Mengelola Event Organizer

Sebelum siapapun membaca tulisan berikut ini, harap dipahami ya bahwa yang Anda baca adalah bentuknya berita dan bukan saya, ika maya susanti yang menulis blog ini sebagai pemilik EO-nya. Yang memiliki usaha EO adalah Silvia Hilda orang yang saya wawancarai. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini dan semoga tulisan berikut ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Yang Dijual Adalah Kreatifitas

Jika Anda ingin memiliki side job atau pekerjaan sampingan bahkan bisa menghasilkan pemasukan yang lumayan dan bisa dikerjakan di rumah, coba saja berkenalan dengan sebuah usaha yang biasa disebut dengan event organizer atau EO.

Dari namanya saja sudah bisa ditebak, usaha ini memang memanajeri penyelenggaraan sebuah even. Dan jika Anda memiliki banyak relasi atau kenalan, suka kegiatan yang banyak berhubungan dengan orang, serta sering memiliki ide-ide kreatif, mungkin Anda salah satunya orang yang berbakat untuk mengelelola sebuah EO.

Di Kepulauan Riau atau khususnya di Batam ini, EO baru pun makin banyak yang bermunculan dari hari ke hari. Apalagi, peluang di bidang ini begitu menjanjikan serta banyak pula yang membutuhkan jasanya.

“Saya rasa masih banyak peluangnya. Apalagi dengan adanya SEZ serta daerah kita yang menjadi gerbang pariwisata. Belum lagi masyarakat Batam ini juga tergolong konsumtif,” ujar Silvia Hilda, pemilik Silhouette Models Agency yang kini juga menggarap event organizer.

Meski masih banyakpeluang, tepat saja, untuk bisa memiliki dan mengelola EO yang dapat dipercaya terus menerus oleh klien, tentu saja ada beberapa hal yang perlu dimiliki. Dan yang utama menurut Silvi adalah kreatifitas, itulah bahan jualan dari EO.

Misalnya jika dipercaya oleh sebuah klien untuk mempromosikan produknya, maka sebuah EO harus memikirkan bagaimana mengemas acara sesuai dengan permintaan klien. Selain itu, pikirkan juga bagaimana selera pengunjung yang akan menjadi calon konsumen.

Sebuah EO juga harus berani mengajukan sebuah ide baru yang kreatif dan berbeda. Jika itu bisa diterima oleh klien serta sukses, tentunya kemungkinan besar EO ini pun akan dipercaya untuk memegang even-even berikutnya dan bahkan even dari klien baru lainnya. (ika)

Perlunya Memiliki Database

Dalam mengelola EO, memiliki database itu bisa berarti penting maknanya. Dan itulah yangditerapkan oleh Silvi dlam mengelola EO-nya. “Setidaknya kalau saya perlu memiliki database daftar peserta, sponsor, dan klien itu sendiri,” ujarnya.

Silvi memisalkan, seringnya pihak klien yang mendadak menghubunginya, maka database inilah yang menjadi andalannya. “Misalnya kalau mau mengadakan acara lomba. Terus kita baru beberapa hari saja diminta. Maka peserta dari lomba yang dulu-dulu itu yang kita hubungi. Bayangkan kalau mendadak begitu, kapan kita sempat membuka pendaftaran,” ujarnya.

Hal itu menurut Silvi bisa terjadi kesibukan dari klien sendiri praacara berlangsung. Sehingga jika nantinya Anda berkecimpung di dunia EO, jangan kaget jika tiba-tiba Anda diminta untuk membuat sebuah acara dan diminta untuk mengemasnya dalam tempo waktu hitungan hari saja.

Demikian juga pentingnya database sponsor. Terkadang pihak pemakai jasa EO juga telah memiliki sponsor-sponsor tertentu. Tapi tidak menutup kemungkinan, acara bisa makin sukses dengan kehadiran sponsor tambahan. Jika ini dimiliki, akan menjadi nilai plus bagi EO itu sendiri. (ika)

Bekerja Tim dengan Para Model

Tahun 2000, Silvia Hilda mendirikan sebuah agency model yang kemudian diberinya nama, Silhouette Models. “Awalnya diminta ngisi acara-acara. Tapi terus sekalian diminta untuk mengemas acara. Akhirnya karena kepercayaan klien yang melihat bagaimana kita mengemas ide, tahun 2001 sekalian membuat event orginizer,” jelas Silvi.

Beberapa klien pun datang dari bidang yang berbeda-beda. Mulai dari bidang properti, telekomunikasi, dipercaya untuk menggarap seminar pendidikan, even otomotif, alat-alat kesehatan, hingga klien di bidang penerbangan.

“Awalnya saya dulu waktu di Semarang memegang posisi assisten manager sebuah produk kecantikan. Peran saya juga terkadang menuntut saya untuk mempromosikan produk,. Dari situlah saya jadi mengenal bagaimana mempromosikan sesuatu lewat kegiatan,” cerita Silvi.

Wanita yang mengaku tidak ingin main-main dalam menggarap EO ini pun sampai mengikuti beberapa kursus bagaimana mengelola EO sewaktu di Jakarta. Dan ketika berada di Batam, untuk membantu kesuksesan EO-nya, Silvi juga menjalin hubungan dengan para EO lainnya.

“Jadi kalau ada acara dan saya kewalahan atau mungkin ada tawaran yang itu bukan bidang saya, saya akan hubungi rekan EO yang lain untuk membantu atau menangani,” imbuh Silvi.

Nama Silhouette sendiri akhirnya banyak dipakai oleh para kliennya berkat informasi rekomendasi dari mulut ke mulut. Rekomndasi ini pun tak hanya berasal dari klien asal Batam yang membutuhkan jasanya. Bahkan jika ada produk nasional yang ingin menyelenggarakan acara seperti dari perancang Ramli atau Rudi Hadisuwarno, mereka mempercayakan nama Silhouette untuk menggarapnya.

Sedangkan untuk menyikapi persaingan, Silvi mengaku justru tidak ingn terjebak kepada sikap menjelek-jelekkan EO lain. “Kalau kita nggak dipercaya, ya kita mesti belajar dan bukan menjelek-jelekkan EO lain,” ujarnya diplomatis.

Untuk menggarap semua itu, tentunya proses kreatiflah yang dibutuhkan untuk mengemas acara sesuai dengan permintaan. Tentunya disesuaikan juga dengan tujuan yaitu segmen yang akan dibidik.

Dalam pelaksanaannya, Silvi pun bekerja bersama timnya yang kebanyakan berasal dari para modelnya sendiri. “Mereka selain belajar modelling di sini, juga jadi bisa belajar tentang mengelelola sebuah acara. Dan mereka juga bisa mendapatkan uang kok dari kegiatan tersebut,” ujar Silvi.

Wanita asal Semarang ini pun memiliki tolak ukur kesuksesan atas kerja timnya. Jika acara yang dikemasnya banyak dikunjungi orang, acara lancar, serta dapat mencapai target yang diinginkan, maka kepuasan pun bisa diraihnya. “Puas itu apabila klien mencapai target,” imbuhnya. (ika)

Tips Jika Ingin Terjun Di Bidang EO:

Saat ditanya tentang apa saja yang bisa dijalani bagi mereka yang ingin terjun di dunia EO, Silvi memberikan beberapa tips ringkas berikut ini:

1. Miliki spesifikasi tertentu. Jika sudah ditetapkan, pelajari seluk beluknya. Di jakarta sendiri, kerap diadakan beberapa kursus singkat tentang bagaimana mengelola EO. Sedangkan di Singapura, ada sekolah khusus dengan pendidikan jurusan semacam ini.

2. Kumpulkan beberapa orang untuk membuat tim khusus. Mereka inilah nantinya yang akan mengerjakan beberapa tugas dengan bagian-bagian tersendiri.

3. Atur atau manajemeni dengan baik dan profesional.

4. Jangan takut untuk mewujudkan ide gila yang inovatif tapi bisa diterima masyarakat. Sebisa mungkin, hindari penawaran ide yang monoton. Usahakan munculkan ide tema acara yang menarik dan berbeda.

5. Tentukan segmen yang akan dibidik. Apakah masyarakat umum, ataukah kelas tertentu seperti kalangan menengah ke atas.

6. Miliki jaringan relasi sponsor. Terkadang pihak pemakai jasa EO juga telah memiliki sponsor-sponsor tertentu. Tapi tidak menutup kemungkinan, acara bisa makin sukses dengan kehadiran sponsor tambahan. Jika ini dimiliki, akan menjadi nilai plus bagi EO itu sendiri.

7. Harus bisa memanejemen emosi. Kerja EO apalagi jika makin dekat dengan hari H penyelenggaraan acara, biasanya amat rentan bersinggungan emosi antara personel EO itu sendiri. Cermati dan miliki kemampuan untuk memanajemen emosi di saat-saat seperti ini.

8. Untuk mereka yang baru terjun, utamakan kualitas dan bukan profit. Jika klien sudah membuktikan kualitas dari kerja sebuah EO, maka di kesempatan lain, EO ini pun akan digunakan lagi jasanya. Selain itu, pihak lain yang telah mendengar kelebihan EO ini pun akan bisa berkemungkinan menjadi klien baru.

9. Coba juga terjun ke kegiatan sosial. (ika)

134 thoughts on “Mengelola Event Organizer

  1. intinya pengalaman ajah.. trus aktif organisasi sudah cukup… :)

    “yup, bener banget! kalau nggak ada bakat punya hidup bersosial, emang susah ngelakuinnya. meskipun dikasih jurus tips oke manapun dan apapun…”

  2. Yeah bener bangetS….
    Ka Aq Jg Poenya EO Di MEDan, aQ Butuh bangets bantuan untuk ini…
    dan jiwa sosialisasi yang kuat saya rasa tidak cukup untuk mengembangkan EO akan tetapi Aq slalu staq klw dah buat event males untuk berfikir kedepannya..
    mohon bantuan dunk ka

    “Wah, bisa bantu apa ya? Hehehe… tulisan ini dibuat dari hasil liputan tentang berbisnis EO. Tapi Mbak, kalau masalahnya kayak begitu, mungkin Mbak harus banyak sering-sering sharing sama orang2 yang juga berkutat di bidang yang sama kali ya. Kalau di Batam sendiri yang ika perhatiin, EO di sini emang jadi bisa berkembang cepat karena emang dunia hiburan ngeprospek banget! Udah gitu saingannya banyak lagi.
    Nah, kalau dari cerita Mbak Silvi sendiri yang jadi narasumber ika, dia memang udah sebelumnya bergelut di bidang yang nggak beda jauh dengan itu. Udah gitu, ia pun punya link ke Jakarta yang bikin beliau jadi bisa sering-sering sharing ide. Ika sendiri kurang tahu nih, udah ada apa belum ya buku tentang cara mengelola EO yang bentuknya biografi dari hasil cerita kesuksesan pemilik EO.Kalau ada, patut dibaca tuh Mbak. Selain buat motivasi, kita juga jadi ngerti apa aja yang dibutuhin untuk mengembangkan EO miliki kita.”

  3. Mbak Silvi, saya baru mau terjun ke bisnis EO… Tapi banyak mendengar kabar yang buat saya takut… Katanya “jadi EO itu repot lho! pulang tengah malam ngga punya waktu untuk keluarga!” ujar salah satu teman saya… “personilnya harus professional, kalau personilnya baru belajar di bidang tertentu susah jalannya!”

    Bagaimana yah menanggapi ungkapan seperti ini? Sebenarnya apakah sponsor itu diperlukan banget untuk memulai langkah awal bisnis ini? karena sulit pasti mencarinya… Apakah 8 orang sudah cukup dalam menangani EO ini? atau malah kebanyakan?

    Trims atas waktunya…

    Thx,
    Lidanna

  4. Hehehehe… Mbak, saya bukan Mbak Silvi. Saya ika yang punya blog ini, dan emang pernah wawancara untuk nulis berita tentang EO, ya seperti yang Mbak baca ini.
    Dan buat pembaca semuanya, silakan jarpi ke saya lewat message ini juga kalau ingin kenal dengan Mbak Silvi. Maaf, tentu saja saya tidak bisa mengumbar nomor Mbak Silvi lewat pesan di blog ini. Nanti insy akan saya balas dengan mengirim nomor hp Mbak Silvi jika ingin menjalin hubungan kerjasama atau sharing ilmu.

  5. Bisnis EO sekarang ini memang lagi menjamur, sebagai side jobs, selain perlunya kreativitas, ketekunan, dan juga koneksi, tidak kalah penting juga ikut pelatihan-pelatihan mengenai Event Organizernya sebagai bekal untuk memperkaya ilmu di bidang Event Organizer. Awal – awal juga kita juga perlu bagaimana cara kita untuk mencari koneksi, gimana cara mencari sponsor untuk sebuah event, cara mengonsep sebuah event, pre-event, promosi, Proposal, dan masih banyak lagi. Sebai informasinya kalau emang butuh pelatihan, saya punya referensi tempat ya itu di The Institute by Bella Donna Group yang ada di Kebayoran baru jakarta, alamat tematnya sih di Jalan Wijaya I No. 81 Petogogan Jakarta Selatan, coba aja hubungi 021-725 9888 atau email di institute_bd@yahoo.com

  6. Pingback: Peluang Usaha Jasa “Event Organizer” (EO) | Peluang Usaha dot BIZ

  7. thx buat artikel nya….
    kebetulan aku&temen2 lagi pengen bikin EO….jadi dapat masukan lagi…
    tapi bisa kasih tau caranya kontak mba silvi ngga?
    coz banyak yang mau aku tanya2in ke dia….
    termasuk gimana caranya mempromosikan sebuah sanggar tari yang merupakan one stop creative arts…
    tolong reply ke email ku yah….
    thx a lot.

  8. EO leh jga gabungan nich???tapi gw disini bergerak dalam bidang audio visual penyewaan gitu buat acara2 pa ja?//sekalian pasang iklan klw ada yng butuh boleh calling w 08561407153.kita disini menyediakan seperti notebook,plasma,projector,screen,dll.thx atas semuanya .Deni Irawan

  9. pengen deh belajar eo blhkan bgi2 ilmunya..

    “Sayangnya saya cuma menulis aja lho kapasitasnya!”

  10. waalaah senang sekali bisa buka blok ini
    tentunya jadi tambah wawasan tentang dunia EO dan bisa banyak belajar dari Eo yang udah berpengalaman…
    mbak kalo bisa mnta e-mailnya mbak shilvi dunk..
    pengen banyak curhat neeeh..
    kalo boleh ma e-mailnya mbak ika juga deh..
    makasih
    “Waduh, sayangnya aku nggak tahu email Mbak Silvi…”

  11. Good article,
    buat kita2 yg berkecimpung di dunia event
    jadi dapat masukan berharga tentunya…
    O ya salam kenal Ika

  12. Selamat dan sukses mbak.

    Saya Retiasa, Admin Sekarmenuh Eventama. Kami adalah EO nasional yang berkantor di jakarta dan Bali.

    Kami sangat senang membaca artikel pada halaman ini. bersama ini kami berharap semoga kita bisa bekerjasama dalam me-manage event-event kita dan tentunya yang berskala MICE.

    Salam Dari Dunia EO
    Retiasa
    e/ reti@sekarmenuh.com
    m/ 08573908901
    p/ 0361 257360
    f/ 0361 257360

  13. mau join kedunia event organizer

    saya tertarik sekali bekerja dunia event organizer ini,,

    tapi sama sekali belum paham,bagaimana cara dan kriteria supaya bisa bekerja di dunia EO ini..

    mohon masukannya..

  14. Terimakasih infonya…
    Sya sgt sering ngadain kegiatan tapi tak mengunakan EO..
    kAreana pengalaman ini saya mulai memberanikan diri untuk
    bergerak di dunia eo…

    Semangat Promosindo..
    Kang AB

  15. Terimakasih artikel nya !!!!!!! saya ingin sekali berkecimpung di dunia EO. Untuk itu saya ingin mendapat banyak sekali informasi/artikel tentang EO. Mudah2 an saya bisa memulai dari hal terkecil ..dan bisa memberikan manfaat banyak kepada orang lain. (memulai usaha ini)

    Terima kasih

  16. Mbak Ika, saya sudah mulai EO beberapa kali, tetapi minat masyarakat atau segmen yang saya tuju selalu mempertimbangkan jumlah uang yang dikeluarkan. Kira-kira hal apa saja yang harus saya perhatikan untuk menentukan harga? Jawaban mbak ika akan saya jadikan sebgai dasar dan koreksi yang selama ini telah saya lakukan.

    Terima kasih

    “Sayangnya karena saya nggak tahu EO-nya apa, tempatnya di mana, segmennya apa dan siapa, saya jadi nggak bisa jawab nih. kalo mau, japri aja deh lewat email yah…”

  17. Kami disini menyediakan jasa sewa rental seperti plasma,lcd tv,projector,screen,notrbook,sound system,plasma wall,orion,dll.Untuk event apa aja seperti pameran,exhibition,seminar,weeding,training,lounching,concert,meeting,dll anda bisa pesan lewat e-mail:deni_multirental@yahoo.com.thx for all ”(^_^)”

  18. salam kenal yah saya Dodo ARTIS D’MARKET dari Jakarta.
    jika ada EO yang yg butuh artis2 dari Jakarta diantaranya;
    1. DOMINO Band
    2. SHANTY
    3. HEIKA Band
    4. DEWI SANDRA
    5. KUL-KUL Band JAZZ etnik Bali

    bisa hubungi saya di:
    021 923 816 01
    085 710 515 786
    widodoedo21@yahoo.co.id

  19. mba,q mw mnta nox mba silvi bs?
    mngkin bs brmanfaat untuk sharing pengalaman maupun ilmu.
    bs dkirim lwt email y..!

    tahx so much!

  20. hallo mba silvi…
    mba aku baru aja bergerak di bidang EO,EO aku ada nya di tangerang..
    aku pnya impian,EO aku harus jadi EO besar..
    aku mau tnya2 donk mba??
    minta nmr mba silvi bleh??

    thx ya sblumnya…

    “Mbak Mbak… yang punya blog ini bukan Mbak Silvi…”

  21. hahahahaha……….. menurutku EO itu bisnis yang luar biasa….eh salah biasa diluar dink, so…hampir seimbanglah antara stres dan Obatnya….,stres dikomplain klien stres ditagih vendor, tapi tetep bisa ngintertaint…..hahahahaha,…dasar EO ada ada aja….wes pokoke Kuncinnya adalah Fresh Idea & Keep Spirit,keep smile tak dink tak dink…maju terus EO

  22. kayaknya menarik juga terjun di dunia EO, tapi apakah EO ini cocok buat orang yang gak punya banyak chanel (kurang pergaulan/penyendiri). mohon pencerahannya!!!!

    “Mungkin bisa, tapi kalau berpartner dengan orang yang bersedia untuk menjalin banyak relasi kali ya… :)

  23. For you : Pelaku bisnis EO, ada sedikit pandangan dari aku yang jg baru sedikit berkecimpung di bidang EO. Pebisbis EO itu harus :
    1. Mampu menciptakan product Knoladge / ide kreativ atas kebutuhan yang diinginkan klien atas dasar momentum yang dapat dieksekusi dan diaplikasikan menjadi reputasi atau trac record yang baik kepada para client kita, misal masa masa bulan ramadhan s.d hari raya seperti saat ini bikin event yang bernuansa relidi Islam [ Festival Marawis, bedug, nasyid, tauziah, santunan duafa & anak yatim, Buka bersama dll ], Festifal kuliner ramadhan, Bazar ramadhan | kebutuhan lebaran, mudik bareng, pos mudik/ rest area.
    2. Memiliki jejaring yang luas / Data baze atas aspek kubutuhan dari event yang kita selenggarakan baik itu sponsor, pendukung acara/talent, peserta, venue / tempat diselenggarakan acara dan vendor property event.
    3. Trust / Kepercayaan client pada EO kita dengan catatan kita memiliki komitment kerja atau reputasi kerja yang baik sesuai spec yang disepakati bersama antara EO dan Client.

    Jadi intinya EO itu harus : Kreatif & memiliki reputasi kerja baik, jejaring luas / banyak client yang akan menimbulkan TRUST, kepercayaan pada client. Dengan kekuatan 3 pilar ini bisnis EO akan tetap eksis dan berkembang, karena tidak sedikit EO itu lahir sekali mengerjakan project clint setelah itu mati, INI AKIBAT EO tidak comitment atau tidak mampu mengaplikasikan projecnya dengan baik saat event berlangsung sehingga event itu gagal dan clint kecewa.

    mursidbudiharto@yahoo.com 021.36766337

  24. Wah…mb ika menarik bgd artikelnya, kebetulan dalam waktu dekat ini saya dan beberapa teman ingin mendirikan sebuah event organizer, untuk itu bisa nggak kalau mohon bantuannya… untuk apa saja hal2 penting yg hrs kami siapkan dan krjakan… mohon ya mb ika…

    Best Regards… Hafiez

    “Wah, sayangnya saya cuma nulis aja tuh. Tp kl mau, coba kontak Mbak Silvi yg jd naasumber saya. FB-ny ada bisa dicari dari FB saya.”

  25. boleh bgt ne infox….
    aku juga lage pengen coba bikin eo kecil2n…mw coba2 dulu…pengen tw lebih banyak nie,,,,boleh minta emailnya mba silvi ga??
    makasih…^^

  26. Kalau mau tambah ilmu tentang EO,
    ada buku berjudul
    ” EO, 7 Langkah Jitu Membangun Bisnis Event Organizer ”
    sangat komplit dan basic sekali untuk mereka yang mau memulai bisnis event organizer.
    atau kunjungi blog saya yach….

  27. Mat pg kami punya EO di FLORES yaitu YOELMAN MILLENIUM MUSIC ENTERTAIMENT.boleh dong kontak kami kalau mau pentas musik di FLORES.Kalau ada sponsor tahun ini kami undang group NERAnya gilang ramadan plus IVAN NESTORMAN VOKALIS. 081339447 365.

  28. Halo mabk kami punya EO di Lampung dan sudah berjalan agak lama dan kami bersyukur selam ngerjakain projeck kami berjalan mulus skr kami pingin share dengan temen bila ada projeck di sumatra lampung – palembang bila hub kami , tq

  29. Hmm.. mbak ika..salam kenal… kalo tidak keberatan saya sangat berharap mbak ika bs meng-add saya di Facebook dengan nama “siroka oka” mau nya buat sir oka aja eh malah terbuat begitu… hahaa,,.. ya gak pa2 lah. banyak yang saya mau sharing kan dengan mbak ika mengenai EO. mudah2an permintaan saya ini tidak terlalu berlebihan. salam dari saya (Sir oka di Tanjungpinang)

  30. gue kbtln serng ad in event jg …
    krj sama dgn brbagai macam eo ….
    yg udh gue jln’n …
    sctv karnaval , one mild , rawit nkh masal , honda j-rock , a mild rasing star etc …

    gue mau mnt mskn konsep …..
    klo ad konsep acr bg dong ……….

  31. mbak saya mau belajar EO..
    bisa nggak y kalo saya tanya2 sm mbk Sylvia Hilda nya????

    “Monggo. Lebih enaknya lagi kalau via facebook. Silakan cari lewat google dan add facebooknya. Tapi, confirm dulu kalau Anda memang ingin belajar banyak ttg EO.”

  32. Hiii Mbak….
    Aq interest banget ma ni artikel terutama bagian manajemen emosi.
    aq sempet punya masalah dengan yang satu ini, pas mo bikin event dan sudah deket dengan hari h ada salah satu anggota team yang mempunyai masalah pribadi yang ujungnya berimbas ke pekerjaan. ini sangat merepotkan karena dia meninggalkan tanggung jawab begitu saja tanpa bisa di hubungi.
    Sebaiknya solusi apa yang baik buat ngadepin hal hal sperti ini ya mbak…?

  33. key thankz asumsi yang bagus….mbak ika……??

    lam kenal wat semua pembaca…….mungkin saya orang yang baru di dunia EO, terkadang yang namaya hambatan pasti ada entah besar atau kecil, maka dari pada itu konsep yang saya bikin sering sekali mengalami hambatan, terutama instansi yang mem follow up kinerja saya…..??

    pertanyaanya : manidak lanjuti agenda diatas apakah ada pandangan terhadap instansi yang mungkin bisa dijadikan pandangan buat pembaca terutama saya. terima kasih

  34. Siang, Kak Ika..
    Thanks atas artikelny…
    Saya mau nanya, utk mengelola EO itu biasanya awal ada berapa orang?
    Harus ada spesifikasi apa aja klo mau jalanin EO?
    Mohon dibantu y… Thanks

  35. wah…walaupun saya EO baru,dengan modal percaya diri,berani tapi didasari dengan ilmu saya sampai saat ini menjalani EO alhamdullilah selalu sucses dan psonsor dengan sendirinya selalu siap menjadi sponsor saya selanjutnya .kuncinya kita jgn orientasi uang tapi gunakan peluang yang baik dengan menjaga kepercayaan kepada semua pihak yang terlibat.next peluang akan menjadi uang maka kibarkan nama EO &kwlitas kita dulu dgn baik……kita belajar dari yang kecil….saya awali dengan EO anak2 tp slalu bekerjasama dengan pt besar….oke keep up your spirit..lam kenal mila.organizer@gmail.com 021 961 088 19/ 0816-147-98-47.021 335-214-39.thanks

  36. mbak ika salam kenal..aku dari surabaya
    terima kasih atas artikel yg mbak tulis sangat membantu saya dalam memahami EO lebih lanjut..
    namun masih ada beberapa hal yg saya pertanyakan terutama dalam hal MARKETING EO
    hal hal apa saja yg diperlukan untuk menjadi marketing sebuah eo??
    bagaimana cara kita menawarkan dan me-lobby client kita dg baik??
    dan bisa sedikit menggambarkan crita dari awal sampai akhir kesuksesan sebuah event…??

    kalau tidak keberatan saya bisa minta fb anda dan mbak silvi..jadi saya bisa langsung sharing dg beliau..

    thx before…

    fb : diyu laras

  37. mba thx bgt nech…saya baru terjun di dunia eo…gmana cara membuat diri saya menjadi opptimis sebagai team

  38. helo.bagi para eo yg mw adakan event di kota medan,kami dari rmp enterprise menawarkan jasa rental soundsystem,alat band,lighting,pggung,dll.kami siap menerima segala konsultasi dan perencanaan dalam hal teknis yg berkaitan dengan jasa yg kami tawarkan.untuk kontak bsa krm surat via email lewat andi_siban@yahoo.com.terutama bagi eo pemula kami siap membantu dalam kerjasama yg saling menguntungkan.thanks..bravo eo indonesia..

  39. DECK PRODUCTION – A Brand Activator Company in Lombok
    ::Event Consultant, MICE Organizer, Event Support (Soundsystem, Lighting Decoration, Video & Photography, Man Power), Branding (ATL)..

    Salam Kenal Untuk Semua Rekan EO..

  40. bu,,, saya ingin mengetahui bagaimana tanggung jawab para pihak dalam pelaksanaan perjanjian yang dilakukan eo dengan kliennya,,
    trims

  41. aku rio eo dari jakarta..,aku ingin seperti km

    misalkan km butuh bantuan untuk event2 yg km tdk sempat tangani ,,km bisa hub saya di no
    085711520305.,.,txs atas perhatian nya.,

  42. dalam usaha EO yg saya tanyakan apa sih visi misi dari EO dan program kerjanya seperti apa?
    kalau boleh tahumetode kerja, struktur organisasi, dan produk unggulannya seperti apa???
    saya juga ingin mengetahui bagaimana tanggung jawab para pihak dalam pelaksanaan perjanjian yang dilakukan eo dengan kliennya..

    saya tunggu jwaban na lewat email ya mbak..thanks..

  43. dalam usaha EO yg saya tanyakan apa sih visi misi dari EO dan program kerjanya seperti apa?
    kalau boleh tahumetode kerja, struktur organisasi, dan produk unggulannya seperti apa???
    saya juga ingin mengetahui bagaimana tanggung jawab para pihak dalam pelaksanaan perjanjian yang dilakukan eo dengan kliennya..

    saya tunggu jwaban na lewat email ya mbak..thanks..
    email: dwisesanti@gmail.com

  44. m’bak keren banget artikelnya, aku biasa dapat job jadi Mc, spg, kemarin” aku dapat tawaran untuk mengurus beberapa acara ultah, acara dance compotition, yah cuma acara” kecil, lama” banyak teman yang tertarik hasil kerja aku. aku jadinya membuat IO, aku boleh gak belajar cara membuat IO yang baik dari m’bak tnx.

  45. assalamu;alaikum…
    bisa bantu saya tolong ya saya kirimi beberapa file tetntang EO yang sdh dijalani, kebetulan kami baru bergerak dalam bidang EO. ibarat kata usia EO kami masih prematur. terima kasih atas infonya semoga anda diberi kemudahan amin…..
    salam,
    Ekky

  46. kami baru rencana untuk terjun dibidang eo di kepri tepatnya di batam, mohon partisipasi eo besar yang ada dijakarta….

  47. Hi, Mb Ika, saya Delvi, senang sekali bisa membaca artikel yg mb berikan,
    saya sangat tertarik dg bidang EO, tapi karena kurangnya pengetahuan akan ini, mimpi saya sementara saya biarkan saja tanpa berbuat apa2.
    Saya memang lebih senang menjadi MC, kebetulan ada rekan yg kreatif dalam hal ide2 acara, dan saat ini sedang mencari cara untuk menjual ide, talenta yg dia punya.
    karena untuk langsung terjun tanpa pengalaman dan pengetahuan dan tanpa fasilitas lainnya yg mendukung gk mungkin jalan.
    apakah mb Ika bisa memberikan masukan?

    Best Regards,
    Delvi

  48. hallo….pengen berbagi ilmu mbak…aku baru bikin eo, cuma msh belum paham betul. apa kira”langkah apa yg hrs sy lakukan? tank’s sebelumnya

  49. mba,saya kpngen terjun di bidang EO ni mba,saat ini sdang merencanakan sbuah perlombaan futsal tingkat SMA sejabodetabek mba.
    pmlik tempat futsalnya ingin tmpt futsalnya lebih di kenal dan memiliki nama nantinya setelah acara ini terselenggara….mohon sarannya donk mba…
    trmksh…

  50. halo salam buat2 tmn2 smua,saya jg seorang pelaku bisnis event organizer asal jawa barat. saya sudah menjalani bidang ini selama -/+ 11 tahun. untuk tmn2 yg ingin nambah relasi di bidang event organizer, kunjungi website kami di http://www.lingkaride.com terimakasih dan sukses buat semua,cheerz…

  51. oiya…klo ada yg mau gelarin EO butuh live digital dj (menggunakan Dj controller & Laptop ) lebih praktis…
    bisa call saya neh…0813 72112813

  52. untuk teman – teman yang ingin lebih banyak belajar eo, saya yudhi megananda, professional dalam bidang eo, bersama Johannes Arifin telah menulis sebuah buku panduan yang cukup lengkap, bagaimana memulai bisnis event organizer. Buku tersebut berjudul 7 langkah jitu membangun bisnis Event Organizer, diterbitkan oleh BIP. Buku tersebut ditulis dalam bahasa yang sederhana dan mengajarkan step by step dalam memulai bisnis EO dari nol sampai berkembang. Silahkan lihat juga blog saya di http://ymegananda.blogspot.com atau http://jasaeo.com untuk pengelolaan event dan kerjasama pengorganisasian acara, atau jika anda ingin tanya jawab seputar EO, saya juga meluangkan sedikit waktu melalui email atau facebook. Semoga saya dapat menjadi teman bagi anda yang ingin belajar lebih banyak mengenai EO. Thanks Ika buat tulisan eo-nya.

  53. Pekerjaan EO itu asyik, EO bukan sembarang bisnis lho. EO itu sudah macam industri, putaran uangnya banyak, besar, dan tiada habisnya. sangat tepat kalo masuk dibisnis ini, karena bisnis yang tidak kenal lesu dan krisis.

    Justru dengan ber-networ, dengan EO daerah lain akan sangat membantu dan menjadikan pembelajaran.

    Mungkin nggak saya bisa bernetwork ke batam, saya ada juga peralatan soundsystem, music equipment, lighting effect, genset, bahkan musisi juga aga.
    Barangkali bisa di rentalkan di Batam.

    OK, selamat berbisnis, yang pentingdari sebuah bisnis EO, karena bisnis ini adalah bisnis jasa melayani adalah.
    1. Job Komitment
    2. Disiplin dan be on time
    3. Semua harus seusuai proposal, bukan disesuaikan dengan ‘membual’.
    4. Tanggung jawab
    5. Perfect dan professional
    6. Kemampuan management teamwork
    7. Modal kerja tentunya

    Selamat berbisnis, selamat memulai, dan bakati dari apa yang sudah dilakukan.

    salam sukses
    Frontline Indonesia

    Totok Frontline

  54. wah asyik juga bekerja di EO…q pengen mendalami tentang itu semua wlopun sekarang q aktif di EO jg…mohon saran2 dan kerjasamanya…..

  55. kita baru mau bwt eo mbak, skrg hny msh pny rncana, gmn ya langkah2 tuk bwt eo tersebut, kemudian apa2 prosedr yg hrs kt ikuti tuk mengukuhkan eo tersebt, tlog bnt y mbak dgn memberikan informasinya.

  56. mbak ni aku mw bkin aplikasi bwt event organizer kira2 yg berhubungan dengan itu apa yha…??
    bisa gk aplikasi perencanaan anggaran acara klien gt atw apa yha yg berhubungan…??

  57. EO adalah pekerjaan yang menantang dan menyenangkan. karena setiap individu dalam satu badan usaha harus saling bekerjasama, kreatif, menciptakan solusi bagi setiap project yang tertangani. Usaha EO akan menjadi besar bila kita didukung dan dikembang secara bersama. bagi para Usawan yang bergerak dibidang ini janganlah saling individu akan obsesi, bekerjasamalah. Pengalaman pahit dibidang ini pernah pernah terjadfi dan menjadi perpecahan bahkan menciptakan musuh baru yang besar bagi diri sendiri. nama management siap menjalin kerjasama dalam berbagai Projeck. Thx…..

  58. Saya seorang pengembang yang mempunyai banyak relasi, baik dari kalangan Banker, sesama pengembang, birokrasi, militer bahkan jaringan SPG cukup luas.. Teman2 saya banyak menyarankan saya untuk membuka usaha EO..

  59. Sukses Selalu untuk mba Silvia Hilda (Silhouette Models Agency). Mudah2an kita bisa
    bekerjasama kembali dilain waktu.. :)

    Rgds,
    Derly
    Adipro Management

  60. Pengalaman di bidang EO memang kadang menguntungkan dan kadang merugikan, memang perlu ide yang meluas untuk memikirkan konsep yang di sukai masyarakat, terkadang masyarakat berkomentar di stiap event mereka bingung, mengapa eventnya tidak sesuai dengan konsepnya, mereka mencari kepuasan dan hiburan, terkadang EO pendatang baru mereka sudah sulit mencari ide seperti apa lagi. saya pernah menjadi EO dan saya modal sendiri alhamdulilah cuma 2 kali saja yang gagal. saya mengambil konsep untuk band underground dijakarta dan saat ini banyak yang menyukai event-event yang saya buat. Misi-Visi saya membentuk EO hanya untuk menghibur masyarakat dan kepuasan sendiri. perjalanan saya menjalani kreatifitas ini kadang menyedihkan dan kadang menyenangkan. saya pernah membuat suatu event di luar kota tidak sukses dan rugi besar. tapi saya tidak putus asa untuk kegagalan ini. saya terus berusaha untuk sukses. Akhirnya dengan percaya diri event-event saya banyak di sukai orang. hampir 5000 orang yang datang di event saya. buat para EO jangan menyerah untuk menghibur masyarakat. perkuatkan lah team kalian dan jangan putus komunikasi. terima kasih maaf jika ada yang salah kata:)

  61. menarik artikelnya mba..saya juga baru mau mencoba membangun sebuah eo, artkel nya sangat membantu , salam kenal

  62. Assalammualaikum, wr,wb…Thanx teman2,,, terutama mba Ika yg sudah menulis artikelnya ( We miss U… kangen dg wartawati yg sgt ramah & murah senyum ini ), Insya Allah sharing pengalaman & pengetahuan kita terutama dg teman2 yg mencintai bidang EO bisa akan banyak bermanfaat buat kita semua.. Aamiin…YRA
    Buat Mas Derly : ditunggu kerjasama eventnya lagi ya Mas… he he he,,, ^_^
    Yang mau berteman silakan add FB saya : Silvia Hilda, klw sudah full tolong tinggalkan massage inbox, nanti Insya Allah saya yg nge-add, Have a nice day teman2…. :)

  63. saya masih kurang tahu…apa itu EO..?
    tapi melihat sekilas saya mulai tertarik..terutama pengalaman dan penghasilan yang bisa saya dapatkan didalamnya..menurut anda apa yang haru dilakukan terlebih dahulu dalam menjalankan EO ini untuk seorang amatir seperti saya?

  64. Mbak Ika, saya ini kan masih nol pengetahuan tentang even organizer, saya berencana membuat even organizer, bagaimana saya harus memulai ya mbak? ingin sekali saya belajar, kalau mbak berkenan saya ingin menjadi karyawan mabk terlebih dahulu karena kebetulan saat ini saya masih tinggal di tangerang. terimakasih sebelumnya….

  65. Event Organizer Malang,Event Organizer Jakarta,Event Organizer Surabaya,Event Organizer,Pameran,EXPO,Event Organizer Ulang Tahun,Festifal Musik, hubungi ferdi 085649842128

  66. syukur ketemu blog ini.jadi pengen ngembangin usaha jasa pelangi badut ni.
    Kedepannya pelangi badut mau jadi EO ultah yang besar seperti pesohor2 yang duluan.
    Makasif banget ni atas sharenya.

  67. artikel yg bagus…..co2k bgt buat saya yg br saja bergabung dgn teman saya yg sdh menjalani slm 2th….n skrg sy dimnt untuk mengembangkan sayap….ju2r msh berat buat sy yg baru…..ad yg tau ga dmn liat konsep2 acara yg kreatif n inovatif…utk inspirasi saya…oh yha….kl ad yg mo ngadain acara untuk daerah Sum-bar dan Pekan baru kt bs kerjasama….hub kt…..tks….

  68. dear
    kawan” setanah air perkenalkan saya kris ANGKASA 7( experiential marketing spesialist)
    dari tuban jawa timur mungkin teman ” butuh patner eo lokal kita bisa membantu semaksimalmungkin,,,,,

    thanx’s

  69. PT.Neo Trusindo Utama adalah perusahaan pendukung penyelenggaraan berbagai jenis acara dengan spesialiasi jasa penyewaan AC (pendingin ruangan) dan Tenda untuk pameran-pameran, Wedding-Birthday Party, Seminar, Ceremony, konser , dan lain-lain. Dengan Office & Workshop representatif milik sendiri serta upaya terus penambahan jumlah inventarisir AC dan Tenda yang menjadi “Core Business” kami adalah bukti nyata Neo Global terus berkembang pesat dan maju dengan sukses membangun kepercayaan sejumlah kalangan hingga merambah ke berbagai kota di Indonesia. Landasan semangat profesional di semua komponen perusahaan untuk menjadi yang terbaik adalah menu utama Neo Global. Kini, kami datang untuk mendukung apapun kebutuhan Anda, seperti: Roder/Hall Tent (tenda kapasitas besar) Transparant Tent (Tenda tranparan) Cone Tent (tenda kerucut) Air Conditioner (AC) dengan berbagai alternatif 5 PK – 10 PK Genset Multi Media RIdging ( panggung) Strive to be The Best dengan kolaborasi harga yang fleksibel adalah motto dari Neo Global. Info lebih lanjut : Malvi (0813 8747 3620 – 02192244807)

  70. Wauuuuu bermanfaat banget ^_^
    Sementara ini usaha EO kami msh tahap mencari jaringan dan klien,sementara msh solid dlm acara2 ringan semacam nikahan dan hiburan di kampung aja,hemhemhemhem baru meretas banget nih,semakin mantab mengelola EO stelah baca artikel ini.Thanks so much mbak :)

  71. mksh ats infonya…..sya udh lma di dunia eo mbak,,,cuman sya lgi rekrutmen karyawan baru.menurut mbak karyawan yang seperti apa yang harus sya ambil,,yang kreatipitas,skill tinggi atau yang biasa aktif di dunia eo

    “Sebelumnya mohon maaf, saya sendiri tidak punya EO dan tidak bergerak di dunia EO. Ini hanya tulisan hasil liputan saya dulu. Cuma kalau bisa saya memberi saran, SDM yang punya kreatifitas tinggi lebih bernilai. Urusan pengalaman, ia akan bisa seiring waktu belajar dari rekan-rekan lain di EO Anda.”

  72. aku ingin sekali bergabung di eo nya mba silvi kebetulan aku tinggal di batam, tolong boleh minta no hp nya td sy cb add fb tp sdh full n akupun pengen berguru pd beliau tolong bantu sy ya mba ika yg baik dan murah senyum.thanks

  73. boleh jugak tu apapun bentuk eo harus saling meng hargai dan kerja sama tidak saling men jelek kan satu dengan yang lain

  74. Event Organizer Wedding – Event Organizer Gathering – Event Organizer Konser – Event Organizer launching product – Event Organizer Exhibition – Event Organizer Seminar – Event Organizer Reuni – Event Organizer Festival – Event Organizer konsep – Event Organizer Road Show mall to mall. hubungi kami 083896024123

  75. makasih buat informasinya mbak…lam kenal mbak y, saya TaMMa (Sportainment Production) dari palembang,kebetulan saya punya EO juga ni, yang emang buat ngurusin sports sama entertain, kalo butuh bantuan ngadain event dipalembang, kita ready mbak, ntar tinggal contac aja di nmer 085267993397. makasih

  76. salam kenal! klo butuh EO, promo consultant, mice, artist & talent agency di batam bisa hubungi kami.. 081214107736. OPTION, a choice for ideas :)

  77. Salam kenal,, kami dari PT. Selaras. Menyediakan berbagai macam website untuk Event Organizer, Wedding Organizer, Web Admin Solution dan masih banyak lagi. silahkan hubungi kami di 085311066695. Make it Easy to Optimize Your Website

  78. blog ini sangt menarik untuk saya baca dan jdi ingn lebih tau secara detail nie
    ijin untk saya bisa sharing dengan mbak silvia
    kalau bisa kirm n0mr hp lewt email ya mbax. .

    Tanks

    wisma

  79. salam kenal mba’

    boleh donk mba’ bagi pengalaman, saya baru akan mencoba untuk meng EO i acara2 di radio di malang, Teman mempercayai sy untuk pegang EO radio di malang, mungkin teman sy melihat beberapa keberhasilan sy dalam bidang marketing dan promosi.
    apa saja yg perlu saya persiapkan secara teknis dari awal sampai menjelang hari H.

  80. Untuk mencapai tingkat tangga tertinggi yakni kesuksesan sejati di EO adalah bagaimana kita mampu membuktikan kepada dunia bahwa kita sudah melaksanakan hal-hal di bawah ini :
    1. Job Komitment
    2. Disiplin dan be on time
    3. Semua harus seusuai proposal, bukan disesuaikan dengan ‘membual’.
    4. Tanggung jawab
    5. Perfect dan professional
    6. Kemampuan management teamwork
    7. Modal kerja tentunya

  81. Bagus juga nech topiknya. Kebetulan kami juga pemain baru di EO atau Event Management. Masih perlu masukan juga. Kalau ada waktu berkunjung dan kasi saran buat kami ya. Buat Mbak Silvia Hilda dan penulisnya Mbak Ika Maya Susanti . . sama hebatnya . . . Tq for sharing. Banyak membantu nech.

  82. Sukses selalu mbak

    Saya wildan j saputra Admin dari pelangi entertainment. Kami adalah EO nasional yang berkantor di jakarta.

    Kami sangat senang membaca artikel pada halaman ini. bersama ini kami berharap semoga kita bisa bekerjasama dalam me-manage event-event kita dan tentunya yang berskala MICE.

  83. Numpang promo yang kang master.!!

    Untuk teman Event Organizer ( EO ) atau penyelenggara acara . Yang ingin membuat acara di wilayah MAKASASSAR dan sekitarnya dan membutuhkan .??

    1. Level
    2. Backdrob
    3. Rigging
    4. Sound
    5. Lighting
    6. Genset
    7. Sarnavil
    8. Brigade
    9. Kursi / semua jenis kursi
    10. Semi rigging.
    11. Boot spesial desain

    Dengan pengalaman yang sudah 12 tahun kami yakin bisa membantu teman” Event Organozer ( EO ) dalam memeriahkan acaranya . Di dukung dengan para Crew yang sudah ahli d bidangnya. Kami menjual MUTU bukan asal jadi . Bagi teman” yang serius ingin mengadakan Event di wilayah MAKASSAR dan Sekitarnya ( All Event ) bisa lansung menghubungi kami di .

    PIN BB : 73CE4D4F
    Phon : 085398898113 / 08981527902 .
    Web : ipulcreator@gmail.com

    Crew kami siap 24 jam dengan sistem roling.

    M Syaiful Anwar As

  84. Hii kawan kawan eO….
    Jika kawan eO butuh partner eO lokal jawa barat boleh contact kami di :
    081313311311
    081324400500
    Email:kent29.fuerza@gmail.com

    All konsep kita eksekusi
    Stay at Cirebon

  85. Pingback: Kisah Raden Taruhlintang Dari Cirebon Camfrog | Camfrog

Leave a Reply

