Mau Kirim Tulisan Ke Media Remaja?

Majalah Gadis

-Tulisan untuk rubrik Percikan (cerpen mini) dengan panjang 2 halaman folio spasi ganda
-Tulisan untuk rubrik cerpen dengan panjang 6-7 halaman folio spasi ganda
-Kirim ke alamat Redaksi Majalah Gadis: Jl HR Rasuna Said Blok B Kav 32-33 Jakarta 12910

- Email: GADIS.Redaksi@feminagroup.com

-Tulis identitas lengkap dan nomor rekening, fotokopi halaman depan buku tabungan, serta nomor telepon yang bisa dihubungi
-Cantumkan nama rubrik di kiri atas amplop

Majalah Kawanku

-Font Time New Roman ukuran 12, double space
-Maksimal 8 halaman A4
-Kirim ke alamat email: cerpenkawanku@gmail.com, fiksi-kawanku@gramedia-majalah.com
-Cantumkan nama, nomor telepon, alamat rumah, alamat email, nama bank berikut cabang serta nomor rekening dan nama pemilik rekening

Majalah Aneka

-Cerpen maksimal 7 hlm folio spasi ganda
-Kirim ke alamat: Jl Salemba Tengah No 58 Jakarta Pusat 10440

-Email di: aneka@indosat.net.id cc ke adiba.yessgroup@yahoo.co.id

Majalah Hai

-Cerpen maksimal 7 hlm folio spasi ganda
-Kirim ke alamat: Gedung Gramedia Majalah Unit I Lt.1, Jl Panjang No 8A, Kebon Jeruk, Jakarta 11530
-Alamat email: hai_magazine@gramedia-majalah.com

Tabloid Teen

-Kirim cerpen maksimal 6 halaman

-Cantumkan nama, alamat, nomor telepon, email, dan nomor rekening bank
-Kirimke alamat Jl Guru Mughni No 2, Karet Kuningan, Jakarta 12940

Majalah Story

- panjang cerpen antara 13.000-14.000 characters with spaces

- panjang cerbung 26.000-40.000 characters with spaces

- panjang novelet 30.000-35.000 characters with spaces

- panjang kissing 4.000 characters with spaces

- panjang cerpen berbahasa Inggris 6.000 characters with spaces

- panjang cerpen anak sekolah (hanya untuk anak sekolah dengan setting tokoh dan kejadian harus sekolahmu) 6.000 characters with spaces atau sekitar 4 halaman

- Jl. Raya Kedoya Duri No. 36, Kebun Jeruk Jakarta Barat 11520. PO BOX 6148 JKB 66. No Telp: 021-58359108, 58359109, 58359112. E-mail: story_magazine@yahoo.comdengan subjeknya sesuai tema.

Tabloid Gaul

Jl. Raya Kedoya Duri No. 36, Kebun Jeruk Jakarta Barat 11520.

Olga Magazine

- kirim cerpen maksimal 4 lembar

- spasi 1,5

- alamat :Jl. Sultan Agung 63 Kav. 5, Semarang 50232

- alamat email : olga_magazine@yahoo.com

204 thoughts on “Mau Kirim Tulisan Ke Media Remaja?

  1. makasih infonya…ini berguna banget,karena aq n temen dah lama mo ngirim cerpen, pi ga tau alamat n syarat-syaratnya….makasih ya…

  2. untuk mengirim cerpendimajalah teen pa ga terlambat nie…. bls

    “Lho, ini kan untuk mengirim lepas, bukan untuk lomba yang berdeadline”

  3. aduu,, aku mau ikut ngirim .. tapii takut salah tema .

    “Kalau begitu pahami dulu saja tema setiap media yang ada, baru kirim tulisan…”

  4. wew,, mksiiih infonya..
    yang dimaksud dgn spasi ganda itu line spacing atau character spacing?
    line spacing kah?

    thnks^^

    “Pilih yang double space yah…”

  5. Thanks infonya. Kalau ukuran fontnya berapa yah?

    “di manapun standarnya 12 pakai Times New Roman. Kecuali kl buat lomba, kadang ada yg mintanya pake Arial 12″

  6. Thx banyak ya….

    soalnya aku doyan nulis cerpen & cerber tapi bingung mau dikirim kemana..
    oh ya, berhubung aku anak kost so boleh tau, biasanya tiap cerpen & cerber dapat fee berapa ya??

    “Kalo pengalaman ke majalah Kawanku dua tahun yang lalu dapatnya Rp 250 rb. Ke Aneka konon katanya Rp 300 rb-an. Kl Gadis aku kurang tahu. Nah… lumayan kan? :) Met nyoba yah…”

  7. mbak pingin tanya kalo ngirim cerpen tu biasanya kalo diterbitin dapat komisi gak?
    carana kita tau kalo cerpen kita itu udah diterbitin apa kah ntar di balas ke alamat email kitaaa?
    trus komiinya dikirim lewat ananya?
    apa sewaktu mengirimkan cerpen itu menyertakan no rek

    thanks
    “Lihat2 medianya dulu lho ya. Kalo nasional, 99 % mesti ada. Cuma… ada yang akan telp kita dan kirim majalah yang memuat cerpen kita (misal Kawanku) dan ada juga yang nggak. Karena itu kalau pas kirim cerpen, jangan pernah lupa untuk mencantumkan nomor telepon, alamat surat, dan nomor rekening sekalian. Nggak usah sungkan untuk ngasi nomor rekening, karena itu justru memudahkan pihak medianya. Good luck yah! :)

  8. hai gadiisss ada brita baru apallagi nch??

    “Ehm, Mbak… ini blognya ika maya susanti… bukan majalah Gadis… Saya kan cuma memberi info. Ehm (lagi), kapan2 kl baca blog tolong dibedain mana yang blog mana yg situs milik pihak ttu yah…”

  9. thanks bgt info ny.top bgt deh
    Oh ya ,jd kalo mau krm cerpen k majalah kawanku dikrm lewat email?n biodata ditls dmana?dibwh cerpen kita kah?thanks y ditgu blasan ny

    “Buat biodata dalam satu halaman, dalam satu file tersendiri. Attachment semua file, biodata dan cerpen, ketika dikirim via email.”

  10. oh ya.untk nulis cerpen di majalah kwanku it disertakan identitas lengkap kan?nah.aku mau tny yg lengkap it apa aj yg dicantumkan?n buat ny jd krg dr 6 hal ya?penjelasan ny krg sya mengerti.thanks ya

    “identitas lengkap itu: nama, tempat tanggal lahir, alamat, nomor telepon, nomor rekening. paling tidak tulis saja itu, nggak boleh kurang, nggak boleh lebih. karena kalau kurang, akan merugikan diri kalian sebagai si penulis, dan merepotkan pihak media yang bersangkutan. buat 6 hlm pas bisa.”

  11. wah..
    makasih ya mba ika,,kbetulan nie aq jga lgi bljr nlis,,
    pengen bngt nie ngirim cerpen..
    Mm..aku mau tanya nie,,kalo misalnya cerpen kita g diterima, ntar cerpenya dibalikin lagi g y?
    trus kira2 berapa lama ya biasanya cerpen diproses, sejak pengiriman? makasih…

    “Hehehe… kebanyakan sih enggak! Biasanya, cerpen itu diproses selama 3 bulan. Lebih dari itu, anggap saja deh cerpen kamu tidak dimuat…”

  12. mbak,mau tanya!apa semua cerita yang dikirim bakalan di muat????

    thx be4

    “Hahaha… tentu saja nggak. Dn kalau mau tahu, saya yang nulis info ini saja jarang kok dimuat cerpennya…”

  13. mbak…
    boleh nggak kita kirim cerpen kita ke 2 majalah yg berbeda???

    “Kalau bisa jeda 3 bulanan yah. Karena kalau kita mengirim ke dua media berbeda atau lebih, kemudian ternyata dimuat di dua-duanya, bisa-bisa kita kena blacklist lho!”

  14. aku udah coba kirim cerpen ke majalah teen, tapi ko gak ada konfirm apa2 si…h padahal aku gak ngirimin cuma satu cerpen aja melainkan tiga. tapi tetep aja gak ada kabar apa2…
    atau… apa mungkin cerpenku tidak layak terbit? tapi masa sih gak dikasih tahu? jadi kalo gini kan ngegantung…. kalo ada redaksi teen yang baca kiriman ini… please… cek lagi dunk e-mailnya… ada cerpen bagus buatnku loh… (hehe… narsis…)

  15. klo pnjng cerpennya ga nyampe 6 hal gmn? lagian klo d majalahnya jg ga panjang-panjang amat, ga smp 6 hal folio lah. pa da penambahan/pengurangan kata/kalimat dari redaksi, yah karyanya jadi ga orisinil donk.

    “KAlau saran saya sih lebih baik ikuti saja persyaratan yang diminta. Masalah dipotong atau tidak, pihak redaksi rata-rata tidak akan mengubah tulisan menjadi bentuk lain kok.”

  16. kalo mau kirim lamaran pekerjaan ke alamat itu ajaa kan ??
    thx

    “Ada yang sama ada yang beda. Soalnya itu yang saya tulis alamat redaksi…”

  17. aslm wr wb
    mbak, kalo mw kirim crpen tp ga punya rekening gmana?
    hehe
    ws wr wb

    “waduh, kayaknya agak repot karena sekarang sistemnya pakai transfer rekening semua. kecuali, rumahmu deket samakantor majalhnya! hehehe…”

  18. Thx infonya,mbak. Saya mau nanya..seandainya lebih dr 9100 karakter,yah..lebih dikit lah..gmna ya? Thx b4

    “kalau bisa penuhi saja deh kriteria itu dengan mengedit beberapa kata dengan kata yang efisien.”

  19. Mbak, kalo kirim cerpen.a pake nama kita truzz rekening.a pake pnya ortu gimana?

    “Kayaknya gpp kali ya…”

  20. makasih banyak atas infonya mbak! jadi kalo lebih dari 3 bulan cerpen/karya yg dikirim g dpt konfirmasi berarti g layak muat yah?
    boleh g direvisi terus dikirm ke redaksi laen? thangkyu yah mbak

    “Boleh jika seperti itu”

  21. Klo krim crpen mending lwat srat apa email? Klo email, didobel kah krimnya?

    “Lihat dl media tersebut mempersilakan dengan apa, email/surat. Kirimnya salah satu aj yah.”

  22. 6 halaman tuh maksudnya halaman apa hvs atau apa? Dan 1 halamanya bolak balik apa nggk?

    “Biasanya gunakan saja folio. Hehe, tentu saja bukan bolak balik dong…”

  23. mbak, q mo tny biasanya pengiriman honor nulis cerpen’a itu br lama sihh
    coz Q bth cpt.. pa sebaik kiriman qta nyampe honor’a langsung d transfer…
    please help me…

    “Hoho,kadang2 emang ada yg nyampe setengah bulan bahkan sebulan baru nyampe ke rekening kita lho!”

  24. wah,… makasih banget buat mbak ika. aku dah lama jg suka n seneng bkn cerpen. tp bener2 ga tau apa persyaratannya n hrs krm kemana. iseng2 liat eh.. ada info dr mbak. aku mo coba ah…
    two thumbs up deh buat info nya. tengkyuuu….

  25. mba, yg dimaksud spasi ganda itu maksudnya spasi tiap baris atw tiap kata?
    soalnya dipengaturan paragraf, yg double spacing itu buat line spacing, kalau buat spasi per kata kan bisanya manual.

    bls y..

    “Double spacing”

  26. kLo Q mau ngiRim ceRpen dLm bntuk apa???
    mksdnya, uda dketik dLm bntuk Ms Word soft copy atau uda diprint out gt??

    “lihat persyaratan dr medianya, bisa via email atau hanya lewat print cetak (via pos)”

  27. okelah, kebetulan aku hobi nulis cerpen ^^’
    tapi aku masih kelas 2 smp jadi gak punya nomor rekening ==’
    nggak dicantumin nggak apa-apa kan? kalo misal nih ya cerpen yang udah kutulis buat bulletin sekolah kukirim lagi ke media di atas bisa nggak? beda bahasa kok… (yang di bulletin pake bahasa inggris)
    cukup sekian dan terimakasih hehe…

    “Biasanya jika diterima, pihak media akan tanya nomor rekening kita. Jadi, siap2 aja nyimpen nomor rekening orangtua kalau kamu sendiri nggak punya. Urusan beda bahasa, kayaknya sih boleh2 aja…”

  28. mau tanya ne ya! kalo gak ada balesan ato apa pun berti cerpen nya gak di terima ya????? thanx be4

    “Tunggu 3 bulan biasanya…”

  29. tengkiu banged buat infonya….
    tapi kalo boleh tanya,,,,
    boleh gag ngrim lebih dari satu …. hehee ….
    tar kalo cerpen kita dimuat da konfirmasi kan?
    tengkiu ya mba

    “Kebanyakan sih dibolehin. Cuma untuk urusan konfirmasi, jarang yg akan memberitahu. Tunggu aja 3 bulan. Kalau nggak ada kabar, ya berarti nggak dimuat…”

  30. Oy mbak ika, q minta alamat situsnya majalah-majalah yg mbak tahu donk,
    trus kalo buat pemula yg brtema umum kyak prsahabtn mending coba kirim crpen kemana nih?
    Thx y

  31. salam.. apa kah kalau ngirm cerpen nama yang di cantumkan dengan nama yang di rekening harus sama? mohon dijawab yacg, thank’s.

    “Tidak harus sama. Biasanya jka dimuat, pihak media akan mengonfirmasi kok.”

  32. Makasih infonya. Aku mau tanya cra ngitung 9100 krakter gmn? Mjalah Kawanku boleh kirim cerpen lewat email kan?

    “ada kok kl di word, bagbian utk melihat space character”

  33. Salam..
    mb, kalo mjlh story? trus kalo karakternya kurang ato lebih dikit gimana?? Arigatou…

    “Kl kurang ya ditambahin, kl lebih, biasanya sih gpp! selamat mencoba…”

  34. pingin sih tapi cimuat nggak ya?

    “Coba dulu aja. Mikir dimuat apa nggak urusan belakang! Kalau nggak nyoba, mana kita tahu jadi apa?”

  35. Oy mbak dbwah cerpen dkasih nama?
    Nomor rekening nulisnya gimana?
    Pake atas nama?

    “Nama di bawah judul bisa, di bawah bisa. Nomor rekening ya tinggal ditulis aja. Atas nama sendiri bisa, orang lain (misal orang tua) jg bisa…”

  36. haturr tengkyuuu sebelumnya ,
    informasinya berguna banget .

    aku mau tanya mbak .
    ngasih kesan rewel ga sihh kalo aku tlp redaksi buat
    nanya tentang tulisan aku .

    kan aku mau tahu , tulisan aku itu layak terbit apa ga ,
    kali ajah ada majalah lain yang mau terima tulisan aku .
    hehhe

    dijawab yya mbak ikka .
    makasihh .

    “Wehehe… kyknya tunggu max 3 bln aj deh. cos kerjaan orang redaksi itu bejibun lho! Tiap hari aj bisa nerima naskah dlm jml banyak…”

  37. mbak,klo aku nya gk punya rekening gimamna?????????
    coz aku masih kecil,ortu ku juga gk punya rekening.
    gimana dunk?????????
    padahal aku udah lama pengen ngirimin Cerpen ku.
    hanya itu kendala bagi saya jika saya ingin mengapresiasikan diri lewat ngirimin cerpen tsb.
    mksih.
    lz ya…coz pwenting.

    “Silakan pakai punya ortu.”

  38. aku pernah ngirim cerpen ke majalah teen dan DIMUAT !! rasanya seneng banget..honornya juga lumayan. .mau ngirim ke majalah lain tapi nggak tau caranya. .jadi makasih banyak udah ngasih tau cara ngirim cerpen ke berbagai majalah remaja..thx banged..

  39. tHank ya.dari kmrEn q tu mw krIm cerpen ga tw gmna cranya………..sekali agy matur nuwun sangad

  40. Gracias,thanks,sukron,,,,
    atas infonya

    semoga aja ini bisa jadi awal karirku menjadi seorang penulis

    Lumayan juga buat nambah uang kuliah n bantuin ortu,,,!!!

  41. Apa bisa kirim cerpen ke gadis dialamat e-mail yg disebutkan diatas? Soalnya aku takut ngga dibaca gitu soalnya mereka cuma kasih tahu kalo ngirim cerpen ke Gadis liwat pos aja. Trus kalo di Aneka itu yg dimuat pengarang top aja yaa…soalnya aku udah kirim berkali2 ke sana ngga pernah dimuat.

  42. .aku pengen tanya dung…
    .aku kan pengen ngirim cerpen aku.. tapi takut..
    .soalnya baru pertama kali…
    .aku ragu…
    bls yah???
    .thx

  43. maaf, saya mau tanya apakah itu langsung saja kalau ingin mengirim?

    “Iya, ke alamat media masing-masing yang tertera di atas.”

  44. makasih banget ya mbak… oia,klo mo ngirim ke majalah kawanku itu harus 9100 karakter? klo kurang dari itu boleh gak?makasih…

    “Paling kayaknya boleh kurang atau lebih dikit kali ya.”

  45. saya pingin sekali mengirim semmua karya saya,tapi biasa karya saya ini berkepanjangan ceritanya,karena sifatnya nyata,jd perkembangan nya saya harus observasi dan mencari informaasi dari nara sumber.
    tolong kasih petunjuk gimana caranya biar cerita nya da kata THE END nya,
    thanx…..

  46. th’x eah infox,,
    aq dah pngen bgt krim crpen/esai ato aplah yg bsa dkrim k mjlah tpi gk tw kmna ngrimnya…
    eh tlong donk kcih tw gmna crax+ksih contohnya bkin pernyataan hhe….

  47. gini nie aku punya hoby nulis cerpen n novel,udah ada banyak tapi aku ga ngerti caranya buat terbitin atau ngirim hasil ketikan cerpen2 ku itu…mohon bantuannya ya…

  48. kalo mau kirim puisi mba? bisa ke majalah apa aja ya?
    trims sblmnya..

    “Waduh mohon maaf, saya tidak tahu info apa-apa tentang puisi.”

  49. kalo pengalaman mbak, perlu berapa kali kirim cerpen sampai benar-benar dimuat?
    pernah kirim langsung dimuat g?

  50. selain cerpen kira2 pembahasan apalagi yang diterima direksi???
    klo artikel gmana???
    tolong dibalas, thanks atas infonya….

  51. Kalo mau kirim cerpen, apa harus punya rekening? Apa tim redaksi nggak bisa kirim honornya lewat kantor pos?
    Sebelumnya terimakasih ats infonya! :-)

    “Sekarang rata-rata selalu ditanya nomor rekening. Saya belum pernah dengar yang versi kantor pos.”

  52. kaLo mau kirim ke tabLoid teen, cuma perLu kirim cerpen doang yah,,,??
    gak perLu biodata, dll,,,??
    truz, kalo tabloid gaul, gak ada alamat email nya yaa,,,??
    makasih.

    “Di mana-mana kalau yang namanya ngirim itu wajib cantumin alamat, nomor telepon, dan nomor rekening.”

  53. W dah pernah ngirim cerita, kesalah satu media tapi g ada balasan apa2 bahkan w pernah nonton film yang ceritanya persis ama cerita yg w kirim… so yang ini gimana dunks….

    “buat lagi cerita baru saja.”

  54. salam kenal mbak ikka, saya sangat berterimakasih sekali sama mbak yang udah berbagi informasinya kepada kita semua. benar-benar sangat berguna dan bermanfaat. dan setelah saya membaca ini saya langsung mengirimkan cerpen ke media. mudah-mudahan diterbitin. :D

    selalu kasih informasinya ya mbak ikka, semoga sehat selalu. amin.

  55. aku mau tanya dong, kalo misalnya cerpen kita gak di muat dikasih tau gak? soalnya aku udah kirimcerpen, tapi gak ada pemberitahuan terus, oiya, bisa ga ngirim lagi kemajalah laen, dengan cerpen yang sama? plis bales ya? pliiis..
    bales ke alamat e-mail juga gpp.
    thx

    “Rata-rata, coba tunggu dulu selama 3 bulan. Kalau nggak ada, edit lagi sedikit, terus ikrim lagi ke media lain. Hehe, tapi kalau saran saya, coba saja buat yang baru. Kalau memang suka nulis, ide untuk buat baru itu selalu ada kok! :)

  56. salam kenal yaa mbak Ikka. Aku sangat berterima kasih dengan informasinya. Sangat-sangat membantu.. =))
    Mbak aku pengen tanya nih. Kalo pengen kirim cerpen ke teen itu formatnya doble spacing juga y? Tolong di balas ya..
    thx.. =)

    “Rata-rata untuk pengiriman karya ke media memang mengunakan double space. Tapi bukan spasi yang ditekan dua kali lho yah! :D

  57. mbak ika tau email GADIS untuk kirim cerpen? saya mau kirim lewat email ajah dibanding print out :D
    thank you :D

    “Wah, dari hasil pantauan saya, Gadis dari dulu sampai sekarang masih by letter.”

  58. Aku mau nanya dong, kalau misalnya kita ngirim ke 2 media yg berbeda tpi ceritanya juga beda, itu blh enggak? Makasih :)

    “Boleh aja kl ceritanya beda medianya juga beda. yg ga boleh, ceritanya sama, medianya beda, dan ngirimnya dalam waktu bersamaan atau berdekatan.”

  59. mba maaf aku mau nanya, itu kan jumlah halaman nya berbeda2 setiap majalah. nah kan trus biodata nya kita itu kan di muat di 1 lembar yg berbeda, misalkan max cerita 7 halaman dan ditambah biodata 1 hal jadi 8 hal . atau 7 hal cerita itu udah termasuk 1 hal biodata mba? terimakasih .

    “Yg dihitung itu ceritanya. Kl profil penulis nggak dihitung.”

  60. salam knal sbelumnya.. mbk mw tanya, kalo ngirim cerpen yg temanya anak anak kirim ke mana yah?? truz alamatnya apa? mkasie sbelumnya^^

    “Lho, di blog ini sudah ada kok :)

  61. mbak, kalo kirim lewat email gimana? tinggal tulis cerpen, biodata (apa aja nih), rekeningnya (dimana?), dan langsung kirim ya? kalo keterima, ada pemberi tahuannya nggak?

    “Di judul emailnya tulis cerpen. Biodata yg diminta maksudnya nama, alamat, nomor hp, nomor rekening. Cerpen di-attachment, bukan ditaruh di badan email. Kalau keterima, biasnya ditelepon.”

  62. aqu pengen kirim puisi lewat email bs g ya ???. .
    c0z di lIat dari baKat aQu bs’y mNuLis pUisi dan mEnggambar. . .

  63. saya sudah mengirim cerpen ke majalah story..
    tapi saya takut cerpen saya tidak di terima..
    apakah semua cerpen harus di seleksi dulu?

    “iya”

  64. kalo cerpen nya udah di terima itu di terbitinnya di edisi baru atau gak…?
    da gitu dapet gak honornya langsung…..????

    “Biasanya sih dimuatnya beberapa bulan kemudian. Kalau honornya, bisa kadang turun satu bulan kemudian.”

  65. andaikan cerpen kita di muat apa ada pemberitahuan dari redaksi??

    “Kadang ada, dan kadang juga nggak ada. Tapi meski nggak ada, kalau kata beberapa teman saya, honornya tetap terkirim ke nomor rekening.”

  66. tolong berikan,
    statistik pembuatan cerpen yang terbaru, karna saya dengar. ada perubahan didalam struktur penulisannya, baik huruf dan besar hurufnya…

  67. penjelasanx sangat berguna banget buat saya,,,,,,,,,,,
    mudah2n dengan adanya info itu,, anak2 bangsa lebih berkreasi & selalu berinovasi dalam membuat karya2x,,,, agar negara ini selalu maju,,,,,,,,
    thanks~

  68. kalau mau ngirim puisi ke Kawanku ? sama aja nggak caranya ?
    makasih

    “Ini hanya khusus cerpen. Kalau puisi saya kurang tahu.”

  69. Boleh tahu nggak kriteria cerpen yang dimuat di masing-masing majalah?

    Sebelumnya, makasih infonya. Semoga mbak ika sukses selalu

    “Wah, terima kasih atas doanya. Waduh, sayangnya saya sendiri jarang diuat juga lho cerpennya. Selama ini, saya cuma modal memerhatikan saja ke setiap media.”

  70. Seandainya cerpen itu udah pernah diposting di fb/blog, apa bisa dikirim ke majalah? Atau harus didelete dulu dr fb or blog

    “Belum pernah dimuat di media itu termasuk di fb atau blog. Kalau bisa, cerpen yang udah terlanjur dimuat, diedit atau dirombak saja dulu.”

  71. mbak, kalo d kertas folio berarti di tulis tangan dong?

    “Kalau bisa diketik ya…”

  72. makasih ya atas infonya. aku kan coba… o ya mba’ ko’ kriterianya enggak di cantumin secara detail. mungkin dikasih contoh gaya bahasa tiap majalah. biar ada gambaran mbak….

    “Insy ntar deh saya lengkapi lagi isi di postingan ini. Terima kasih ya untuk masukannya. :)

  73. kalo gak punya nmer ekening n aku blum punya tbungan di bank..gmn dong ?

    “Hehehe… kalau bisa punya ya.”

  74. mau tanya mbak, klo lebih dari 7 halaman sesuai syarat yang ada ngga boleh yaa??
    trus dikirimnya langsung ke alamt nya atau email juga boleh??
    mkasiihh….

    “Usahakan pas sesuai dengan permintaan halaman atau jumlah kata-nya. Karena sebagus apapun cerpen Anda kalau tidak memenuhi kriteria itu, biasanya tetap akan disingkirkan. Untuk pengirimannya, coba cermati lagi info di atas. Kalau ada yg bisa email, ya silakan lewat email. Tapi kalau bisanya cuma lewat surat, ya kirim pakai surat. Semoga sukses :)

  75. kak,mau nanya nih.

    kan aku baru dan belum pernah ngirim ceritaku ke penerbit,aku mau nanya maksud dari spasi 1.5 itu apa.kan klo spasi 2 itu kita ketik spasinya 2x,tapi klo spasi 1.5 itu apa?

    “Waduh, kayaknya kalau saya terangin di sini agak susah nih. Coba deh tanya ke guru TIK atau orang warnet. Maaf ya, habis bingung neranginnya…”

  76. mba aku safitri,
    biasanya kalo yg diterbitin itu ssuai dgn tema majalah kan? Nah gmn caranya kita tau majalah tsb tertema apa ya?

    Thanks ya mba :)

    “Mengamati ritmenya aja.”

  77. Mba, kira – kira kita dapet konfirmasih ga sih kalau cerpen kita di muat atau tidak ?

    “Kadang iya, kadang enggak :)

  78. Mba, Mba

    Aman ga yah kalo kita ngasih rekening? hehe takutnya gitu mba, (ada pengalaman buruk sama rekening)

    Terus, kira – kira kita dapet konfirmasih ga sih kalau cerpen kita di muat atau tidak ?

    “Insy aman. Malah kalau nggak kasih, kita yg kerepotan. Ada banyak media yg suka nggak ngabarin, tp tahu2 kirim honor lho! :D

  79. wah,, aku seneng ada info bagus kayak gini, tp ogh aku juga bingung hya,,, ehmm,, soale belum pernah sama sekali ngirim ogh,, ehm, kalo tanya2 ada emailnya mbak ika gak ya,, hehe,, biar bisa buat belajar,, aku ada cerpen, tapi gak tau mesti diapain,,, hehe,, please ya mbak,, hihi

  80. mbak makasiy ya infonya..
    mau tanya,,,berapa lama ya kira2 ada konfirmasi cerita kita di muat atau enggak? karena saya kirim cerita tapi belum ada jawaban di terima atau enggak…
    makasih sebelumnya,,,jawabn di tunggu,,,^^

    “Kalau yang berlaku di media sekarang itu, kita kirim tulisan, lalu kita lupakan. Antriannya panjang banget… :D

  81. akhirnya….
    ktmu juga.
    yang ini ne yg sdang dicari”
    thanks ea…
    ne pasti b’guna bgt……..

  82. mba.. law misalnya kan aku kirim cerpen ke salah satu majalah..

    itu nnti dapet komisi gag ???

    hhhee..
    mohon dijawab..
    terima kasiih …
    “Dari media-media yang saya tulis ini, insy dapat kok :)

  83. mbak pengen nanya donk, majalah atau media apa yang nerima puisi, makasi sebelumjnya

    “Maaf, saya kurang tahu…”

  84. aku mau ngirim cerpen, tapi ke 2 majalah sekaligus bisa ga yah? nanti kalo salah satu dpt, yg lain ku batalin gtu. tks :)

    “Dari pada kena blacklist, bikin aja satu cerpen untuk satu media.”

  85. mbak. ak pengen nanya. Klo majalah gaul nggak terima email ya? Kok ak nggak liat ad email tabloid gaul ya?

    Thank youu sblmny atas info ny mbak.
    Salam kenal dan sukses slalu di dunia tulis menulis..

  86. mba…
    klu k.trangan untk tabloid gaul misal nya, ukran font, ukran kertas, dll, ada ngga??
    please, blz y mba…^_^

    “Standarnya sih pakai aja ukuran font 12 Times New Roman, ukuran kertas A4, spasi 1,5″

  87. kak , q agak bingung nih , soalnya q lom punya no rekening . kalo misalnya cerpennya atas namaku , tp nama rekeningnya atas nama mamaku gmn yah ?? makasih balesannya ..

    “Bisa. asal ditulis aja nomor rekeningnya atas nama siapa yah…”

  88. kakaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…..
    hajimemashite’an dl ya saya Alika.

    kalo kirim kirim aja boleh ga???
    saya ga punya nomor rekening.
    tp sayang banget cerita cerita saya kalo cuma busuk di dalem laptop gini aja,
    kan lebih baik orang lain baca,,
    gimana gimana??
    kl punya facebook biar aq add boleh???

    “Kalau mau jadi penulis profesional, buka nomor rekening dulu deh. Rugi kan kalau sering dimuat tapi bagian keuangannya susah ngehubungin kita karena kita nggak punya nomor rekening? Mari berpikir ke masa depan :)

  89. saya pengen kirim cerpen tapi ada hal yang tak bisa saya penuhi dari syarat yg d tentukan.yaitu diketik.btw kalau diketik pake mesin ketik bisa ga sih?.ngomong2 kalau mengirim n g punya nmr rekening g mana tuh???

    “Waduh, gimana ya, semuanya serba moderenisasi… (jadi bingung saya jawabnya) :D

  90. mbak kan ad sarat berdasarkan folio tuh, jd di tulis tangan donk? trus misalnya kita mw print out yg kita tulis ulang dari folio kan halamanya jadi beda…trus kaya apa? oh ya mbak peluang untuk dimuat itu kecil ya../

    “Hehehe, maksudnya itu folio ukuran kertas. Bukan folio bergaris. Peluang untuk dimuat ya tergantung penilaian redakturnya.”

  91. kalau cerpen kita dimuat, dapat konfirmasi melalui e-mail ga? soalnya kan susah kalau harus langganan majalahnya

    “Kadang ditelepon, kadang nggak.”

  92. Wah.. makasih banget buat blog tentang pengiriman cerpen ini! Kebeneran aku lagi nyari2x…
    Thx banget kak Ika udah mau balesin satu2x komen di atas, jadi aku jauh lebih ngerti tentang syarat dan cara-cara pengiriman. :D

    mau nanya juga nih… umur kita bakal menentukan gak sih bakal dimuat ato gaknya? kan itu majalah remaja, apa yang masih remaja lebih diproiritasin ato gak yah?

    makasih banyaak~

    “Umur nggak menentukan dimuat nggaknya kok. Goodluck ya :)”

  93. “oiya gimana cara mengecek kalau tulisan kita sudah 9100 karakter??”

    di bawah kiri ada Words: xxx(angka)/xxx(angka). Klik aja di sana… trus bakal ada banyak karakter, kata, paragraf dkk.

  94. Terima kasih ya kak, postingan nya sangat membantu :)
    Terima kasih juga sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, karena itu lebih membantu lagi :)
    Doakan saya ya hehehe sukses terus kak! :D

    “Semoga sukses :)

  95. hai… aku juga suka iseng nulis, tapi malah numpuk di folder my story ku, kalo dikirim ada untung ruginya ngga?

    “Kirim saja. Nothing to lose kok. Kalau diterbitkan ya alhamdulillah, kalau tidak bisa berarti dua. Memang kualitas tulisan kita yang kurang, atau pihak media yang tidak sejalan dengan warna tulisan kita.”

  96. assalamualaikum wr. wb,,
    sebelmby terma ksih bwt infonya,,
    tp sebelumnya asty jga pernah kirim cerpen lewt email ke majalah kawanku. asty kirim 3 cerpen ke sana. setelah asty buka email asty, ada pemberitahuan dari majlah kawanku dan 1 data yang dikembalikan. maksudnya apa ya ???
    sampai sekarang asty mash bngung.
    terma kasih,,
    wassalamualaikm wr. wb

    Wa’alaikumsalam wr wb. Coba buka dulu datanya. Biasanya, pihak media akan memberitahu secara jeals apakah cerpen kita memang diterima, diterima tapi perlu ada yang direvisi, atau tidak. Memang ada beberapa media yang bahkan ketika karya kita tidak diterima, mereka tetap mengabari kita.”

  97. mba aku mau nnya dialamat itu aku ngga isi norek, truss kalau novel kita udah tersampaikan trus udah terbit apakah kita ditelpon apa diberitahukan lewat inbox FB kita ??

    “Untuk alat komunikasi, biasanya pihak media akan menghubungi kita via nomor telepon atau email. Bukan FB :)

  98. makasih y mba atas kemurahan hatinya berbagi info ke kita..
    aku udah bnyk baca kiriman” d atas..dan aku cukup terbantu bgt..
    tp aku masih blm paham satu hal,,,
    bagaimana caranya agar kita tahu tema apa yg sedang dipakai/diterapkan di masing” media..
    apa kita harus cari di website masing” media atau bagaimana…
    terima kasih bnyk sebelumnya.. :)

    “Wah, terima kasih banyak nih karena sudah baca komentar-komentar dan jawaban-jawaban saya sebelumnya. Jadi saya nggak perlu lagi menjawab pertanyaan yang sama :D Untuk tahu tema, kita bisa dari websitenya, beli majalahnya, atau mencoba kirim. Lebih enak lagi, coba deh ikut komunitas atau menjalin komunikasi dan link dengan para penulisnya. Bisa via Fb. Dari situ, biasanya kita bisa dapat infonya. :)”

  99. kak, kalau kau mau kirim ke majalah gadis, kan harus ada identitas lengkap, identitasnya apa aja ya?

    “Yang harus tentu saja nama lengkap, alamat lengkap (karena nanti bukti majalahnya akan dikirim, nomor telepon, dan nomor rekening.”

  100. kalau g pux no. rek gmana ????

    “Usahakan ada jika memang ingin jadi penulis yang tulisannya sering terbit di media :)”

  101. Mbak, mau tanya… saya kan ngirim cerpen ke majalah sekitar tanggal 26 Juni lalu.. dan tidak ada pemberitahuan hingga sekarang.. anggaplah tidak dimuat. lalu sekarang saya mau ikutsertakan cerpen itu ke sayembara cerpen, boleh apa tidak ya?
    makasih..

    “Sebaiknya jika kirim ke media lain, edit lagi saja. Dan ada baiknya, membuat baru saja kalau itu urusannya untuk lomba.”

  102. thanks infonya
    saya mau nanya, untuk mengetahui kalo cerpennya sudah dimuat atau tidak akan dimuat itu gimana ya? apa ada pemberitahuannya?
    terus untuk pengirimannya sendiri berarti ada file biodata sama file cerpen itu sendiri dalam bentuk file ms.word bisa kan
    makasiih :)

  103. thanks infonya
    saya mau tanya kalo misalkan cerpen sudah dimuat atau gagal dimuat untuk mengetahuinya gimana? apa ada pemberitahuan nya dari redaksi?????
    makasih

    ada yang memberi tahu, ada yang nggak

  104. boleh g, ngirim cerita tanpa menyesuaikan tema???

    “Biasanya tiap majalah punya tema-tema tersendiri. Jadi kalau ingin diterima, ya lihat saja bagaimana tematik dari tiap-tiap majalah :)

  105. mbak cantiiik, itu aneka yess mintanya kan kertas folio. itu sama aja letter kalo di size word yah? terus aku baca dari info lain harus menyertakan surat pernyataan keaslian karya, itu gmn? surat penyataannya bentuknya kyak apa?
    oiya, ngirim attachment-nya jd 2 dua yah? yg satu biodata yg satu cerpennya?
    makasiih banyak infonya, good luck buat mbak ^^

    “Folio sama dengan legal kalau di word. Surat pernyataan itu buat saja kalau cerpen yang dirimu buat adalah asli dan bukan jiplakan. Kalau untuk kirim via email, bisa beda file saat di-attachment atau dimasukkan dalam satu file.”

  106. Mbk..
    Sblmny, thenx bqt dgn info di ats *bungkuk ..
    Mbk, aku msi nda ngerti..
    Q mw tny,,
    cra krim ini, gni kah,, pertama, qta ktik..ktik..di ms. Word, bis itu, qta save , trz qta bka stus yg bsa bwt krm email, cnth, Ymail, bis tuch, kta lgsg attachment file .doc it kah??
    Trz utk biodta, qta ktik di file.doc, trsendri, gtu kah??

    T0l0ng d0nk, blas ya ..
    Cz, q perlu biaya di bln februari 2012, jadi q brncna cri biaya lwt bwt crpen …
    Blas y ..
    Trma kasih .. :)

    “Iya. Ketik naskah dulu di MS Word, save. Ketik biodata di MS Word, save. Habis itu buka email, dan masukkan semua file itu dalam bentuk attachment. Jangan lupa, tulis paling tidak “Kepada Yth Redaktur …” di badan email. Semoga sukses ya ^_^ “

  107. mbak gmna kalau ke olga magazine? apa temanya bisa bebas?

    “Sayangnya saya nggak pernah kirim ke Olga. Jadi saya kurang tahu seperti apa. Cuma paling nggak, gambarannya tidak beda jauh dengan media remaja pada umumnya.”

  108. majalah GADIS gak bisa dikirim lewat email ya? :(
    btw honor majalah kawanku berapa sih? temenku ada yg nanya :P
    hehe

    “Gadis udah bisa dikirim via email. Aduh, tapi maaf, saya lupa alamatnya. Nanti saya cari dulu dan saya segera perbarui ya. Kalau honor Majalah Kawanku, denger-denger sih masih Rp 250 ribu.”

  109. saya mau tanya ? saya kan anak pelosok kampung,kalau tidak punya rekening bank terus komisinya dikirim ke alamat rumahnya apa?

    “Bisa.”

  110. Mau tnya . . .
    klou ngirim cerpen yg panjang 3-4 lmbar ke tabloid gaul bsa ngg ?

    trus cara nulis alamtnya gmn ?
    almat penerima d dpan , dan pengrim dblakang ?

    apa no hp prlu d cantumkan ?

    trimaksih sblum’y

  111. tanya donk…
    klo ngirim cm lewat email doang g apa” kan… g ush d kirim k alamat perusahaan majalah itu…
    thx

    “Lebih enak lewat email lho. Irit biaya kertas dan biaya kirim :) Kalau sudah kirim via email, nggak usah lagi kirim via surat.”

  112. hy ka ,,
    tolong bantu aku kasiih solusii dun ,,
    gmna caranya , supaya aku bisa melupakan mantan aku yang masiih bnr” aku sayank ..
    sumpah ,, aku bnr” gak kuat , nahan perasaan ini ..
    aku sakiit ka , mlihat dy bersama cwe laen ..
    aku bnr” msiih syg bngt ka sma dy …
    tolong ya ka bantu aku ..

    “Pertama, saya merasa nggak pantas berbagi saran atau pengalaman karena masalah ini tergantung pengalaman Pancasila sila ke-1 masing-masing orang (*halah!). Kedua, hiks hiks… aduh Mbak, kenapa komentarnya di halaman artikel saya yang berjudul ‘Mau Kirim Tulisan ke Media Remaja’ ya? Apa hubungannya how to kirim cerpen ke media sama masalah Mbak? Rasanya itu bukan artikel how to cara melupakan mantan deh.”

  113. kok e-mailnya banyak yang udah kadarluarsa ya…. gak bisaaa :(

    “Kira-kira email yang mana ya? Untuk Gadis dan Kawanku masih pakai yang itu kok.”

  114. aslmkum… mbk mau tnya, misalkan nma pengarangnya dbuat smaran gmna ??? soalnya sya malu klo ketauan nulis cerpen,, tlong bles y…

    “Bisa.”

  115. Alamat email tabloid gaul apa ya? Masa gk ada? Gw pingin bgt poster jumbo ny Dong hae ma siwon yg waktu foto film d Taiwan
    soal ny mw Gw bwa k Amrik. Bulan depan. DAn juga Gw pingin bhs korea, krn punya Gw hilang dulu waktu skull dulu.

  116. assalamualaikum.
    kak, cara kirim artikel remaja gimana ya caranya ?
    dan alamatnya apa? tolong dijelasin ya kak..
    makasih

    “Wa’laiakumsalam wr wb. Untuk artikel remaja, setahu saya hanya majalah Gadis yang menerima tulisan berbentuk artikel. Kalau cara kirimnya, di postingan di blog ini ada. Cuma kalau artikelnya seperti apa, ada baiknya lihat majalah Gadis langsung deh untuk tahu karakter tulisan yang diinginkan majalah tersebut. Semoga sukses ya… :)

  117. assalamualaikum, ka, maaf mau nanya.
    kalau misalkan kita udah kirim e-mailnya, nanti dikasih tau via apa kalau misalkan cerpennya udah dicetak di salah satu majalahnya?
    terus, kalau misalkan cerpen kita ditolak, ada pemberitahuan juga?
    satu lagi, tenggang waktu dari kita ngirim e-mail nyampe pemberitahuan kira-kira berapa lama?
    makasih sebelumnya ka :))

    “Yang saya pernah alami, dulu saya ditelepon majalah Kawanku ketika ada cerpen saya yang akan dimuat. Sedangkan kalau menurut seorang teman, majalah Gadis juga akan mengonfirmasi via sms jika cerpen kita akan dimuat.”

  118. bagaimana dengan caranya mengirim puisi???? makaci tas jawabannya….

    “Maaf, saya hanya tahu untuk kepenulisan cerpen saja.”

  119. Ass mbak
    Aku mau nanya double spacing maksdnya?kalo ga punya no rekening,diganti dgn alamat rumah bleh gak

  120. klo punya cerita pendek tapi cuma satu halaman aja bisa ga di kirim lewat majalah ini baru “pertama kali buat sy”

    “Jika mengirim ke media, ikuti aturan syarat-syarat di media tersebut.”

  121. Halo mbak,
    ini info-nya masi up to date dan berlaku sampai skarang yah? thanx.

    “Masih. Karena kalau ada perubahan selalu saya update di sini.”

  122. Q pengen kirim, tapi takut kirimannya kesasar, jadi plin-plan nih!
    Aku kn bru cba-cba nulis cerpen, jdi kalau paragrafna gk baku, gk apa-apa kn?

  123. Mbak , saya ini kan masih anak Smp, belum ada rekening , ortu saya jg engga ada , lalu gimana dong caranya ?

  124. hai Mbak, aku mau tanya, kalau misalnya kita mau kirim cerpen, apa ada hari Khususnya? atau bebas mau hari apa saja?
    makasi Mbak! :)

    “Kayaknya bisa hari apa aja kok.”

  125. yang dimaksud spasi ganda untuk line spacingnya atau character spacenya?

    “Maksudnya line spacing.”

Leave a Reply

