Waspadai Tahi Lalat yang Gatal, Kanker Kulit

Tulisan yang Anda baca berikut ini adalah sebuah berita. Jadi, bukan saya penulis blog ini yang jadi dokternya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Kebanyakan orang mungkin menganggap wajar keberadaan tahi lalat, bercak hitam seperti tompel, atau bundaran kecil yang menyerupai jerawat. Padahal di balik masalah kulit tersebut, bisa berpotensi adanya kanker kulit yang tidak kita ketahui.

Kanker atau stadiun tumor kulit ini memiliki tingkatan dari yang biasa atau jinak hingga yang parah. “Tumor itu kan artinya sesuatu yang tumbuh berlebihan. Tumor kulit sendiri macamnya ada yang jinak, precancer, hingga ganas,” jelas dr Juliana, pakar kecantikan yang memiliki klinik di Anggrek Sari Blok E no 49.

Macam dari tumor jinak ini antara lain seboroid wart, desmatosis papulosa nigra, skin tag, dan sebaceous hyperplasia. Seboroid wart bentuknya seperti tahi lalat yang sering ditemui pada orang tua berupa bercak-bercak hitam dengan jumlah yang banyak. Skin tag berbentuk seperti kutil yang memanjang. Sedangkan sebaceous hyperplasia merupakan bintik-bintik hitam yang muncul pada kulit akibat kelenjar minyak.

“Semuanya itu tidak berbahaya dan biasanya aman serta bisa dihilangkan,” imbuh Juliana.

Di stadium selanjutnya atau tingkatan precancer, ada beberapa macam yaitu congenital moles, naevus sebaceous, dan solar kerotosis. Congenital moles biasanya berupa titik hitam yang muncul pada tanda hitam. “Ia biasanya timbul di tengah-tengah tanda hitam dan sifatnya ganas. Makin hari bisa makin melebar dan makin ganas,” imbuh Juliana.

Sedangkan naevus sebaceous merupaka jenis precancer yang muncul di daerah kulit berminyak. Sementara itu solar kerotosis dialami yang kebanyakan dialami oleh orang tua merupakan jenis precancer yang muncul akibat paparan sinar matahari.

Di tingkatan ganas, ada beberapa macam jenisnya yaitu a melanoma, cell carcinoma squamous, cell basal carcinoma, dan melanoma malignant. “Penyebab melanoma malignant ini karena iritasi tahi lalat yang berulang-ulang. Kalau sampai kena pembuluh darah bisa sampai mengakibatkan meninggal,” ujar Juliana.

Ciri-ciri apakah tahi lalat ini merupakan kanker atau tumor, biasanya apabila bentuknya makin bertambah besar atau menebal, mudah berdarah, sampai gatal. Tumor yang berupa tahi lalat ini bila disentuh sedikit saja akan mudah berdarah.

Untuk tindakan awal, seseorang yang mengalami gejala-gejala tersebut bisa melakukan pemeriksaan ke dokter kulit yang nantinya akan diperiksa lebih lanjut di laboratorium. Sedangkan untuk mereka yang mengalami kanker kulit jenis jinak seperti seboroid wart, bisa melalui proses koter atau pembakaran. Bisa juga melalui proses laser abrasi atau penyemprotan nitrogen yang juga dilakukan oleh dokter kulit.

“Untuk pencegahannya, gunakan sunblock karena itu sifatnya penting,” anjur Juliana. (ika)

13 thoughts on “Waspadai Tahi Lalat yang Gatal, Kanker Kulit

  1. saya punya tahi lalat di bawah payudara, terkadang memang terasa gatal. tapi bila di sentuh, sama sekali tidak berdarah atau apapun, hanya terasa gatal saja. apa ini termasuk kanker kulit???
    biasany dimana saja tahi lalat yang bisa mengakibatkan kanker kulit itu???

    “Ada baiknya periksa ke dokter saja Mbak. kl malu, cari aj dokter kandungan cewek atau dokter umum yg cewek. soalnya takutnya itu paget…”

  2. dok saya mau tanya, saya punya adik ipar yang punya peyakit semacam kutil yang terus tumbuh di seluruh badan seperti manusia kuti yang pernah muncul di TV, tapi blm parah dan semoga saja tidak. saya sudah pernah mengajak berobat ke RS dan watu itu dilakukan pengangkatan tumor yang ad di telapak tangn, tapi tdk ad tindakan untuk kutilnya dan seakan dibiarkan saja. apayang harus saya lakukan dok, kalau saya harus ke spesialis kulit bs kasih alamat daerah surabaya dan terus terang kami dari keluarga yang kurang mampu, dan jika tidak bisa disembuhkan adakah obat untuk mencegah pertumbuhanny karena dalam satu tahun pertumbuhannya terbilang cepat. saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya dan saya tunggu balasannya secepatnya.

    “Adakah dari pembaca blog ini yang bisa membantu? Mohon maaf, saya tidak kompeten di bidang ini.”

  3. Mba saya fitri saya baru duduk di bangku SMA.Saya pernah memakai pemutih yeng bermerek LINGSHI selama kurang lebih 2 tahun dulu belum tau efeksampingnya ssetelah saya tahu saya takut soalnya di muka saya terdapat banyak bintik hitam dan sejenis jerawat tapi bukan warnanya menyerupai kulit tapi benjol kaya jerawat terkadang gatal.apakah itu efeksamping dari pemutih tersebut dan termasuk gejala dari kanker??? Saya takut terjadi sesuatu di muka saya,kalau boleh tau cara pencegahannya bagaimana dan kalo mau beli obat obat apa.kalau boleh tau alamat klinik emba di mana??? Saya mohon tanggapannya!!!!!

    “Wah… langsung ke dokter kulit aja deh ya. kl yg jd narasumber saya ini kliniknya ada di Batam, di Perumahan Anggrek Mas 1.”

  4. Mbak,awalnya ditangan sblh knan saya muncul benjolan seperti jerawat,saya pikir itu hanya alergi biasa,tapi lama kelamaan menjadi hitam dan ditengah nya ada 2titik hitam..apakah benar itu termasuk tumor yg ganas?apa dampaknya?
    “Sepertinya konsultasi ke dokter kulit langsung lebih baik deh.”

  5. dok saya mau nanya,saya memiliki kejanggalan di bagian perut,dada,punggung
    terlihat bercak hitam seperti tanda lahir,awlnya berwarna kemerahan,lama kelamaan semakin menghitam,apa ini termasuk kanker kulit dok?
    terima kasih

  6. D0k,sy mau tnya,d bgian tngah antara k dua payudara sy trdpat bnj0lan bkas luk a ca2r na2h,yg kni bs d sbut dging tmbuh smkin mmbsar n trsa skit,jg ada taila2tny,sring gatal bhkn skt,bsakh bntu s0lusiny.
    Trimksh.

  7. dok sya punya tai lalat di wajah..apakah ada efek samping ke depan nya kalo di hilangkan..
    truz apakah benar dahan jeruk nipis dan kayu putih bisa menghilangkan tai lalat..??

  8. Dok,saya punya tahi lalat hidup dibawah telinga,saya sempat pake obat pemutih,kmdiau tahi lalat pun gatal dan berubah menadi kutil,msh kecil sih,tapi pd awalnya tdk setebal seperti skrg ini..saya takut apakah ada kmngkinan itu cancer?kira2 kalo operasi,brpa ya harga’nya..thanksss..

  9. D0k,aku puny tahi lalat dbgian perut,leher dan dada namun lama kLamaan mNjalar kpaha dn kpunggung..
    Trkadang gatal namun hny 1 tahi lalat saja..
    Brwarna kec0kelatan..
    Apakah ini trmasuk kanker d0k?

  10. dok…
    saya punya tahi lalat disekitar perut, dada dan leher..
    namun belakangan munsul ja di paha dan dipunggung..
    semakin lama semakin banyak kelihatannya…
    berwarna kecokletan gtu dok…..
    terkadang gatal juga namun hanya 1 atau 2 saja yang terasa gatal….
    namun tdk cepet berdarah..
    apakah ini termasuk kanker juga?????

    terimakasihhhh

  11. gimana cara menyembuhkan kanker tahi lalat…???

    “Coba saja konsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit.”

  12. Dokter,,
    Di wajah saya dekat hidung,ada tahi lalat,yang tadinya
    cuma bintik coklat,karna gatel dan terluka dia jadi agak besar,
    sangat mengganggu sekali dokter,
    bagaimana cara menghilangkannya ya?
    Terima Kasih.

  13. hehehe…aku geli sekaligus geregetan baca koment2 di blog ini atau semacamnya…apa pembaca ga ngerti ya tulisan di awal artikel klo yg nulis nya bukan dokter…dia cuma posting artikel aja…haduhhhh….tp aku suka postingan ini, menyebar luaskan informasi. makasih ya mba !

    “Hehehe… akhirnya ada yang pengertian untuk mencermati :D terima kasih juga ya sudah berkenan berkunjung di blog ini :)

Leave a Reply

