3G XL

Bisa Video Call ke Singapura

            Pernah nggak sih Yongsters titip beliin sesuatu ke teman atau sodara pas mereka ke Singapura? Atau malah dititipin sebaliknya? Nah yang bisa jadi ngebetein, kadang barang titipan kita atau orang yang nitip ke kita itu, nggak cocok! Waduh, berabe kan jadinya!!!

            Tapi kalau sekarang, kalau Youngsters pakai teknologi yang namanya 3G, masalah kayak begituan udah nggak zamannya lagi. Penasaran kan, wah, seperti apa sih hebatnya 3G kok sampai bisa ngebantu kita sama hal-hal kayak begituan?

            Teknologi 3G ini memungkinkan kita untuk mengadakan hubungan telepon yang ada plusnya lho. Maksudnya, kita nggak hanya cuma bisa ngedengerin suara orang yang telepon kita. Tapi, kita juga bisa ngelihat dia lagi ngapain atau dimana.

            “Video call emang jadi layanan yang paling mengena kalau untuk anak muda. Kita jadi bisa melihat apa yang sedang dilakukan sama orang yang lagi kita telepon. Termasuk membantu komunikasi langsung untuk menunjukkan barang, lho,” ujar Mas Erlangga Eka Putra, Customer Relation Coordinator XL Center Batam-Bintan.

            Tapi, teknologi 3G ini hanya bisa pada Hp-hp tertentu saja, nggak semua Hp. Mahal? Nggak kok. Malah kata Mas Angga, kita udah bisa menikmati teknologi 3G dengan Hp yang harganya Rp 1,3 juta kok.

            Buat kita yang pakai XL, sebetulnya udah langsung otomatis bisa menikmati layanan XL. Tinggal atur settingnya di Hp kita aja. Misalnya nih untuk Hp Nokia, kita tinggal buka di Setting, tekan Configuration atau di Phone. Kalau ada kesulitan, hubungi saja XL Center yang ada di Komplek Raflesia Blok B No 8-9, Batam Center. Atau, kita bisa juga kok kirim sms ke nomor 9667 dengan ketik GPRS [spasi] tipe Hp [spasi] ketik seri Hp.

            Selain di Batam, layanan 3G ini bisa kita dapatkan juga di Lagoi Bintan, dan kota lain di Indonesia kayak Jakarta, Bandung, Medan, Denpasar, Surabaya, dan Jogja. Karena XL juga bisa dipakai ke Singapura, kita pun bisa juga pakai layanan 3G ini di sana.

            Nah, udah ngerti kan maksudnya kan kenapa kita kok bisa pakai teknologi 3G untuk urusan yang kayak begituan. Jadi kalau kita atau orang lain ke Singapura, terus mau titip barang-barang tertentu buat dibeliin, jangan lupakan si 3G ini ya.

            Asyiknya nih, sampai 22 November nanti, kita bisa memakai teknologi ini gratis sampai enam menit pertama. Tapi kalau udah lewat dari enam menit, kita akan kena tarif 50 persen dari tarif bicara reguler, tergantung kita pakainya apa, Bebas atau Xplor. (ika)

 

Lihat dan Simpan Tayangan Acara TV

            Selain bisa pakai 3G untuk video call, teknologi ini juga bisa dipakai untuk ngelihat acara tv atau yang biasa disebut dengan mobile tv. Kita bisa melihat acara tv secara langsung maupun nggak langsung. Misalnya lihat acara SCTV.

            Tadi kan udah dibilangin, kita bisa ngelihat acara TV baik langsung atau nggak langsung. Nah, yang nggak langsung ini mungkin Youngsters heran, maksudnya apa ya? “Kita bisa menstreaming acara tv yang ingin kita nonton tapi nanti. Misalnya nih ingin nonton acara Liputan 6, tapi nggak sekarang. Nah, kita bisa simpan dulu di dalam Hp kita,” kata Mas Angga.

            Caranya kayak gini nih, kita masuk ke WAP Xl yang alamatnya ada di www.xl.co.id. Pilih mobile TV yang kita inginkan. Pilih acara yang mau kita streaming. Misalnya nih, ingin melihat Liputan 6 yang tayang jam 12 siang. Terus, pilih download atau tonton langsung. Nah kalau download, pilih akan ditaruh di folder mana acara Tv tersebut.

Kalau kemudian kita ingin nonton acara tersebut, tinggal masuk saja ke galeri atau folder yang udah kita pilih untuk meletakkan acara download kita tadi. Gampang kan caranya. Jadi nggak zamannya lagi kan ngendonin tv dengan duduk diam di depan tv, sambil jalan-jalan juga bisa kok. Udah gitu, kalau kita browsing atau streamingnya lewat WAP-nya XL, untuk sementara ini kita nggak kena biaya kok.

Oh iya, browsing dan segala macam urusan ber-internet-ria via Hp dengan teknologi 3G ini juga bisa dilakukan. Kalau via WAP XL, kita nggak akan dikenai biaya. Tapi kalau membuka email, browsing walpaper atau ringtone, atau buka situs-situs lainnya, baru deh kita nanti kena biaya atau tarif. (ika)

 

Nggak Perlu Hotspot atau Warnet

            Buat Youngsters yang internet mania, mungkin addicted banget kali ya sama yang namanya teknologi satu itu. Browsing, surfing, sampai ngecek email, pokoknya sebentar-sebentar ngebukain internet.

            Buat para technomania, yang identik sama yang namanya gadget-gadget canggih, pastinya bisa ngerasa beruntung banget lho dengan adanya teknologi 3G dari XL. Soalnya, Youngsters jadi nggak perlu lagi repot-repot lari ke warnet atau ngebuka laptop di tempat yang ada hotspotnya lagi demi membuka internet.

            “Lewat data card yang terintegrasi dengan sim card, kita bisa menjadikannya sim card ini sebagai modem. Yang diperlukan paling-paling data kabel. Nanti PC Suite bisa membaca apa yang ada di Hp dan laptop,” jelas Mas Angga.

Kalau proses perhitungan tarifnya tentu saja nantinya seperti kalau kita menggunakan fasilitas internet dalam Hp dengan teknologi 3G. Cuma kelebihan dari cara ini adalah kita bisa bekerja dengan menggabungkan data di komputer kita dengan di internet via teknologi 3G. (ika)

 

Bisa Ganti Sim Cardnya

            Youngsters ngerasa punya teman bejibun yang nomornya harus disimpan dalam Hp? Atau, punya sms-sms lucu dari teman atau sms romantis penuh kenangan dari pacar yang sayang kalau dihapus? Hmm, ini tanda-tandanya kalau Youngsters butuh kartu baru yang kapasitasnya lebih gede lagi.

            “Kalau sim card yang biasa atau yang disebut XL Live kan kapasitasnya 32 Kb. Sebetulnya itu sudah bisa. Tapi kapasitasnya untuk nomor telepon hanya 250 sedangkan kapasitas penyimpanan untuk sms hanya 40. Tapi kalau yang 128 Kb kapasitasnya lebih banyak,” kata Mas Angga.

            Dengan kapasitas 128 Kb atau yang punya nama Live In Hand ini, kita jadi punya kapasitas jumlah nomor telepon dan sms lebih banyak lho. Bayangin aja, untuk kapasitas nomor telepon bisa 600 sedangkan untuk sms inboxnya bisa 60. Dan jangan khawatir, kapasitas ini udah plus 3G juga kok.

            Tapi ngomong-ngomong, Youngsters udah tahu belum ya manfaat dari XL Live atau Live In Hand ini? Dua-duanya sebetulnya punya manfaat plus buat Youngsters lho. Kita jadi bisa melakukan M-Banking seperti transfer uang, bayar tagihan, sampai cek saldo. Selain itu, kita juga bisa download ringtone dan walpaper nih. (ika)

 

About these ads

2 thoughts on “3G XL

  1. Apa iya xl bisa digunakan di singapura?kok saya malah kena roaming sms sekali saja kena rp. 4rb dan ini mahal sekali, apa ada settingan nya agar xl bisa digunakan di singapura?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s