April Mop

Syaratnya Nggak Boleh Marah

            Eng ing eng… besok tanggal 1 April lho! Ada apaan ya? Yang jelas, memang nggak ada hari besar khusus pada esok hari. Juga… nggak ada hari spesial, kecuali untuk mereka yang memang berulang tahun, menikah, atau punya pesta apapun pada hari itu.

            Tapi, tahu sama tahu, banyak orang yang selalu ngeh kalau besok adalah waktunya April Mop, hari dimana semua orang sah-sah aja menipu yang lain. Dan aturan mainnnya, yang ketipu nggak boleh marah!

            Memang sih, di satu hari besok itu ada beberapa orang yang masih suka iseng untuk menjahili orang lain sebagai wujud aksi di haru April Mop. Cuman biarpun ada aturan yang jadi korban nggak boleh marah, tetap saja yang jadi penipunya pun nggak boleh keterlaluan.

            Misalnya nih, akibat dari tingkah usilnya bisa membuat orang lain celaka, atau membuat orang lain menjadi kesusahan. Wajarnya sih kalau mau menipu, lihat-lihat dulu korbannya. Si calon korban baiknya sih dalam keadaan nggak ada urusan, nggak sibuk, atau bisa jadi bukan tipe temperamen.

            Kan jadi kacau tuh kalau misalnya akibat keusilan kita, korban dari April Mop kita jadi kecelakaan, kerjanya jadi berantakan, atau mengalami kesulitan dalam proses kegiatannya.

Parahnya lagi kalau ternyata si korban ini adalah orang yang punya watak temperamen dan buntut-buntutnya kita jadi kena damprat habis-habisan. Atau, nggak sopan juga deh kalau misalnya April Mop ini korbannya adalah orang yang harusnya kita hormati.

Dan buat si korban ketika tahu kalau dirinya udah jadikorban April Mop, jangan langsung ngambek nggak jelas dong. Buat saja jadi bahan tertawaan karena kok bisa-bisanya kita begitu saja percaya dengan teman yang udah menipu kita. (ika)

 

Karena Telmi

            Di berbagai negara di luar negeri, tradisi dan asal muasal April Mop ternyata punya beberapa versi. Kalau yang kita serap saat ini, istilah April Mop itu berasal dari bahasa Belanda. Kalau dalam bahasa Inggrisnya sendiri, biasanya diistilahin dengan April Foll’s Day.

            Beda lagi kalau di Perancis yang punya istilah Poisson d’Avril yang artinya bukan ada hubungannya sama si Avril Lavigne lho, tetapi artinya Ikan April. Karena itulah anak-anak di negara tersebut suka membuat guntingan ikan dan ditempelkan di punggung lawannya.

            Wah, nggak beda jauh dengan di kita ya. Kalau di Indonesia, biasanya kita suka nempelin kertas bertuliskan “Aku orang gila”, atau “Pukul aku tiga kali”, pokoknya tulisan-tulisan yang bisa mempermalukan kita deh.

            Yang unik justru ada di Spanyol, karena April Mopnyadirayakan pada setiap tanggal 28 Desember yang disebut Dia de los Santos Inocentes atau artinya hari anak tak bersalah. Karena itulah di negara tersebut pernah suatu ketika di tanggal 28 Desember 1978, pemerintahnya sampai harus mengundur keluarnya UU yang baru karena takut jadi bahan tertawaan.

            Ada juga nih cerita lucu yang menceritakan muasal dari kebiasaan April Mop. Alkisah pada tahun 1564, Raja Perancis Karel IX mengadakan perubahan reformasi penanggalan, dari tanggal Rumawi menjadi tanggal Anno Domini seperti yang dipakai sekarang ini. Oleh sebab itu mereka tidak merayakan tahun baru pada tanggal 1 April lagi, melainkan pada tanggal 1 Januari.

            Nah karena pas itu belum ada TV, radio atau koran, sehingga penyebaran informasi pun sangat lambat sekali. Hal inilah yang menyebabkan banyak rakyatnya jadi telmi alias telat mikir, sehingga mereka tetap merayakan hari tahun barunya pada tanggal 1 April. Nah, mereka yang telmi inilah yang akhirnya jadi bahan tertawaan para penduduk di seluruh Perancis pada masa itu. (ika/bbs)

 

Tipuan Pohon Spageti sampai TV Canggih

            Ini dia cerita-cerita seru seputar April Mop yang ada di beberapa negara. Pernah suatu ketika di tahun 1957, TV BBC Inggris dalam programnya Panorama menayangkan berita, bahwa di masyarakat di Swiss sudah bisa panen memetik mie spageti dari pohon.

Ih, boong banget kan? Tapi biar begitu, banyak orang yang percaya lho. Buktinya setelah berita itu disiarkan, banyak masyarakat Inggris yang menelepon ke BBC dan bertanya bagaimana caranya agar bisa menanam pohon Spageti. Ya ampun… percaya banget ya?!

            Di Australia, TV Seven Network memberitakan bahwasanya para pemirsa TV saat ini nggak hanya sekedar bisa melihat tayangan gambar bunga saja di layar kacanya. Melainkan juga, sudah dapat mencium harumnya bunga tersebut. Teknik canggih ini memiliki nama Smell-o-Vision. Akibatnya, jutaan pemirsa tv setelah itu menempelkan hidungnya ke layar kaca mereka dengan harapan bisa mencium gambar bunga yang ditayangkan.

            Di Koran Bergens Titende yang ada di Norwegia, memberitakan bahwa kantor bea cukai setempat telah menyita barang selundupan berupa jutaan liter minum keras. Jikalau.minuman ini dibuang begitu saja tentu sangat disayangkan. Karena itu, minuman ini akan dibagikan kepada semua rakyatnya.

“Bagi mereka yang ingin mendapatkan miras secara gratisan, silahkan bawa botol kosong ke kantor bea cukai,” begitu isi berita di koran tersebut. Akibatnya, ribuan orang ngantri di depan kantor bea cukai setempat dengan botol kosong. Dan tentu saja, mereka semua berhasil menjadi korban penipuan yang paling sukses!

            Di Jerman, kantor telekomunikasi setempat pernah dibuat pusing karena pemberitaan tentang teroris yang telah mampu memasukan bom peledak secara digital. Rumornya, virus bom peledak itu masuk ke dalam pesawat telepon setelah si penelepon keluar kota.

Dan berdasarkan ultimatum dari sang teroris, pada pukul 18.00 sore waktu setempat bom akan meledak. Cara satu-satunya untuk memusnahkan atau melumpuhkan ledakan bom tersebut ialah dengan memasukkan telepon ke dalam ember penuh dengan air. Akibatnya ribuan telepon setempat jadi rusak, karena terendam air dalam ember. (ika/bbs)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s