Asal Usul Bahasa Mandarin

Standard

Berawal dari Bahasa Bangsa Han

            Jika waktu itu raja dari bangsa Han tidak bertemu dengan orang yang tidak mau minggir ketika ia lewat, mungkin sekarang kemanapun jika kita pergi ke Cina, kita akan kesulitan dalam berkomunikasi. Bagaimana bisa? Begini ceritanya.

            Alkisah ketika raja dari bangsa Han yang memerintah pada masa pembangunan tembok Cina sedang berjalan-jalan, ia berpapasan dengan seseorang yang duduk dan menghalangi jalannya. Meski raja tersebut sudah mengatakan maksudnya untuk lewat, namun orang itu tidak menghiraukannya.

            Orang tersebut akhirnya pergi setelah para menteri dari raja berbicara kepadanya. Tentu saja raja heran, mengapa orang tersebut hanya mau lewat usai para menterinya yang meminta.

            Jadi komunikasi raja selama ini kepada menteri-menterinya ternyata juga tidak dimengerti. Sama halnya ketika raja tersebut berbicara dengan orang yang menghalangi jalannya tadi.

            “Sejak itulah raja kemudian memutuskan untuk memberlakukan bahasa persatuan di negeri tersebut dengan bahasa bangsa Han,” terang Suki Ariono, pemilik Sekolah Pelita Budaya Bangsa saat menceritakan perihal tersebut.

Tentu saja, peraturan ini pada waktu itu menimbulkan pro dan kontra dari masyarakat Cina waktu itu. Di negeri panda tersebut, ada beberapa suku yang memiliki bahasa berbeda, Mongolia, Han Tibet, Mansuria, dan Xing Jiang. Suku Han sendiri merupakan suku yang paling besar jumlahnya.

            Namun terlepas dari itu semua, kini siapapun yang berkunjung ke Cina dan mendatangi provinsi atau daerah manapun cukup berbicara dengan bahasa mandarin saja. Bahasa persatuan inilah yang akhirnya memudahkan siapapun berkomunikasi dengan lainnya. (ika)

About these ads

2 thoughts on “Asal Usul Bahasa Mandarin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s