaran Allah dengan bentuknya yaitu berupa nikmat.

Dari sana, Allah ingin menunjukkan kepada kita, makhluk-Nya, tentang nikmat dari-Nya. Coba saja, kita yang tidak punya perangkat dalam tubuh kita untuk bisa berjalan di atas air, ternyata kemudian mampu melakukannya dengan perantara alat yaitu sebuah kapal yang mengapung di atas air.

Jika dikaitkan ke Surat Ar Rahman, jadi, nikmat Tuhan mana yang akan kita dustakan? Tanda-tanda kebesaran Allah yang ada, hanyalah bisa kita lihat, tidak kita dustai, kita anggap sebagai nikmat, jika kita termasuk dalam golongan yang sabar dan banyak bersyukur.

Yang saya tangkap, jika kita semua bisa mampu bersabar dan mudah bersyukur akan apa yang Allah berikan, insya Allah, akan kita tangkap kebesaran Allah dan menjadi rasa nikmat yang kita rasakan. Terkadang, apa yang Allah berikan saat mungkin berupa kenikmatan, ujian, atau cobaan yang sedang kita terima, bisa menjadi sebentuk kekaguman kita, kenikmatan tiada tara bagi kita, jika kita bisa melihatnya sebagai bentuk kebesaran Allah.

Eit, masih ada lagi nih… Surat Ar Rahman di dalam Al Quran adalah surat ke-55. Jika dijumlahkan, 5 ditambah 5, kita bisa menemukan angka 10. Dan, cobalah buka surat ke-10 dalam Al Quran yaitu Surat Yunus, lalu bukalah ayat ke-10. Subhanallah… ketakjuban lain saya temukan dalam surat tersebut!

“Doa mereka di dalamnya ialah,”Subhanakallahumma” (Maha Suci Engkau, ya Tuhan Kami), dan salam penghormatan mereka ialah, “Salam (salam sejahtera). Dan penutup doa mereka ialah, “Al-hamdu lillahi Rabbil ‘alamin,” (segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam).

Mungkin jika Anda hanya langsung membaca ayat ini saja, Anda bisa jadi bingung dengan kata-kata awal, “Doa mereka.” Siapakah yang dimaksud “mereka” itu? Silakan baca ayat sebelumnya dari ayat tersebut yang berbunyi seperti ini…

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, niscaya diberi petunjuk oleh Tuhan karena keimanannya. Mereka di dalam surga yang penuh kenikmatan, mengalir di bawahnya sungai-sungai.”

Lagi-lagi, kita menemukan kata “nikmat” di dalamnya. Nikmat ini bisa dirasakan oleh mereka yang berada di dalam surga dengan sungai-sungai yang mengalir di dalamnya. Terlepas keberadaan surga atau neraka di dunia nanti yang akan kita jalani, dunia tempat kita hidup sekarang ini pun bisa berupa surga dan neraka.

Surga bisa kita sebut jika kita dapat hidup dekat dengan sungai. Sejak masa purbakala saja, manusia kerap terbukti membuat sebuah komunitas kehidupan yang berada di sepanjang sungai. In tak lain karena sungai merupakan bagian dari sumber kehidupan. Air yang tawar dan aneka makhluk air yang ada di dalamnya, bisa menjadi sumber kehidupan untuk manusia.

Kata surga pun sering diidentikkan dengan kenikmatan. Analoginya, nikmat bukan jika kita bisa hidup di tepi sungai, hidup di dekat alam yang bisa kita tuai segalanya untuk kelangsungan hidup kita?

Dalam ayat ke-9 Surat Yunus, mereka yang bisa merasakan kenikmatan surga itu adalah orang-orang yang beriman, yang melakukan kebajikan, sehingga diberi petunjuk oleh Tuhan. Tidak ada kenikmatan memang dalam hidup ini, jikalau kita berada dalam sesuatu dan bisa mendapatkan petunjuk dari Allah.

Dan dalam surat tersebut kita bisa memetik janji Allah, jika kita beriman dan melakukan kebajikan, niscaya Allah akan memberikan petunjuk untuk kita. Cobalah saja kita renungkan, apa sih yang kita miliki sekarang ini? Meskipun harta melimpah, memiliki anak yang pintar, cantik, atau bagus rupanya, pekerjaan yang terhormat, telahkah kita merasakan bahagia? Atau justru ada yang terasa kosong pada diri kita?

Sungguh berbeda jika kita mendapatkan petunjuk dari Allah. Apapun kondisi kita yang mungkin terlihat tidak ‘wah’ di mata masyarakat umum, namun kita bahagia, insya Allah, sepertinya kita sudah mendapatkan petunjuk dari Allah. Dan tentu saja, itu nikmat bukan?

Ah, baru sedikit itu saja saya berhasil mengulik Surat Ar Rahman, sebuah surat yang berkali-kali bertanya kepada kita, nikmat Tuhan yang mana sih yang mau kita dustakan? Seperti arti Ar Rahman itu sendiri yang berarti ‘Yang Maha Pemurah’, sungguh, Allah Tuhan kita itu adalah Tuhan yang memang Maha Pemurah, yang gemar memberi nikmat untuk makhluknya. Saking murahnya, sebetulnya begitu banyak nikmat yang bisa kita rasakan.

Tentunya berkali-kali ayat “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?” itu bisa ada dalam Al Quran, dalam Surat Ar Rahman, karena memang demikianlah keadaan kita manusia dari zaman dulu hingga sekarang yang kerap mendustakan kenikmatan dari Tuhan. Surat Ar Rahman ini membuat kita sadar, mengingatkan kita, ayo, kita cari nikmat apa yang sebetulnya sudah kita miliki, yang bisa kita lihat atau rasakan, yang memang sudah diberikan Tuhan untuk kita!

Yah, semoga ini memang petunjuk yang diberikan Allah melalui saya. Jikalau salah, itulah kesalahan yang datang dari saya sendiri. Meski demikian lepas dari itu semua, sebetulnya ada sih beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan kepada teman-teman sekalian. Telahkah teman-teman pernah mengetahui apa yang telah saya tulis di atas tadi? Jika ya, bisakah kita sama-sama menolong untuk mendapatkan bahasan lebih lengkap tentang Surat Ar Rahman terutama jika mengulik melalui numerologinya?

Harapan saya, semoga teman-teman yang memiliki hal menakjubkan lain tentang Al Quran, bisa saling berbagi kepada saya ataupun yang lain. Kan asyik tuh kalau dibagi sehingga kita bisa sama-sama menikmati indahnya Al Quran.

Ehem, maksud saya, jika selama ini mungkin kita hanya sering berbagi cerita berhikmah dari negeri antah berantah saja, kenapa kita tidak membagi hal-hal seperti ini yang membuat kita jadi makin yakin akan Al Quran yang bukanlah sebuah kitab biasa? Bukankah hal seperti ini bisa bermanfaat juga kan kepada kita dan makin membuat kita yakin bahwa Islam memang pilihan keyakinan kita yang tepat?

About these ads

61 thoughts on “Keajaiban Numerologi Surat Ar Rahman

  1. aku punya pengalaman menakjubkan mbak, berkaitan dg salah satu surat alquran selain ar rahman, dan pengalaman ini paling menakjubkan. duluuuu sekali aku pernah dengar kalo rajin baca al waqiah, kalo kita punya hutang (sebesar apapun) maka Allah akan membantu kita melunasinya. dulu aku pernah terlilit hutang, mancapai 1 juta. hampir tiap hari aku baca al waqiah, eh, empat tahun kemudian hutangku dianggap lunas. subhanallah…

    “subhanallah ceritanya… bagus! *_* “

  2. Salam

    Saya ingin ketahui bagaimana saya bisa mendapatkan buku numerologi Al Quran yang disebut itu ya?

    “Waduh,sayangnya saya lupa judulnya apa. Tapi kalau mau, coba cari di internet dengan judul buku Numerologi Al Quran. Bukunya warna cokelat.”

  3. SUBHANAALLAH…. ternyata keindahny surat AR-RAHMAN begitu luar biasanya.. makasih yah uni. punten uni kalo boleh tulisan uni ini saya sebar luaskna di FB karna sungguh indah surat ar-rahman dan lebih baik lagi bila sodara2 kita yang lain mengetahuinya. ^_^

  4. aslm..perkenalkan saya ismawati mustam, mahasiswi tingkat akhir fakultas psikologi universitas negeri makassar. Subhanallah…saya dapat info baru lagi tentang surah Ar Rahman..surah itu merupakan surah yang suka sekali saya baca, terutama pada saat-saat down n sedih.. terima kasih ya mbak… saya juga mw menyampaikan ijin nih untuk menyampaikan tulisan mbak di halaqah ngaji saya kalau saya dapat tugas tadabbur ayat, sebagai tambahan referensi…mudah2an mbak ngijinin ya.. jazakillah khairan katsiran..

  5. Assalamualaikum.. perkenalkan saya nurjanah. saya suka sekali dengan tulisan mba..

    Subhanallah bagus banget.. minta izin untuk saya share ya mba.. Syukron

  6. Assalamualaikum….
    saya sangat menyukai tulisan anda. saat membaca tulisan ini saya sedang mendengarkan surat Ar-Rahman. saya ingin tau lebih banyak lagi mengenai isi dan kandungan Al-Qur’an. thanks atas sharingnya

  7. demi Allah saya menangis saat mendengar surah ar-rahman,hati serasa tenang,maha besar Allah dengan segala firmannya

  8. asslamualaikum…

    seperti mahdie Al-Kahfie, saya merinding dan menangis…ahh sungguh rahasia Allah sangat banyak dan belum terpecahkan…

    saya baru tahu rahasia di ayat ke-19 dan 20 Ar Rahman, yang menurut saya adalah merujuk pada terusan Zues dan Panama….

    sedangkan pada Qs At Taubah (9) ayat 109, adalah Ramalan Tragedi WTC….Subhanallah, saya sampai kaget waktu megetahui hal ini…ternyata sudah Allah tulis dari 14 abad lalu ^_^

  9. Asslammualaikum
    entah kenapa dari dulu saya suka sekali mendengarkan rekaman murathal surat ar rahman, rasanya membuat saya menemukan jati diri sebagai seorang manusia, hamba yang tidak punya daya dan upaya selain karena izin allah semata. salam kenal

    Wassalaam

  10. Pingback: maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? « A few story written

  11. subhanallah… pd malam ini,sy menjadi tersadar dengan ujian yg lagi mendera keluarga kami, berkat tulisan anda, terima kasih… saya mohon ijin copy ya mbak… terima kasih

  12. Subhanallah

    maha suci Allah dengan segala nikmat n karunia yg telah di berikanNya pada kita

  13. salam,,,

    ..surat ar-rahman selalu saya dengarkan setiap malam lewat ponsel saya mba.,,saya sangat penasaran dengan ayat yang berulang-ulang trsebut,,terima kasih mba…saya sangat terbantu dengan penjelasannya,,

  14. Aslm..
    Tulisannya bagus mbak, menambah pengetahuan saya.

    Boleh saya tahu mbak, kenapa gerangan ada beberapa orang menjadikan Surah Ar Rahman sebagai mas kawin dalam akad nikah?

    Trims sebelumnya mbak,..

    “Wah, saya kurang tahu dan malah baru tahu nih kalau ada yang menjadikannya sebagai mas kawin :)”

  15. assallammualaikum…wr.wb..mba saya masih bingung dengan kandungan dari surat ar rahman,,bisa dijelaskan secara rinci….terima kasih..

  16. Syukron mbak , tulisan yang indah tentang surat yang indah sekali. Alhamdulillah ada metode
    yang insya Allah sangat mudah untuk menghafal surat Arrahman (dan sudah terbukti banyak yang hafal arti dan ayat ayatnya dengan baik dan cepat) . Insya Allah dengan metode ini makin banyak yang hafal dan mencintai surat Arrahman . jangan khawatir ini gratis … hanya ingin berbagi kemudahan yang sudah Allah berikan….salam

  17. asss………..mba’ saya pernah baca salah satu artikel bahwa surah arrahman sangat bagus dijadikan mas kawin,tapi sy blum mnemukan makna sesungguhnya…..mnta infonya yahh mba’ makasihhh.maksihhhh juga artikelnya the best

  18. Assalamualaikum wr.wb. salam kenal. yaa ukhti, tulisan anti bagus, subhanalloh. saya juga punya pengalaman sendiri dengan surat Ar Rohman ini. damai, tenang, hati terasa tentram setelah membaca juga mendengarkan bacaan surah ini. coba antum sekalian dengarkan tilawah surat Ar Rohman oleh Syed Sadaqat Ali. Subhanalloh! merinding, juga hati bergetar mendengarnya. masalah numerolgi rahasia huruf yang terkandung di dalamnya dapat antum cari buku karangan kalau tidak salah adam ali warnanya coklat. disitu ada pembahasannya secara lengkap tentang keajaiban angka surah Al Fatihah dan Ar Rohman. cukup sekian dan syukron. wassalamualaikum wr.wb.

    “Wa’alaikumsalam wr wb. Terimakasih sudah berkenan membaca. Andai boleh tahu, bukunya itu judulnya apa ya?”

  19. Allah Kariim, semoga dengan membaca tulisan saudari, Iman,Taqwa dan rasa syukur saya kepada Allah Swt jadi bertambah. aamiin :)

  20. Subhannallah……setiap saya membaca atau mendengar surar ar rahman hati saya selalu bergetar dan bulu kuduk saya berdiri…..oleh karena itu saya dalam hati selalu bertanya2 dan penasaran ada apa dengan surat ar rahman ………dan terima kasih atas ini jawabannya. sekali lagi terima kasih…….wassalam.

  21. jadi merinding aku bacanya mbak….n hati jadi + tntrem dengernya….
    sungguh rrruuaar biasa ayat tersebut…

  22. sama mba, saya juga baca surat Arohman, habis saya baca lalu saya berfikir apa sih artinya bacaan yang di ulang berkali kali itu dan tau ga mba saya langsung aja buka internet.

  23. Assalamualaikum wr.wb. salam kenal. yaa ukhti, tulisan anti bagus, subhanalaloh. saya mendapat info dr temen katanya kl kt sering basa surat ar rohman bisa jg mendekatkan jodoh apa btl?

    “Wa’alaikumsalam wr wb. Wah, saya belum pernah tahu tentang itu.”

  24. Tentang numerologi, ada beberapa buku a.l.: Pesan-pesan Numerik Al Qur’an oleh Iskandar AG Soemabrata, Al Quran 4-Dimensi oleh KH Fahmi Basya. Semua diterbitkan oleh Republika.

  25. subhanallah ternyata dibalik untaian wahyu yang diturunkan tersembunyi keajaiban yang membuahkan misteri, selamat ya mbak anda telah menemukan salah satunya ^_^ terus berkarya mbak ditunggu yang selanjutnya

  26. Assalamu alaikum… Uraiannya baik sekali dan kalo boleh saya nambah. Angka 31 mewakili jmlh maks. hari dlm sebulan. Berarti sudah seharusnya kita wajib bersyukur atas nikmat-nikmatNYA setiap hari (waktu).

    “Wa’alaikumsalam wr wb. Terima kasih banyak tambahannya :)

  27. Assalamu’alaikum ukhti akhi smoga Allah mmberkahi anda sekalian,,pernah denger Ar Rahmaan dpat mnyembuhkan pnyakit kanker??subhanallah ternyata BisA,,dan skrg sy sdg mneliti ar Rahman thdp Hipertensi,,doakan saya semoga bisa dishare hasilnya nnti,,amin

  28. assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh,.
    , alhamdulilah puji syukur kehadirat Allah ta’ala,.. membaca tulisan yang bagus ini, mudah2 an dapat menularkan semangat dan kecintaan pada Al Qur’an nur kariem,. oiya saya hanya menghimbau kepada sahabat dan rekan-rekan kaum muslim dan muslimah di dalam menuliskan kata salam “assalamualaikum wa rah matullahi wabarakatuh” seyogya nya nya ditulis dengan lengkap, karena salam tsb adalah do’a,. dan jangan disingkat dengan hanya tiga huruf saja,. yang kalo diartikan dengan bahasa inggris menurut saya sangat tidak pantas, untuk himbauan saja karena saya merasa resah dengan salam yang hanya “terpotong” dengan 3 huruf dari awal saja,. :) mudah2 an Allah ta’ala selalu merahmati kita dalam perjalanan hidup kita yang singkat ini,. Aminn Ya Rabbal’alamin,..
    wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

  29. Subhanallah, saya suka sekali sama tulisan nya ttg surah Ar Rahman. Sy juga pny pengalaman mengenai pertama kali membaca surah ini, sy takjub dan “jatuh cinta” krn menemukan ayat ke 13 ini dan berulang-ulang di sebutkan, dan saya penasaran. Namun krn ilmu agama sy msh sgt kurang, jd sy blm bisa menemukan keajaiban2 spt mba . Alhamdulillah sy menemukan blog ini, sy dpt pencerahan ttg surah ini, terima kasih semoga tulisan mba bermanfaat kpd yg membaca nya, barakallah

  30. subhanalloh saya menangkap kata “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”
    saya sadar kalo saya selelu merasa tidak puas dengan apa yang telah allah swt berikan terhadap saya,,itu kesalahan besar sekali
    makasih saya baca ini saya menjadi sadar
    thanks :)

  31. Ar Rahman dan Al Waqi’ah mmg klu dibaca 1 paket setiap hari… Anda akan rasakan mmg Allah maha besar… Bacalah…

    Dan utk masalah urutan nomor2 itu pun pasti ada makna yg lbh dlm bagi hambanya yg berfikir…

  32. subhanallah dari dulu saya sering membaca Surah Ar-Rahman dan pertanyaan tentang 1 surah yg selalu di ulang,sekaran saya mengerti apa yang di mksudkan oleh Surah tsb. terima kasih atas infonya.

  33. sy pun suka skali dgn Qs.arrahman dan Alhamdulillah sy bc tiap bis maghrib..yg sy heran knp surat ni bgitu Misteri..lama2 sy sdr Lau surat ni mengingatkan Qta akan nikmat2 yg bgitu byk..

  34. Pingback: Giligenting : Keajaiban Numerologi Surat Ar Rahman | fauziubay Giligenting

  35. Setiap salat tahajud sy sering berdoa utk kedua anak2 sy.suami dgn mmbca srt ar-rahman di ayat yg ke 26′ kullu man ‘alaihaafaan’..kemudian berdoa.. stlh selesei doa lanjutkn lg bacaan srt ar-rahman.. insyaallah setiap hr sy doakn org2 terkasih sy dgn srt ar-rahman dan srt al-fath (kemenangan).. stlh mmbca artikel ttng keajaiban srt ar-rahman.. sy semakin rajin mmbacanya… subhanallah…

  36. SUbhanaallah….saya baru baca ini,dan gak tahu kok bisa kebuka blog ini. gara2nya beberapa bulan ini saya selalu membaca surat ar-rahman setelah selesai sholat duha n hari ini saya brosing digoogle dan ternyata menarik perhatian saya ketika membaca judulnya..yang pasti dengan membaca surat ini membuat saya selalu ingat bahwa untuk selalu mensyukuri setiap nikmat yang luar biasa yang sudah diberikan oleh Allah SWT. dan membuat saya tertarik untuk menelusuri ayat ayat yang diulang keterkaitannya dengan surat alquran lainnya. semoga bisa menjalaniinya.salam kenal dan sehat ,sukses selalu mbak.

  37. subhanallah…. itu lah kebesaran Allah snw. idak tercapai pada akal fikiran kita untuk menilai Nya…. Allah Huakbar.

  38. surat ar rahman biasa dijadikan mahar krnamnurut sya dlm surat trsebut terdapat 7 syair cinta dr syurga,,,,,,:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s