Menjamu Buka Puasa Di Rumah

Lebih Simpel dengan Katering

            Bagi Anda yang memiliki dapur berikut peralatan masak dengan kapasitas terbatas, mungkin akan mengalami kesulitan apabila harus memasak dalam jumlah yang besar. Belum lagi jika Anda kurang memiliki waktu untuk memasak.

            Nah di bulan ramadan ini, mungkin ada dari Anda yang harus menyiapkan masakan atau jajanan untuk ditujukan dalam rangka acara berbuka puasa bersama. Bisa itu di rumah Anda, atau di letakkan di masjid untuk dinikmati bersama.

            Merasa repot untuk melakukannya? Mengapa Anda tidak mencoba jasa katering yang kini begitu banyak ditawarkan. Mulai dari jajanan dengan beberapa jenis tertentu atau makanan lengkap yang terdiri dari makanan pembuka hingga penutup pun bisa Anda pesan pada jasa katering.

            Seperti yang dilakukan oleh Reka Veny. Istri dari Ketua DPRD Kota Batam Soerya Respationo ini mengaku kurang memiliki kemampuan jika ia dan beberapa pembantunya harus memasak besar untuk hidangan buka puasa bersama yang terkadang bisa tiap minggu dilakukan di rumahnya. Mulai dari peralatan memasak sampai tenaga yang memasaknya pun kurang bisa mendukung untuk mewujudkan aneka masakan berbuka puasa.

            Acara berbuka puasa di rumah Veny yang berada di Duta Mas itu pun bisa beragam bentuknya. Mulai dari tamu atau rekan dan sahabat dari sang suami, hingga acara pengajian yang diikuti oleh Veny yaitu Majelis Taklim Umaira.

            “Kalau pesan katering, kita bisa tinggal pesan ingin yang seperti apa. Kita sediakan saja wadah sendiri tapi kadang dari pihak katering juga ada. Nanti kita bisa tambah sendiri misalnya untuk minumannya,” jelas Veny.

            Sementara itu untuk pemesanan, Veny memiliki kebiasaan untuk memesan lebih dari kapasitas undangan yang ada. Karena menurut Veny, tidak jarang tamu yang ada juga membawa teman atau orang lain lagi untuk turut berbuka puasa.

            Sedangkan untuk lingkungan Majelis Taklim yang anggota terdiri dari berbagai daerah di Batam, Veny dan teman-temannya memiliki kebiasaan tersendiri. “Jadi masing-masing daerah misalnya Tiban atau Nongsa, ibu-ibunya juga bawa makanan sendiri. Terserah mau bawanya apa,” cerita Veny.

            Uniknya jika para ibu ini berkumpul, makanan yang ada pun akhirnya jadi melimpah. Tak jarang menurut Veny, ia pun harus menyediakan wadah untuk para ibu-ibu tersebut yang bisa digunakan untuk membawa pulang makanan lain yang tersisa.

Berbeda lagi dengan acara berbuka puasa bersama yang dilakukan di lingkungan perumahan Duta Mas. Di perumahan tersebut, masyarakat mengikuti jadwal yang telah dibuat untuk mengirimkan makanan berbuka puasa ke masjid yang memiliki nama Amanatul Ummah. (ika)  

 

Tema Pengajian Ringan tapi Berisi

            Acara berbuka puasa bersama biasanya kerap tak lepas dengan kegiatan ceramah agama yang diberikan beberapa menit hingga satu jam sebelum acara berbuka tiba. Meski sifatnya mengisi waktu menunggu, namun ceramah yang diberikan ini pun biasanya cukup bisa mengena.

            “Kalau ceramah di pengajian Umaira sendiri biasanya memang temanya ditentukan. Temanya sih biasanya yang ringa-ringan saja tapi mengena. Misalnya bagaimana kita sebagai wanita membangun pondasi dalam rumah tangga,” ujar Veny.

            Untuk penceramah, Veny dan para anggota Umairah biasanya menggunakan langkah memanggil penceramah yang sekiranya mereka ketahui di lingkungan masing-masing. Tidak terpaku pada satu penceramah.

“Misalnya ada ibu yang bilang, itu di Bengkong ada, ya udah, itu yang kita minta sebagai penceramah. Tidak mesti siapa atau harus siapa. Terserah para ibu-ibu saja biasanya,” jelas Veny. (ika)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s