Ngisi Liburan Sekolah

Standard

Jadi Petualang di Batam

            “Libur tlah tiba, libur tlah tiba. Hore, hore, hore… Hore!” Itu sih katanya Tasya. Nah Youngsters sendiri, hepi nggak? Pastinya dong! Karena liburan itu kan artinya bebas belajar, bebas sekolah, bebas kemana aja lagi.

            Jadi buat kamu yang udah kebelet pengen kemana-mana, Tribun mo kasih guide buat kamu. Eit, tapi kemana dulu nih? Mo di Batam aja? Nggak papa juga kok kalo mo jadi petualang di tanah sendiri.

            Misalnya ke mall aja bareng temen-temen, ini juga acara liburan kok. Beberapa mall juga banyak ngadain acara selama liburan ntar. Buat nggak kebingungan mau memilih mall mana yang mau dituju, rajin-rajin aja lihat koran buat tahu agenda apa sih yang dalam waktu dekat mau diadain sama mall-mall yang ada di Batam. Jadi jauh-jauh hari, Youngsters and the gank bisa nentuin mo jalan kemana.

            Bosan ke mall dan mau jalan yang ada bau-bau alamnya, bisa juga. Misalnya ke Hutan Mata Kucing, Pantai Nongsa, atau pulau dan pantai di daerah Barelang. Karena tujuannya ke alam, ada beberapa hal yang kamu pertimbangkan.

            Pertama-tama Youngsters kudu tau kondisi dari tempat yang akan dituju. Trus karena akhir-akhir ini sering hujan, jangan lupa untuk minum obat anti malaria beberapa hari sebelum berangkat. Apalagi untuk Youngsters yang mau pergi ke daerah hutan dan pantai yang ada di Barelang.

            Bawa juga perlengkapan seperti tenda atau sleeping bag buat kamu yang mau camping, jaket atau mantel, baju dari katun atau bahan yang buat kamu bergerak nyaman, syal atau topi sebo buat nahan kepala biar nggak dingin.

Perlengkapan lainnya juga perlu kamu persiapkan, kayak minyak tanah, permen karet mint untuk pengganti gosok gigi, tembakau untuk ngambil lintah dari tubuh, lotion anti nyamuk, pelembab, sun block, sampai cokelat buat ngeganjel perut sementara waktu kalo pas kepepet. P3K jangan kelupaan juga lho.

            Biar mudah bawanya, pakai aja tas ransel terutama yang khusus dipakai untuk bepergian. Eit, buat Youngsters yang benar-benar pengen backpacker, bawa kompas buat penunjuk arah ya.

            Tapi kalo Yongsters cuman jalan-jalan kayak ke Sekilak atau Marina, santai aja bawaannya. Asalkan jangan lupa untuk makan dulu sebelum beraktivitas. Buat yang pengen agak ngirit, bawa aja makanan dengan membuat dulu atau beli sebelum berangkat. Nah, selamat jadi penjelajah di Batam ya… (ika)

 

Liburan Kreatif Di Rumah

            Sebetulnya sih waktunya liburan. Tapi pernah nggak Youngsters ngalamin cekak diut dan ditinggalin temen-temen yang pergi entah kemana. Woi, dunia belum kiamat kok! Masih banyak hal yang bisa kamu lakukan di rumah. Bisa ‘dapet’ dan tetep fun kok.

            Misalnya buat kamu yang pengen memperdalam bahasa asing khususnya bahasa Inggris. Nggak perlu jauh-jauh ke negeri orang atau ngeluarin duit untuk bayar kursus. Cukup dengerin musik berbahasa asing aja.

            Begini caranya, coba Youngsters simak lagu itu dan cari tahu teks lagunya kayak gimana. Atau, cari teks lagunya seperti dari internet, kemudian Youngsters belajar deh bagaimana cara menyanyikannya yang benar.

            Cara lain untuk belajar bahasa asing adalah dengan menonton film berbahasa asing. Cuman, usahain untuk tidak membaca teksnya. Apalagi di Batam sini kita kan bisa mengakses chanel tv dari Singapura atau Malaysia, jadi, nggak ada masalah.

            Sedangkan buat kamu yang punya hobi masak, mumpung liburan nih, gunakan dong waktu kamu untuk mempraktekkan menu-menu yang ada di majalah-majalah. Syukur-syukur, kalau hasil masakan kamu bisa dijual dan menghasilkan uang. Jadi nambah uang saku kan?!

            Liburan juga bisa jadi ajang untuk melatih menulis cerpen buat kamu yang emang suka nulis. Kalau kemarin-kemarin alasannya sibuk dengan urusan sekolah, sekarang waktunya untuk bener-bener bebas mengkhayal dan menuangkannya dalam bentuk tulisan.

            Coba buat target satu minggu jadi beberapa tulisan atau syukur-syukur satu hari satu tulisan. Nah kalau kamu buntu ide, coba inget-inget pengalaman temen-temen waktu di sekolah kemarin untuk jadi bahan cerita kamu. Trus, coba kirim ke majalah anak muda yang ada. Siapa tahu tembus dan kaum dapat honor.

            Untuk memperlancar ide dan gaya tulisan, banyak-banyakin baca buku seperti teen lit atau majalah anak muda. Pelajari juga gaya tulisan mereka, seperti apa sih tulisan yang dinilai berbobot sama media itu.

            Nah, ternyata banyak banget kan hal-hal yang bisa Youngsters lakukan di rumah. Pokoknya nggak ada cerita liburan ntar jadi sunyi sepi saupi. Mulai sekarang, coba deh diinget-inget, apa sih hobi kamu selama ini yang belum terlaksana? (ika)

 

Berkemah Sambil Ibadah

            Kalo Youngsters termasuk anak muda yang pengen ‘dapet’ setelah liburan, ikutan aja di Super Camp yang diadain sama Iqro’ Club. Kegiatan yang rencananya akan diadain pada tanggal 7 dan 9 Juli ini ditujukan buat kamu yang sekarang lagi duduk di tingkat SMA atau SMK.

            “Rencananya akan diadakan kalau nggak di Bumi Perkemahan Raja Ali Haji atau di Hutan Mata Kucing,” ujar Puput Adi Saputro, Direktur Iqro’ Club Batam.

            Di sini, para Youngsters bisa ikutan acara kemping dengan nuansa rukhiyah sehingga menyentuh jasad baik fisik dan rohani. Dengan pendekatan kepada alam untuk lebih mengenal Tuhan, para Youngsters bisa ikutan aneka game juga lho.

            Karena ini diikutin oleh anak-anak SMA atau SMK dari berbagai sekolah, kalian para Youngsters juga bisa mendapat temen-temen baru lho. Nah dijamin, banyak dapetnya deh ikutan acara ini… (ika)

 

Dari Sains Sampe yang Fun

            Nah, kalau yang ini emang diadain sama sekolahnya sendiri. Tapi bukan berarti acara ini kudu bersifat wajib dan ngebosenin kok. Tengok aja acara liburan yang diadain sama SMK Permata Harapan (PH). Mereka ngadain Science Camp, lho.

Ih, kebayang ngeboringin nggak sih! Nggak lah, karena kata Pak Gatot Dwi Arga, Kepala Sekolah SMK PH, acara ini asik karena ngajak siswanya untuk berkemah ke Pulau Sambu.

“Anak-anak nanti diajak untuk melihat tumbuhan yang ada di Batam kayak apa sih. Trus mereka juga nanti diajak untuk ngamatin hutan mangrove, kadar PH air, atau tingkat kejernihan air di sana.”

Wow, kayak ilmuan dadakan gitu ya?! Kegiatan yang diadain tiga hari dua malam pada awal Juli ini nantinya bisa diikutin sama anak-anak di science club yang ada di sekolah itu.

Sedangkan kalau SMA Kartini punya acara namanya Fun Day. Acara yang akan diadakan di Palm Spring pada tanggal 24 Juni ini bener-bener ditujukan untuk fun deh. Mereka yang wajib ikut adalah anak-anak dari kelas satu dan dua.

Tapi biar katanya wajib, siapa sih yang nggak mau seneng ikutan acara kayak beginian. Simak aja apa katanya Bu Retno Winaryanti K, Kepala Sekolah SMA Kartini. “Biar anak-anak refresh. Di sana pihak Palm Spring menyediakan permainan laut kayak banana atau gepuk bantal buat anak-anak. Pokoknya sampai mereka nggak mampu lagi deh.” Tuh, kepengen kan?!

So, buat kamu-kamu yang belum punya kegiatan di sekolahnya untuk liburan ntar, usulin aja acara yang juga sama serunya kayak dua sekolah tadi. Ditanggung, liburan kamu jadi warna warni deh. (ika)

About these ads

2 thoughts on “Ngisi Liburan Sekolah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s