Rahasia Agar Cepat Kaya

Standard


Oleh: Ika Maya Susanti

 

            Ini adalah sebuah cerita yang terjadi di sebuah dunia lain yang tak satupun manusia bumi mengenalnya. Begini ceritanya… Ada sebuah peraturan tidak tertulis yang bahkan psst… ini jadi rahasia di kota Brokonich tempatku tinggal. Menurut ibuku, siapapun penyihir di kotaku pasti tidak akan bisa membuat seseorang bahkan dirinya sendiri untuk menjadi miskin atau kaya.

Barang siapa yang sudah menemukan rahasia tersebut, tentunya ia akan menjadi kaya. Dan kalau sudah kaya, siapapun akan tutup mulut untuk mengatakan rahasia di balik itu.

Apa rahasianya? Ibuku masih tidak kunjung mengatakan hal tersebut kepadaku. Yah, siapa sih yang mau jadi miskin karena melanggar peraturan tersebut?!

Sampai suatu ketika tanpa aku sengaja, aku berhasil menemukan sebuah sihir yang mampu menghasilkan begitu banyak lembaran uang. “Cling cling tung, tung tung cling,” begitu bunyi mantra hasil ciptaanku. Sekejap saja, berpuluh kotak uang berwarna emas, demikian bentuk uang di kotaku itu, bisa ada dalam kantong-kantong bajuku.

Tentu saja aku kegirangan waktu menemukan mantra tersebut. Uangnya pun asli lho! Tidak hanya itu, rasanya aku langsung merasa seperti menjadi penyihir hebat yang sangat sakti karena bisa menemukan rahasia bagaimana menghasilkan uang. Tapi sewaktu aku akan membelikan permen Peri Manis kesukaanku, tiba-tiba ibu sudah ada di depanku dan merampas uang-uang tersebut.

Wush… “Hentikan Trina!” teriak ibu mengejutkanku.

Tentu saja aku kesal. Tapi sepertinya ibu tahu kalau aku akan kembali menggunakan mantra tersebut sehingga ia kemudian berkata, “Kau tahu, mantra itu memang selalu akan ditemukan oleh anak penyihir manapun yang sedang berusia 10 tahun. Tapi sebelum kau mengalami malu, aku beritahu bahwsanya uang itu akan langsung hilang di genggaman si penjual ketika dipakai membayar apapun yang telah kau beli. Dan kau tahu bukan apa akibatnya?”

Mataku mengerjap-kerjap keheranan. “Benarkah apa yang ibu katakan?” aku masih tidak percaya.

“Pernahkah ibu berkata bohong kepadamu? Kalau tak percaya, coba saja kau langgar apa yang telah ibu peringatkan!” seru Ibu.

Aku pun kemudian terdiam. Ibu lalu merangkul tubuhku dan mengajakku duduk. “Hmm, kau pasti selalu penasaran pada rahasia apa yang bisa menyebabkan orang menjadi kaya bukan?” tanya ibuku yang merupakan ibu ratu sihir di kotaku.

Aku mengangguk.

“Yah, mungkin sudah saatnya kau mengetahui rahasia yang satu ini. Sebetulnya kejadian ini terjadi karena dahulu kala di kota kita banyak penyihir kaya yang pelit untuk membagi hartanya kepada penyihir miskin. Apakagi di kota kita sudah menjadi rahasia umum dan bahkan aturan tidak tertulis kalau tidak ada satupun penyihir yang bisa membuat dirinya kaya atau miskin. Kau tentunya sudah tahu bukan rahasia tersebut?”

Aku mengangguk lagi. “Lalu bagaimana rahasia menjadi kaya itu tercipta Bu?”

“Begini ceritanya. Dahulu, tiba-tiba pada suatu malam kakek moyangmu yang sedang memerintah kota kita bermimpi menemukan sebuah surat dan berisi ancaman bagi seluruh penduduk kota. Isinya, barangsiapa orang kaya dan masih terus menerus bersikap pelit maka keesokan harinya akan langsung jatuh miskin. Begitu pesan dari mimpi tersebut,” cerita Ibu.

“Lho, tapi bagaimana bisa hanya kakek yang mendapat mimpi tersebut?  Lagipula kenapa itu kemudian jadi rahasia?” aku makin penasaran dengan cerita Ibu.

“Dua hari kemudian setelah kakek mendapatkan mimpi tersebut, kota Brokonich memang telah berubah. Konon kata kakek, sebetulnya mimpi tersebut datang kepada setiap orang kaya yang tinggal di kota kita. Tapi, tidak semua orang kaya percaya peringatan tersebut. Sedangkan bagi mereka yang telah melakukan apa yang dianjurkan oleh mimpinya kemudian mengatakan kepada orang lain, ia justru ikut-ikutan jatuh miskin. Yah, mungkin artinya, kenapa sih perbuatan baik sampai harus diumumkan kepada orang lain. Makanya, mimpi itu kemudian jadi rahasia.”

Aku mengangguk-anggukan kepada sambil mengingat-ingat apa yang telah dipesankan ibu kepadaku. Tapi tiba-tiba aku terkejut begitu sadar akan sesuatu. “Oh tidak! Ibu sudah melanggar peraturan itu!” pekikku.

Di luar dugaan ibuku ternyata malah tersenyum dan lantas menggeleng. “Tidak akan Trina. Kau mau tahu jawabannya? Karena ibu mengatakan hal tersebut agar kau bisa belajar dari rahasia itu. Jika kita bersikap dermawan, ikhlas, dan percaya akan perbuatan baik yang kita lakukan, pasti kebaikan kita juga akan dibalas baik. Coba kau camkan itu baik-baik. Ibu tidak takut menjadi miskin. Ibu tahu, jika ibu mengatakan hal tersebut dengan tujuan agar anak ibu bisa menjadi anak yang baik, maka ibu tidak akan menjadi miskin,” ujar ibu.

Sejak itu aku mencoba menjalankan apa yang dikatakan ibu kepada ku. Dan ternyata betul apa yang ibu katakan. Hingga umurku sekarang yang sudah menginjak 17 tahun, aku menjadi penyihir yang tidak hanya kaya akan tetapi beruntung karena sering mendapat pertolongan dari penyihir lain. Hmm, mau ikut-ikutan mencoba rahasia kotaku yang satu itu?

5 thoughts on “Rahasia Agar Cepat Kaya

  1. beneran gan ceritanya …
    ane gak percaya dah gan ???
    agan pati ngarang nih ceritanya ya ???
    ngaku ??

    “Enaknya ngaku nggak ya? :D Ehm, btw, sudah baca belum label tulisan ini apa? CERPEN ANAK!”

  2. ANDI

    ceritanya bgus n kyaknya bs diprcya,tp kta sll berbuat baik tp hsilnya sama aja.klo mang btol2 tau rahasianya br cpt kaya,bgi tau sya donk,tk tggu lhooo..

Leave a Reply

