Mengajak Anak Belajar

Standard

Tetap Fun dalam Belajar

            Apa yang terbersit dalam benak Anda jika ditanya oleh anak tentang apa itu telinga dan bagaimana cara kerjanya? Jika Anda menjelaskan kepada anak tentang apa itu telinga, bagian-bagiannya, kemudian cara kerjanya, kemungkinan anak Anda akan menguap, melirik ke sana ke sini, atau menggoyang-goyangkan kaki dan benda lain karena bosan.

            “Itu wajar, karena jika anak belajar dengan gerak, mereka akan lebih konsentrasi,” ujar Weilin Han dari I Teach Education Training Centre dari Jakarta. Weilin hadir di Batam bersama dengan Ruth Solaiman yang juga berasal dari I Teach Education Training Centre.

            Dalam sebuah acara yang berlangsung di Sekolah Global Indo-Asia pada hari Selasa (15/5), Weilin dan Ruth memberikan beberapa simulasi permainan namun yang ada kaitannya dengan belajar.

            Misalnya belajar tentang pendengaran. Dengan belajar ala Weilin dan Ruth, para orangtua yang hadir dalam acara tersebut diajak untuk berperan sebagai bagian-bagian dari telinga. Mulai dari bagian telinga yang menangkap suara hingga bagian otak yang bertugas merespon suara yang didengarnya.

            Lain halnya dengan belajar tentang himpunan. Karena acara berlangsung siang hari, para orangtua diajak untuk berbaris sesuai dengan warna bajunya. Kemudian, Ruth akan meminta mereka yang berbaju hitam untuk maju ke depan dan dihitung jumlahnya. Demikian pula dengan mereka yang menggunakan jilbab. Akhirnya, diperolehlah irisan yaitu jumlah orang yang menggunakan baju hitam juga berjilbab.

            “Nah, kalau seperti itu, Anda para orangtua juga nggak ngantuk kan untuk belajar jadinya,”imbuh Ruth.

            Saran dari Ruth dan Weilin, untuk menemani anak belajar di rumah, orangtua tetap bisa kok menggunakan cara bermain. “Ya tetap fun, ya tetap belajar,” imbuh Ruth.

            Asalkan imbuh Weilin, orangtua harus mengubah dahulu paradigmanya. Orangtua perlu sadar bahwa mereka memiliki peran dalam belajar anak dan bukannya hanya menitipkan anak ke sekolah saja.”

            Demikian juga paradigma tentang cara belajar anak. Bila anak hanya belajar dari cara menghapal atau mengerjakan banyak tugas, jangan jamin anak bisa menguasai ilmu sesuai dengan harapan. (ika)

 

Orangtua pun Perlu Belajar

            Tidak hanya anak saja yang butuh belajar. Para orangtua pun masih perlu juga untuk mengembangkan kemampuannya. Apalagi yang ada kaitannya dengan kebutuhan untuk mengajari anak dalam belajar.

            “Yang pertama-tama dibutuhkan memang orangtua juga harus belajar. Baru, setelah itu orangtua mendampingi anak untuk belajar. Untuk bersama dengan anak, orangtua juga tidak ada salahnya untuk mau kotor bersama anaknya,” ujar Weilin.

            Apalagi saat ini, begitu banyak buku bacaan tentang sains yang begitu mudah dimengerti oleh anak dan orangtua. Kebanyakan, buku bacaan tersebut merupakan buku dari luar yang sudah diterjemahkan ke dlam bahasa Indonesia. Para orangtua pun bisa juga mencari bahan untuk mengajar anak melalui internet.

            “Nggak ada salahnya juga buat orangtua untuk belajar bareng dengan anak kalau menemukan sebuah pelajaran yang dirasa sulit,” imbuhnya.

            Weilin juga lantas mencontohkan sebuah iklan dimana orangtua mempersilahkan anaknya untuk bermain hingga kotor. Bahkan jika bisa, orangtua pun jangan takut untuk kotor bersama anak. “Jangan lantas marah-marah kalau anak praktek di dapur sampai dapurnya kotor dan berantakan,” imbuhnya. (ika)

 

Dimana Situs untuk Orangtua Belajar?

            Mengajari anak belajar di rumah terkadang hampir seperti mengajari anak dalam proses homeschooling. Dan berikut ini, ada beberapa situs yang bisa menjadi bahan bagi orangtua untuk mengajari anak belajar secara mudah dimengerti di rumah.

-http://www.lessonplanspage.com/

Sumber pelajaran yang dibagi berdasarkan subject seperti math, science, social studies, atau music. Setelah pilih subjek, kita pilih levelnya yaitu Kindergarden, 1st grade, dan begitu seterusnya. Lalu baru dibagi menurut sub-subjek, contohnya subjek science dibagi lagi menjadi astronomy, biology, dan lain-lain. Setiap lesson plan dengan jelas akan dijelaskan objectivenya, activitynya, atau yang lainnya. Resource ini akan mudah digunakan karena pembagiannya berdasarkan subjek dan level itu.

- http://www.thehomeschoolmom.com/schoolroom/

Di sini bisa didapatkan berbagai sumber pengajaran yang dikategorikan berdasarkan topik. Ada tentang geography, tentang negara-negara, astronomy, history, serangga atau apa saja. Begitu klik di topik yang kita inginkan, akan tersambung ke website lain yang isinya bahan pelajaran tentang topik tersebut.

-http://www.ilovethatteachingidea.com/

Berisi kumpulan ide-ide pelajaran dari guru atau bahkan untuk para ibu mengajar. Ide-idenya dibagi menurut topik subjek seperti art, science, social studies, ide untuk field trips, dan sebagainya. Setiap ide juga disertai grade, misalnya yang cocok untuk kindergarten atau grade 1. Contoh under art dalam situs ini ada tentang cara membuat vas bunga dari botol, membuat bunga dari cereal, atau yang lainnya.

- http://www.homeschoolzone.com/pp/index3.htm

Di website homeschool ini ada beberapa arts and crafts yang dibagi menurut festivities season atau masa perayaan tertentu. Bahkan, ada resep masakan yang bisa didapat dalam situs ini.

-http://www.homeschoolmath.net/

Ini merupakan resources math untuk homeschooler. Kita bisa memprint math worksheet dari sini yang kemudian didesign sendiri sesuai level anak kita.

-http://www.earthlife.net/

Website ini berisi segala hal tentang hewan (kupu-kupu, burung, ikan dan hewan bertulang belakang). Contohnya tentang jenis-jenis burung bahkan jenis-jenis dari sarang burung.  Cukup banyak tentang hewan yang bisa dipelajari dari sini.

-http://www.homeschoolfreestuff.com/

Ini tempat mendaftar untuk mendapatkan free email issue yang berisi homeschool resources tiap minggunya. Materinya memang tidak ada di sini. Tapi jika kita mendaftarkan email kita, setiap minggu kita akan dikirimi materi berupa kurikulum, worksheet, dan lain-lain. Ada pula contoh issuenya.

-http://homeschooling.gomilpitas.com/materials/Free.htm

Link ini tersambung ke banyak website-website lain yang semuanya tentang homeschool.  Ada artikel, materi, lesson plans, atau yang lainnnya.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s