Sekolah Sambil Kerja

Manfaatkan Hobi Jadi Duit

            Siapapun orang pasti pengennya hidup kaya. Bisa punya banyak uang, bisa beli ini itu, atau sekalian bisa bagi-bagi duit? Hehe, jarang banget kali ya kalau ada yang punya banyak uang tapi mau bagi-bagi.

            Dan cara biasa serta paling cepat untuk bisa kaya kalau buat kita saat ini, tentu saja adalah dengan nebeng orangtua! Ih, kesannya kok gimana… gitu. Tapi, ya emang itulah yang selama ini biasa kita temui.

Coba amati deh diri kita sendiri atau teman-teman di sekeliling kita. Bisa beli ini itu, punya barang-barang yang serba bermerek, tapi… ternyata hasil todongan dari orangtua!

Terus gimana dong biar bisa jadi orang kaya tapi selagi muda begini? Yah, kalau sebetulnya kita mau lebih memutar otak dan lebih kreatif, banyak cara lho untuk bisa menjadi kaya selagi muda.

Tapi tentu saja, kita nggak bisa main cara cepat untuk bisa menjadi kaya. Harus ada yang namanya melewati proses kerja keras, menabung, dan juga waktu untuk menempuhnya. Bukan pakai cara instan dan cepat gitu aja!

Jadi kalau pengen kaya cepat, nyicil deh dikit demi dikit dari sekarang. Belajar deh… mulai dari pola hidup kita, cara kita membelanjakan uang, belajar untuk lebih pintar dan punya banyak kemampuan sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang syukur-syukur dapat berupa uang.

Sebetulnya jika kita memiliki anugerah otak yang encer, itu bisa juga lho menjadi sesuatu yang menghasilkan. Misalnya nih, dipakai buat ngasih les ke adek-adek kecil atau teman-temannya adek seperti aksi si Sinta, teman kita yang jadi posteral kali ini.

Tapi kalau Youngsters nggak punya otak yang encer, jangan berkecil hati… Asalkan kamu tetap menyisakan sebuah kemampuan yang potensial untuk dikembangkan dan bisa menghasilkan, just do it!

Apa saja? Misalnya nih buat Youngsters yang punya kemampuan graffity, jangan dipakai buat corat coret di tembok nganggur aja. Ikutan lomba kek, atau bisa juga lho buat usaha jasa penghiasan tembok!

Suka baca buku? Jangan sekedar baca. Coba dong belajar bikin resensi buku dan kirim ke media-media yang ada. Pokoknya nggak ada kok istilah hobi yang nggak bisa menghasilkan diut deh. Mumpung masih liburan, ayo… gali deh kemampuan dalam diri kamu! (ika)

 

Harus Siap Hidup Nggak Nyantai

            Apa gampang jadi kaya waktu muda? Yah, bisa dibilang gampang bisa, bisa dilihat susah juga lumayan. Liat aja deh artis sinetron yang sering wira wiri di tayangan infotaiment. Fuih kalau ngelihatnya, kayaknya enak banget yah hidup seperti mereka. Bisa pakai baju bagus-bagus, pegang hp merek terkenal dan terbaru, dan bisa jalan-jalan.

            Gampang ya kelihatannya? Padahal, hidup mereka nggak seenak yang kita lihat lho! Misalnya, kadang kan kita sering tuh dengar ada artis yang ya sekolah yang shooting. Belajar sampai dibela-belain di lokasi shooting. Pulang sekolah langsung shooting, pulangnya bisa malam bahkan sampai pagi. Besoknya udah harus sekolah lagi.

            Fuih gila, itu pasti capek banget! Dan bandingkan dengan diri kita yang pagi berangkat sekolah, sore pulang dan bisa main atau tidur, malam bisa lihat tivi atau nyantai ngedengerin musik, jam sembilan malam udah tidur, dan pagi berangkat sekolah lagi.

            Tuh kan, begitu tenang deh kayaknya kehidupan kita. Udah keburu capek duluan sama aktivitas sekolah saja. Nanti, coba deh lihat bagaimana aktivitas Lina dan Sinta yang jadi cover posteral Tribun kali ini. Dari pagi sampai malam, mereka bergulat dengan urusan menuntut ilmu dan kerja.

            Dan siapa bilang ketika kita udah kecapekan menuntut ilmu dan kerja kita jadinya nggak punya kehidupan lain? Ternyata terkadang masih bisa kok kita melakukan hal-hal lain yang menyenangkan.

            Melakukan hal yang menyenangkan itu tetap perlu lho! Kalau nggak, wah, bisa capek dan sumpek deh hidup kita rasanya. Sekali-sekali dan kalau ada waktu senggang, refreeshing dengan melakukan olahraga, jalan-jalan, atau membaca buku yang menghibur dan bersifat memotivasi, itu perlu lho! (ika)

 

Butuh Sikap Hidup Positif

            Sikap hidup apa aja sih yang diperlukan buat bisa bikin kita menjadi kaya? Hehe, bukannya sikap hidup pelit lho. Tapi, memang beneran lho ada beberapa sikap yang Youngsters perlukan agar bisa menjadi kaya selagi muda.

1. Smart dan Kreatif

            Meski kita nggak pintar, nggak dasarnya kaya, atau nggak cakep, asalkan kita bisa menggali kekurangan kita jadi kelebihan, itu lah yang sebetulnya dibutuhkan. Dan itu butuh yang namanya kreatif.

            Kalau kita tahu kondisi kita, kelebihan dan kekurangan, satu hal yang juga kita butuhkan selanjutnya adalah smart. Kita bisa keluar dari kekurangan yang kita miliki dan menjadikannya sebagai tantangan yang butuh penyelesaian.

2. Mau Belajar

            Jika merasa telah berhasil, jangan cepat puas deh. Mental kayak beginian ini yang malah bikin kita jadi nggak bisa-bisa maju. Meskipun sudah mendapatkan sesuatu yang menjadi target kita ataupun keinginan kita, cobalah menjadi lebih lagi.

            Caranya tentu saja dengan belajar. Tahu anak Batam yang punya segudang prestasi, Glory Rosari Oyong, meski udah pernah menang di satu bidang, dia nggak gampang puas dan terus berusaha untuk bisa berhasil di bidang lain.

3. Hemat

            Udah bisa dapat uang sendiri bukan berarti kita bisa suka-suka lho! Ingat… kita tetap butuh lho yang namanya sikap hemat dan nggak gampang cepat foya-foya. Jadi kalau sudah berhasil meraih penghasilan, coba sisihkan paling tidak 10 persen pernghasilan yang kaum dapatkan.

            Tapi hemat juga berarti pelit lho ya… Di sikap ini kita butuh yang namanya pintar untuk memilah pengeluaran, mana yang penting atau mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

4. Pantang Menyerah

            Gagal itu emang menyakitkan. Setelah kita berusaha, tapi kemudian nggak berhasil, jangan cepat putus asa deh. Coba terus… Anggap aja gagal itu kesuksesan yang tertunda. Marah kesal, capek? Boleh! Asalkan kita nggak terlalu lama terpuruk dalam rasa tersebut dan berusaha bangkit untuk mencoba cara lain yang bisa lebih berhasil. (ika)

 

Apa Saja yang Bisa Dikerjakan

            Bingung dan nggak tahu mau ngerjain sesuatu yang bisa menghasilkan? Coba cek deh beberapa hal berikut ini yang kira-kira bisa dikerjakan dan syukur-syukur menghasilkan uang.

1. Bisnis makanan

            Bisa masak dan bahkan sering dibilang oke rasa masakan kita sama teman-teman, kenapa nggak coba bisnis kecil-kecilan. Misalnya nih saat valentine, mau lebaran, atau ada teman yang mau ulangtahun, kenapa nggak kita menawarkan diri untuk membuatkan sebuah suguhan makanan yang enak.

            Yah, setidaknya belajar kecil-kecilan deh. Apalagi, bisnis makanan di Batam ini cukup lumayan menjanjikan. Amati aja, akhir-akhir ini banyak banget kan tempat makan baru yang buka dan menawarkan makanan yang selalu berbeda dari tempat-tempat sebelumnya.

2. Jadi penulis

            Bisa nulis atau doyan baca, jangan berhenti sampai di situ saja. Kembangkan deh kemampuan kamu untuk menulis dan menyalurkannya ke media-media yang ada. Misalnya cerpen. Dan pst… sedikit bocoran nih! Untuk majalah tingkat nasional dan cerpen kita bisa tembus di sana, bisa dapat Rp 200 ribu lebih lho untuk sekali terbit.

3. Be a model

            Punya tubuh jangkung, wajah cakep, coba aja jadi model. Bisa mulai dari ikutan lomba-lomba model yang ada, atau sampai ikutan agency model. Kita jadi bisa nambah pengalaman sampai nambah uang saku tuh. Kalau mau diseriusin, malah bisa jadi profesi juga kok.

4. Modifikator

            Kalau punya hobi dan bisa utak atik mesin kendaraaan motor atau mobil, bisa juga lho diobjekin. Sama teman-teman, bikin bengkel aja. Apalagi, saat ini banyak banget lho orang-orang yang lagi gila untuk kepengen memodif kendaraannya.

5. Bikin Komik

            Di Jepang, yang namanya anak-anak seusia kita udah biasa banget punya komik sendiri, diterbitkan, dan jadi kebanggaan. Kalau di Indonesia, masih sebatas novel saja ya?! Nah, kenapa nggak sekali-sekali mencoba mengajukan hasil karya kamu. Punya komik, jangan disimpan aja dong!

            Itu lima aja yang kita beberin. Padahal, masih banyak sih hal-hal yang bisa kita kembangkan untuk menghasilkan uang. Asalkan kita tahu apa kelebihan kita saja! (ika)

About these ads

9 thoughts on “Sekolah Sambil Kerja

  1. enak x yaa, bisa bayar sekolah sndiri tanpa membebani org lain terutama ortu. aku pngen nie jdi org yg bgitu…
    ada yang bisa ngasih saran ga…?

  2. mazalahnya qw bingung pa yang harus qw lakukan jika kita belum mempunyai persiapan baik modal maupun yang lain

  3. bagai mana caranya aku bisa kerja sambil sekola.agar tak membebabni ortu aku.

    beri saya peluang?…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s