Virus YM Berbahasa Thailand

Dia Tidak Bisa Berbahasa Thailand

            Kamu hobi chatting atau terbiasa menggunakan Yahoo Messenger alias YM? Pernah nggak punya pengalaman suatu ketika kamu mendapat kiriman pesan dalam YM yang isinya seperti ini nih, “Tra lai em niem vui khi duoc gan ben em, tra lai em loi yeu thuong em dem, tra lai em niem tin thang nam qua ta dap xay. Gio day chi la nhung ky niem buon… http://blahblah.0catch.com.”

            Pusing bacanya? Pasti! Kalau itu pesan dari teman atau orang yang kamu kenal, pasti seketika kamu berpikir temanmu ini kok sekarang jadi pintar sekali ya bisa bahasa Thailand? Udah gitu ditambah adanya sebuah situs website yang tertera dalam pesan. Kamu pun jadi makin kepikiran betapa hebatnya temanmu itu. Udah bisa bahasa Thailand, punya website lagi!

            Dan karena penasaran, kamu pun jadi mencoba untuk ngeklik website tersebut. Apa yang terjadi kemudian? Ampun deh, tanpa kamu duga, Yahoo Messenger alias YM kamu pun jadi nggak terkontrol untuk mengirimkan pesan-pesan berbahasa Thailand ke teman-temanmu yang lain.

            Jadinya gantian deh teman-teman kamu yang kebingungan. Kok kita jadi bisa bahasa Thailand ya? Pas banyak orang bertanya maksud dari kiriman pesan YM-mu, kamu malah jadi tambah kebingungan. Orang merasa nggak mengirim pesan apapun kok. Apalagi pakai bahasa Thailand? Bisa belajar darimana coba?

            Bahasa Thailand ini nggak hanya sekedar terkirim begitu saja ke orang lain. Tapi, pesan ini juga akan terus dan terus terkirim tanpa kamu bisa kontrol. Status YM-mu pun juga jadi berbahasa Thailand lho yang terbaca oleh orang lain!

            Kenapa bisa begitu? Yup, itu tandanya YM-mu udah mulai kena Win32/Nuqel.E. dalam situs http://ca.com/us/securityadvisor/virusinfo/virus.aspx?id=65739, nama lain dari pengacau ini lumayan banyak. Mulai dari WORM_IMAUT.E (Trend), W32.Imaut.N (Symantec), Worm:Win32/Sohanad.F (MS OneCare), Troj/Tiotua-D (Sophos), sampai W32/YahLover.worm (McAfee).

Susahnya, ketika YM kamu sudah terinfeksi ini, pas kamu online, langsung deh pesan-pesan antah berantah itu langsung terkirim begitu saja. Pusing kan? Orang yang sedang chat sama kamu pun jadi keganggu deh! (ika)

 

Jangan Asal Klik Tautan

            Mencegah lebih baik daripada mengobati. Hehe… nggak hanya urusan kesehatan juga kok yang punya prinsip kayak begitu. Urusan YM juga bisa diperlakukan seperti itu kok. Sebelum kita kena virus Thailand yang sudah banget diobatinnya, ya mending mulai dari sekarang saja kita cegah.

            Cara termudahnya nih, jangan coba-coba mengklik segala macam bentuk link atau tautan yang nongol di YM kamu. Misalnya nih, ada teman atau orang lain yang menyantumkan sebuah alamat website di status YM-nya, konfirmasi dulu deh ke orang tersebut.

            Begitu juga kalau ada temanmu yang tahu-tahu mengirim alamat sebuat situs dan meminta kita untuk membukanya. Jangan asal klik saja! Coba deh kamu tanya dulu ke temanmu tersebut, itu alamat email beneran aman nggak?

Kalau perlu tanya juga, benar nggak alamat email itu memang dikirim oleh temanmu tersebut? Soalnya dalam kasus virus Win32/Nuqel.E alias si virus berbahasa Thailand tersebut, pesan-pesan dalam YM yang terkirim sebetulnya bukan dilakukan sama si pemilik YM itu sendiri.

Dan yang bisa kamu lakukan lagi untuk aksi pencegahan adalah dengan memiliki program antivirus yang terinstal pada komputer kita. Pastikan kalau program virus tersebut memiliki real-time file system protection. (ika)

 

Bisa Download Antivirusnya

            Nah sekarang ceritanya gimana kalau ternyata Yahoo Messenger kita udah terjangkir virus yang satu ini? Hm… actually, sebetulnya agak susah-susah juga menyembuhkan YM kita kalau udah terkena virus yang satu ini.

            Tapi dalam sebuah forum Yahoo Answers, ada juga kok yang mengusulkan kita untuk mendownload antivirus dalam situs http://www.9down.com/. Di situs tersebut memang lumayan lengkap dan tersedia berbagai macam antivirus termasuk yang bisa menanggulangi virus Thailand itu.

            Dalam situs http://sudhaker.com/phishing-on-yim/, ada cara lain juga nih yang bisa dilakukan untuk mengatasi virus yang satu ini. Yang pertama adalah dengan mengganti password dari account Yahoo milik kita.

            Nggak hanya itu, ganti juga segala macam password yang berhubungan dengan Yahoo milik kita. Misalnya nih account-account yang berkaitan dengan pembayaran dan nge-link ke Yahoo milik kita.

            So, hati-hati dengan YM milikmu yah… Kalau nanti sampai udah terinfeksi dengan virus ini, kan repot juga kita jadinya! (ika)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s